6 Cara Membuat Masker Rambut Secara Alami

Kamis, 21 Mei 2020 11:11 Penulis: Dhia Amira
6 Cara Membuat Masker Rambut Secara Alami
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah impian semua orang. Bukan hanya perempuan, namun laki-laki juga menganggap rambut adalah hal penting yang menambah nilai lebih bagi penampilan. Produk shampoo tidak cukup untuk memberikan nutrisi pada rambut, tentunya kita harus memiliki nutrisi tambahan seperti menggunakan masker. Cara membuat masker rambut secara alami memang merupakan suatu hal baik yang bisa kita lakukan dalam merawat rambut.

Rambut yang sulit diatur, rambut kering, berminyak, dan ketombe adalah beberapa permasalahan rambut yang paling umum dialami oleh sebagian orang. Terutama untuk kamu yang berhijab. Rambut yang tertutup kain hijab lebih mudah rusak dan berminyak, serta akan menyebabkan rambut lebih mudah patah dan berketombe.

Tentu penggunaan masker rambut dapat memberikan nutrisi kepada rambut sebelum keramas. Namun perlu diketahui bahwa, penggunaan masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan sangat penting dilakukan untuk mendapatkan rambut indah dan kuat. Sebenarnya banyak sekali produk masker rambut yang bisa KLovers pilih, tetapi tidak ada salahnya jika kalian membuat masker rambut sendiri di rumah.

Selain lebih hemat dan alami, penggunaan masker dapat disesuaikan dengan kebutuhan rambut kalian. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 cara membuat masker rambut secara alami yang perlu kalian ketahui.

 

1. Rambut Rusak

Cara membuat masker rambut yang pertama adalah untuk rambut yang rusak. Bila kalian pernah menggunakan produk pewarna rambut seperti Bleaching atau mengeriting rambut, tentu rambut akan rusak bila tidak dirawat. Rambut yang rusak akan sangat sulit untuk diurus, dan akan membuat tampilan rambut menjadi tidak sehat.

Untuk itu penting sekali menambahkan masker sebagai rangkaian tambahan perawatan rambut kalian. Bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat masker rambut yang rusak adalah telur dan essential oil. Bagian telur yang digunakan hanya kuningnya saja ya KLovers, karena telur mengandung protein dan nutrisi yang mampu memperkuat folikel rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok.

Lalu essential oil memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk perawatan rambut. Essential oil mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga mempercepat pertumbuhan rambut baru. Selain itu essential oil juga mampu mencegah kerontokan dan bau tidak sedap.

Cara membuat maskernya cukup mudah yaitu,

- Pertama pisahkan kuning telur dari putihnya.

- Selanjutnya campurkan kuning telur dengan essential oil secukupnya. Lalu aduk kedua bahan sampai tercampur dengan rata.

- Gunakan pada rambut kalian dimulai dari akar hingga ujung rambut sambil dipijat secara lembut.

- Pastikan semua bagian dilapisi masker, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bisa kalian bilas menggunakan shampoo.

2. Rambut Berminyak

Masker rambut selanjutnya, dikhususkan untuk kalian yang memiliki rambut berminyak. Rambut berminyak akan meninggalkan kesan lepek dan bau. Selain itu rambut berminyak akan lebih cepat berketombe. Bagi kalian yang memiliki rambut berminyak, cara yang paling sering dilakukan adalah dengan rutin mencuci rambut. Namun seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terlalu sering mencuci rambut juga menjadi penyebab rambut rusak. Oleh karena itu, kalian wajib menggunakan masker yang satu ini untuk mengurangi minyak di rambut.

Bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat masker rambut berminyak adalah dengan lemon dan madu. Di dalam lemon mengandung vitamin C yang bisa membantu menguatkan folikel rambut, sehingga mencegah rambut dari kerontokan. Selain itu lemon juga berfungsi sebagai anti jamur untuk mencegah kulit kepala dari ketombe.

Madu yang dikenal sebagai obat segala macam penyakit ini, dapat melembutkan rambut dan menjaga rambut agar tetap bersih. Cara membuat masker rambut berminyak adalah dengan mencampur lemon dan juga madu. Pertama tuang madu ke dalam wadah, gunakan secukupnya. Selanjutnya tambahkan perasan jeruk lemon dan aduk rata, lalu kemudian aplikasikan ke seluruh rambut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan bersih menggunakan shampoo. Gunakan secara rutin sebelum keramas, untuk hasil maksimal.

3. Rambut Kering

Berbeda dari sebelumnya, masalah rambut selanjutnya yaitu rambut kering. Masker rambut yang satu ini, dikhususkan untuk kalian yang memiliki rambut kering yang mudah patah, rontok, dan sulit diatur. Lalu rambut yang kering juga akan lebih cepat bercabang. Penggunaan shampoo yang terlalu sering dan tidak sesuai akan memperparah keadaan rambut. Oleh karena itu, sangat penting untuk kalian yang memiliki rambut kering, menggunakan masker sebelum mencuci rambut.

Bahan yang kalian butuhkan untuk membuat masker rambut kering adalah dengan pisang dan almond oil. Buah pisang kaya akan vitamin A dan C, yang diklaim mampu menjadikan rambut lebih lembut, mudah diatur, dan tidak kering. Selain itu pisang juga memiliki kandungan lactic acid yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit kepala.

Cara membuat masker rambut kering yaitu,

- Pertama, pisahkan buah pisang dari kulitnya dan haluskan.

- Setelah halus campurkan almond oil secukupnya dan aduk hingga kedua bahan rata.

- Selanjutnya gunakan pada seluruh rambut, dan diamkan selama 30-45 menit.

- Lalu setelahnya bisa kalian bilas dengan menggunakan shampoo. Gunakan masker ini sebelum keramas untuk hasil yang maksimal.

4. Rambut Bercabang

Masker rambut yang selanjutnya yaitu dapat membantu masalah rambut bercabang. Rutin memotong rambut dapat mencegah rambut bercabang, namun jika cabang rambut sudah terlalu panjang, maka akan sangat sulit untuk memotongnya. Oleh karena itu penggunaan masker rambut akan membantu rambut agar tidak mudah bercabang.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat masker rambut bercabang adalah yogurt dan olive oil. Kandungan vitamin D, kalium, dan protein dalam yogurt mampu memperkuat akar rambut dan mencegah rambut dari kerontokan dan cabang. Olive oil akan membuat rambut tampak lebih hitam mengkilat dan mencegah rambut bercabang.

Cara membuat masker rambut bercabang adalah dengan mencampurkan yogurt dan olive oil, lalu diaduk hingga rata. Gunakan dari akar sampai ujung rambut, dan diamkan selam 30 menit. Terakhir bilas rambut dengan shampoo. Pastikan kalian menggunakan masker rambut ini dengan rutin untuk hasil yang lebih baik.

5. Rambut Berketombe

Masalah rambut yang satu ini merupakan masalah rambut yang paling sering dijumpai, yaitu rambut berketombe. Mencuci rambut saja terkadang tidak menjamin ketombe akan hilang. Maka dari itu kalian perlu perawatan ekstra untuk membasmi ketombe dari kulit kepala.

Cara membuat masker rambut yang berketombe, yaitu dengan lemon dan minyak kelapa. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa lemon mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai anti jamur untuk mencegah kulit kepala dari ketombe. Sedangkan minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat bekerja sebagai pelembab rambut.

Cara membuat masker rambut berketombe, yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa dengan perasan jeruk lemon, lalu diaduk hingga rata. Oleskan pada rambut sambil dipijat secara lembut dan diamkan selama 30-40 menit baru selanjutnya dibilas. Pastikan kalian menggunakan masker secara rutin sebelum keramas, untuk mencegah ketombe datang kembali.

6. Rambut Rontok

Masker rambut terakhir, dikhususkan untuk kalian yang memiliki rambut rontok. Rambut yang sering rontok, bila tidak segera diatasi akan menyebabkan kebotakan. Oleh karena itu pastikan kalian menggunakan masker ini sebelum keramas ya.

Bahan yang kalian butuhkan untuk membuat masker rambut rontok adalah Fenugreek atau yang dikenal dengan Kelabat, lalu campurkan juga dengan olive oil. Kelabat dipercaya mampu menebalkan rambut dan memiliki khasiat untuk membersihkan kulit kepala. Sedangkan olive oil dapat membuat rambut terlihat lebih hitam mengkilat.

Cara membuat masker rambut rontok, yaitu dengan menghaluskan kelabat. Lalu selanjutnya beri campuran olive oil dan di aduk hingga rata. Aplikasikan ke seluruh rambut dengan berikan pijatan lembut di kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bilas rambut hingga bersih.

Itulah 6 cara membuat masker rambut yang mudah dan praktis di rumah. Perlu diingat bahwa cara di atas merupakan cara alami, jadi butuh konsistensi dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI