9 Jenis Tanaman Herbal Dapat Mencegah Virus Corona Covid-19, Jahe - Sarang Semut

Senin, 30 Maret 2020 18:22 Penulis: Puput Saputro
9 Jenis Tanaman Herbal Dapat Mencegah Virus Corona Covid-19, Jahe - Sarang Semut
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sudah sejak lama bangsa Indonesia memanfaatkan berbagai jenis tanaman untuk pengobatan. Bukan tanpa alasan, sebab di Indonesia memang terdapat banyak sekali jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Termasuk belakangan ini, saat virus corona covid-19 mewabah. Dipercaya ada berbagai jenis tanaman herbal yang dapat mencegah virus corona covid-19.

Peneliti masih terus berusaha meneliti berbagai jenis tanaman herbal. Sejauh ini nama-nama tanaman seperti jahe, kunyit, dan temulawak sudah digadang-gadang sebagai jenis tanaman herbal yang dapat mencegah virus corona covid-19. Lantas bagaimana faktanya dan jenis tanaman herbal apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah virus corona covid-19?

Berikut jenis tanaman herbal yang dapat mencegah virus corona covid-19, dirangkum dari berbagai sumber:

 

1. Jahe

Jahe terutama jenis jahe merah merupakan satu jenis tanaman herbal yang dapat mencegah virus corona covid-19. Jahe merah ternyata memang mempunyai khasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jahe merah juga mempunyai manfaat mampu menangkal radikal bebas.

Tidak hanya itu saja, dalam jahe juga terkandung minyak atsiri yang bisa meningkatkan nafsu makan. Padahal, secara tidak langsung saat nafsu makan meningkat, daya tahan tubuh juga akan meningkat. Itulah sebabnya mengapa jahe disebut-sebut bisa menangkal virus corona covid-19.

2. Kunyit

Dilansir dari Liputan6.com, Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania mengungkapkan bahwa kunyit mempunyai sifat anti-peradangan, anti-bakteri, anti-jamur, anti-oksidan, dan anti-virus.

Sifat-sifat khusus tersebutlah yang kemudian membuat kunyit bisa menjaga dan meningkatkan daya tahan atau imun dalam tubuh. Sedangkan, seperti yang sudah kalian tahu, virus corona covid-19, merupakan jenis virus yang menyerang orang dengan imunitas rendah.

Dengan begitu, penilaian bahwa kunyit termasuk jenis tanaman herbal yang dapat mencegah virus corona covid-19 bisa jadi ada benarnya.

3. Temulawak

Selama ini, temulawak banyak dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Lantas bagaimana dengan pendapat bahwa temulawak bisa digunakan untuk menangkal virus corona covid-19, benarkah?

Ternyata sama seperti kunyit, temulawak juga mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-virus. Dengan begitu, artinya temulawak memang bisa dikonsumsi dengan tujuan menghindari penularan virus corona covid-19.

Selain itu, temulawak juga mempunyai kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin B16, potasium, dan zat besi, sehingga sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

4. Jeruk dan Kulitnya

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Tim Riset Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Trop BRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB, menunjukkan adanya senyawa yang bisa digunakan untuk menangkal corona covid-19 pada buah jeruk dan kulitnya.

Senyawa yang terdapat dalam buah dan kulit jeruk itu adalah flavonoid hesperidin. Senyawa ini diyakini bisa melawan virus dan mikroba. Menariknya, senyawa ini justru lebih banyak di bagian kulit daripada di bagian daging buah.

Untuk mendapatkan manfaat dari senyawa ini, kalian bisa mengonsumsi jeruk dalam berbagai cara, baik dimakan langsung maupun diolah menjadi jus. Namun, jika ingin mendapatkan kandungan flavonoid hesperidin, kalian bisa membuat jeruk menjadi infused water. Dengan, menjadikannya sebagai infused water kandungan flavonoid hesperidin dalam kulit jadi tidak terbuang percuma.

5. Sarang Semut

Sarang semut merupakan jenis umbi asal Papua yang banyak dimanfaatkan sebagai obat berbagai macam penyakit, mulai dari kanker hingga jantung. Maka tidak heran, jika tanaman herbal ini mempunyai harga yang sangat mahal.

Tapi ternyata, sarang semut juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Hal ini karena dalam sarang semut mempunyai kandungan tannin yang bisa berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri.

6. Jambu Biji

Jambu biji selama ini banyak dikenal sebagai buah yang bisa bermanfaat untuk pencernaan. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengungkapkan sebuah fakta terbaru terkait manfaat buah bernama latin Psidium guajava.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, buah jambu biji mempunyai potensi untuk memberantas virus corona covid-19. Potensi tersebut disebabkan kandungan yang terdapat pada bagian biji. Sehingga untuk mendapatkan manfaat jambu biji sebagai penangkal corona sebaiknya memakan juga bagian isinya.

Kandungan dalam bagian biji dari jambu biji tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini juga didukung sebuah fakta bahwa buah jambu mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Sebagaimana yang kalian tahu, vitamin C sangat baik untuk imunitas.

7. Brotowali

Brotowali selama ini dikenal sebagai salah satu jenis tanaman jamu yang mempunyai rasa luar biasa pahit. Di luar dari rasa pahit itu, ternyata brotowali juga punya segudang manfaat. Nah, salah satu manfaat brotowali adalah untuk mengatasi berbagai permasalahan autoimun, seperti lupus.

Karena kemampuannya dalam mengendalikan penyakit autoimun inilah kemudian membuat brotowali juga dipercaya bisa menstabilkan imun atau daya tahan. Dengan begitu, secara tidak langsung brotowali juga bisa bermanfaat untuk menangkal penularan virus corona covid-19.

8. Mengkudu

Buah mengkudu yang mempunyai bau sangat menyengat ternyata juga punya banyak sekali manfaat. Salah satunya baik untuk daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan anti-oksidan yang tinggi. Inilah yang membuat mengkudu dinilai bisa termasuk jenis tanaman herbal yang dapat mencegah virus corona covid-19.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya yang selama ini banyak digunakan untuk kecantikan ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut mulai dari bisa meredakan iritasi hingga baik untuk jantung.

Nah ternyata, lidah buaya juga baik untuk daya tahan tubuh. Hal ini karena dalam lidah buaya mengandung zat anti-oksidan yang tinggi. Dengan begitu, konsumsi lidah buaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh.

Itulah 9 jenis tanaman herbal yang dapat mencegah virus corona covid. Kalian bisa mengonsumsinya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar virus corona covid-19.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI