8 Jenis Sepeda Berdasarkan Kegunaannya, Jangan Salah Beli

Rabu, 30 Desember 2020 13:44 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Sepeda Berdasarkan Kegunaannya, Jangan Salah Beli
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Beberapa waktu lalu, sepeda sempat menjadi tren dikala pandemi Covid-19. Banyaknya aktivitas masyarakat yang menjadi terhambat, membuat sebagian orang menghabiskan waktunya untuk bersepeda. Hal tersebutlah yang justru memunculkan tren bersepeda di tengah masyarakat. Bahkan, kalian menyadari, kini makin banyak orang bersepeda yang kalian temui di jalanan dan banyak pula orang yang menyerbu toko sepeda untuk berburu sepeda.

Kebiasaan seseorang kembali menggunakan sepeda tentu menjadi hal yang positif. Mengingat sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Selain dapat menyehatkan badan, bersepeda juga dipercaya dapat membantu mengurangi dampak polusi udara. Merebaknya tren bersepeda membuat sepeda juga turut mendapat banyak inovasi dalam desain produk serta kualitas yang semakin meningkat. Nah, sebelum kalian memutuskan untuk membeli sepeda, ada baiknya kalian mengetahui jenis sepeda berdasarkan kegunaannya supaya nggak salah beli. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Fixie Bike

Siapa nih yang nggak mengenal jenis sepeda fixie? Sepeda yang satu ini memang cukup populer dan banyak ditemui. Keunikan sepeda ini dengan sepeda pada biasanya yaitu jika sepeda biasa kalian akan tetap melaju kencang jika pedal sepeda Anda biarkan diam, maka di sepeda fixie, pedal akan tetap berputar mengikuti putaran sepeda.

Di sepeda ini juga tidak terdapat rem tangan, karena saat mengerem, sepeda ini cukup Anda tahan putaran pedalnya, maka sepeda akan berhenti. Sepeda jenis ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena harganya pun terbilang murah.

 

2. Sepeda Lipat

Sepeda lipat akhir-akhir ini menjadi populer karena banyak orang yang menjadi jenis sepeda ini. Sesuai dengan namanya, jenis sepeda lipat memang dirancang agar pengguna dapat lebih mudah dalam membawanya. Sebab, biasanya, sepeda lipat ditujukan untuk orang yang cukup memiliki mobilitas tinggi, dengan menggunakan alat transportasi umum seperti KRL, bus atau mobil pribadi.

Dengan begitu, sepeda lipat juga sangat hemat tempat dan praktis ketika dibawa. Terutama jika Anda ingin membawa sepeda untuk dibawa travelling atau sekedar keluar dari daerah kota untuk mencari lokasi yang sejuk untuk bersepeda.

 

3. City Bike

Selanjutnya, jenis sepeda yang tak kalah populer dan mudah dijumpai yaitu jenis sepeda city bike. Sesuai dengan namanya, sepeda ini sering digunakan di daerah perkotaan. Sepeda yang memiliki ciri khas keranjang di depannya ini biasanya dipakai oleh kaum wanita. Tampilannya yang feminim dan pedal yang ringan tergolong cocok untuk dipakai sehari-hari. Kalian bisa menggunakan sepeda ini untuk keliling kompleks atau menuju ke suatu tempat yang relatif dekat.

 

4. Touring Bike

Jika kalian ingin membeli sepeda untuk berkendara jarak jauh, kalian bisa membeli jenis sepeda touring.  Karena sebagai sepeda yang dirancang untuk jarak jauh, tak heran jika sepeda ini mempunyai ketahanan yang baik dibandingkan sepeda lainnya. Sepeda ini biasanya dilengkapi dengan lampu penerangan yang berfungsi jika berkendara hingga malam hari dan bisa membawa beban banyak yang disematkan di sepeda. Touring bike ini juga sangat praktis dalam penggunaannya, dan memiliki fitur keamanan yang baik pula.

 

5. Sepeda Tendem

Jika kalian membeli sepeda tendem, tentu menjadi hal yang paling menyenangkan. Hal ini lantaran sepeda tandem merupakan salah satu jenis sepeda paling unik. Sebab sepeda ini memiliki dua pasang pedal dan kursi utama. Sepeda ini didesain khusus sebagai sarana untuk hiburan keluarga. Tak heran apabila jenis sepeda ini biasa dikendarai oleh anggota keluarga untuk berolahraga bersama.

 

6. Sepeda Gunung

Sudahkah kalian mengetahui sepeda gunung? Sepeda ini memang di desain untuk dapat digunakan melewati berbagai macam jalanan seperti jalanan berlubang maupun jalang berlumpur. Sepeda ini sangat nyaman digunakan karena dilengkapi suspense yang empuk. Ciri dari sepeda gunung yaitu memiliki ukuran ban yang cukup besar dan dilengkapi dengan ulir ban yang bergerigi seperti ban pada motor trail. bagi kalian yang senang bereksplore menggunakan sepeda, ada baiknya kalian tetap menggunakan helm saat berkendara sepeda.

 

7. Sepeda Hybrid

Jenis sepeda hybrid merupakan jenis sepeda modern yang banyak digemari kebanyakan orang. Sepeda ini merupakan perpaduan antara road bike dan sepeda gunung. Sepeda ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna sepeda yang menginginkan kendaraan roda dua manual yang tangguh sekaligus memiliki kecepatan mumpuni. Bagi kalian yang mempunyai hobi bersepeda jarak jauh, sepeda hybrid ini cocok kalian gunakan.

 

8. BMX

Jenis sepeda BMX tentu sudah populer dikalangan masyarakat. Sepeda ini juga menjadi salah satu solusi bagi kalian yang gemar olahraga ekstrem. Sepeda ini memang dirancang sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan atraksi di rintangan ekstrim. Nah, buat kalian yang ingin menguji adrenalin, sepeda BMX sangat cocok untuk kalian miliki.

Itulah sederet jenis sepeda berdasarkan kegunaannya. Kira-kira kalian pilih jenis sepeda yang mana nih?

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI