7 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami, Jadi Tampak Cerah dan Bercahaya

Rabu, 13 Mei 2020 19:22 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami, Jadi Tampak Cerah dan Bercahaya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Memiliki kulit wajah yang halus memang menjadi idaman setiap wanita. Wajah yang halus membuat kulit terlihat lebih muda dan dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita. Sudah banyak produk kecantikan yang dipakai sebagai cara menghaluskan kulit wajah, tetapi tak semua orang cocok menggunakan produk-produk tersebut. Dan tentu membuat wajah menjadi rusak dan berjerawat bila tak cocok atau merasa alergi.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi wajah menjadi kasar dan terlihat kusam. Dan faktor-faktor tersebut antara lain, sering terpapar debu dan polusi, bekas jerawat, bekas cacar, kulit kering atau bekas luka yang pada akhirnya membuat kulit tampak kasar.

Untuk membuat wajah terlihat lebih halus, ada kok beberapa cara alami yang bisa kita lakukan dan tentunya aman untuk digunakan. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 cara menghaluskan wajah secara alami yang perlu kalian ketahui.

 

 

1. Lidah Buaya

Cara menghaluskan wajah yang pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Kita sudah banyak mengetahui bahwa lidah buaya selalu menjadi bahan utama untuk produk kecantikan. Dan tentunya kalian juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami, selain itu juga lidah buaya cukup mudah untuk didapat. Dalam lidah buaya terkandung antioksidan serta beberapa enzim yang bagus untuk kulit wajah.

Tak hanya itu saja, kandungan vitamin A, C, serta senyawa anti peradangan dapat membuat kulit lebih halus dan juga kenyal. Cara menggunakannya yaitu, kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah sebagai masker. Dan diamkan selama 30 menit, bila sudah bisa langsung dibilas dengan air bersih. Untuk cara seperti ini bisa kok kalian gunakan setiap hari agar kulit wajah lebih cepat halus dan kenyal.

2. Alpukat

Cara menghaluskan wajah yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan alpukat. Buah yang memiliki tekstur lembut dan banyak disukai oleh berbagai jenis kalangan ini sangat ampuh untuk dibuat sebagai bahan alami menghaluskan kulit wajah. Karena di dalam alpukat terdapat kandungan vitamin A, vitamin D, kalium, asam lemak omega 3 dan lesitin yang semuanya berfungsi untuk kecantikan kulit.

Lalu kandungan vitamin E yang dapat mencegah kerutan serta menghaluskan kulit wajah. Dan cara menjadikan alpukat sebagai bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah cukup mudah, kalian hanya perlu menghancurkan alpukat dengan minyak zaitun hingga benar-benar halus. Bila sudah halus dapat kalian oleskan pada kulit wajah dan selama 30 menit.

3. Tepung Beras

Ternyata tepung beras juga dapat menjadi cara menghaluskan wajah secara alami loh KLovers. Kita mengetahui bahwa tepung beras banyak dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat sebuah kue dan juga cemilan kering, tetapi selain itu juga tepung beras dapat digunakan sebagai bahan untuk menghaluskan kulit wajah.

Hal tersebut karena, tepung beras memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, sehingga membuat kulit menjadi halus serta kencang. Tak hanya itu saja vitamin B yang terdapat pada tepung beras juga bisa meregenerasi kulit agar terlihat awet muda, serta memberikan kelembapan pada kulit gara kulit tidak kering. Karena, kulit yang kering juga dapat menjadi alasan mengapa wajah menjadi terlihat kasar dan kusam.

Dan cara menggunakan masker tepung beras cukup mudah, kalian hanya perlu mencampurkan tepung beras menggunakan minyak zaitun atau madu mentah. Kemudian aduk hingga menjadi sebuah pasta dan oleskan pada wajah, lalu tunggu hingga 30 menit. Bila telah selesai dapat kalian bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Pepaya

Cara menghaluskan wajah selanjutnya yaitu dengan menggunakan pepaya. Buah yang satu ini memang sering sekali digunakan sebagai bahan utama untuk produk kecantikan kulit, dan tentunya kalian juga bisa kok menggunakan buah pepaya langsung untuk mendapatkan sebuah hasil yang alami. Hal ini dikarenakan, dalam buah pepaya terdapat kandungan antioksidan yang juga menutrisi untuk kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal.

Cara menggunakan pepaya sangat mudah, kalian hanya perlu menghancurkan buat pepaya dan menjadikan pepaya sebagai masker di wajah selama 30 menit. Bila telah selesai dapat kalian bilas menggunakan air bersih.

5. Mentimun

Sudah banyak yang mengetahui bahwa mentimun memiliki manfaat yang banyak bagi kulit wajah. Selain dapat menghilangkan minyak berlebih, mentimun juga dapat membuat kulit wajah menjadi halus dan juga lembut. Hal tersebut karena, mentimun memiliki kandungan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga, sehingga wajah tidak terlihat kusam. Selain itu mentimun juga dapat menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar mata hitam, dan juga menghaluskan kulit wajah.

Cara menggunakan mentimun pada wajah cukup mudah kok, kalian hanya perlu memarut timun hingga halus. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Bila telah selesai dapat kalian bila dengan menggunakan air.

6. Minyak Kelapa

Cara menghaluskan wajah yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Dalam minyak kelapa terdapat kandungan antimikroba dan anti inflamsi yang efektif untuk mengatasi masalah kulit kering dan pecah-pecah penyebab wajah menjadi kasar. Tak hanya itu, minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada kulit. Jadi bila kalian memiliki kulit yang sangat kering, kalian bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk menghaluskan kulit.

Cara menggunakan minyak kelapa pada wajah cukup mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di wajah pada malam hari, dan diamkan semalaman selam kalian tidur. Keesokan paginya bisa kalian bilas menggunakan sabun dan juga air bersih.

7. Oatmeal

Dan cara menghaluskan wajah yang terakhir yaitu dengan menggunakan oatmeal. Makanan sehat yang satu ini ternyata dapat mengatasi masalah kulit loh, seperti minyak berlebih hingga masalah kulit yang kasar. Hal itu karena oatmeal dapat menghidrasi kulit, sehingga dapat menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembapan kulit agar kulit wajah akan senantiasa terasa halus. Untuk itulah oatmeal dapat dijadikan sebagai bahan alami penghalus kulit wajah.

Dan cara menggunakannya yaitu, haluskan oatmeal menggunakan air hangat hingga menjadi bubur, lalu campurkan madu dan putih telur, kemudian aduk kembali. Oleskan pada area wajah dan diamkan selama 15 menit, setelah itu dapat kalian bilas hingga bersih menggunakan air.

Itulah 7 cara menghaluskan wajah secara alami yang dapat kalian lakukan di rumah. Cara di atas menggunakan bahan-bahan yang tentunya mudah untuk di dapat, jadi kalian bisa dengan mudah mengaplikasikan cara tersebut ke wajah secara rutin. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI