Manfaat Berjemur Sinar Matahari Untuk Cegah Infeksi dan Virus Corona Covid-19

Selasa, 31 Maret 2020 07:22 Penulis: Nurul Wahida
Manfaat Berjemur Sinar Matahari Untuk Cegah Infeksi dan Virus Corona Covid-19
Ilustrasi berjemur sinar matahari (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Selain asupan makanan yang dapat tingkatkan imunitas tubuh, berjemur di bawah sinar matahari juga dipercaya cegah virus dan infeksi. Sinar matahari menjadi sumber vitamin gratis yang bisa dinikmati oleh setiap orang. Lalu apa saja manfaat berjemur sinar matahari untuk cegah virus dan infeksi?

Sejak mewabahnya virus corona covid-19 di seluruh dunia, orang-orang mulai mencari berbagai cara untuk cegah virus dan infeksi penyakit. salah satu kegiatan yang saat ini banyak diminati adalah berjemur di bawah sinar matahari.

Dilansir dari alodokter.com yang ditinjau oleh Dr. Kevin Adrian, sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. vitamin D dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit dan infeksi. Salah satunya adalah gangguan pernapasan seperti flu dan pneumonia.

Terdapat banyak manfaat berjemur sinar matahari untuk cegah virus dan infeksi. Berikut manfaat berjemur sinar matahari untuk cegah virus dan infeksi yang dilansir dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berjemur sinar matahari yang jarang diketahui banyak orang adalah meningkatkan fungsi otak. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengatur dan menyimpan memori. Hal ini dipicu oleh pertumbuhan sel di hipokampus.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat sinar matahari untuk tubuh bisa meningkatkan imunitas. Penyakit yang disebabkan oleh sistem imun seperti autoimun bisa dicegah dengan paparan sinar matahari. Berdasarkan jurnal penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, vitamin D dalam sinar matahari bisa berperan dalam mengurangi kemungkinan terserang flu.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat berjemur sinar matahari juga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Manfaat berjemur sinar matahari juga dapat mengatur ritme sirkadian menjadi lebih baik. Ritme sirkadian merupakan proses alami dalam tubuh yang mengatur siklus tidur dan bangun dalam 24 jam.

4. Menyehatkan Tulang

Kandungan vitamin D pada sinar matahari bermanfaat untuk menyehatkan tulang. Vitamin D bisa membantu tubuh menyerap kalsium dam fosfor, sehingga mencegah tulang terkena osteoporosis dan radang sendi.

5. Mencegah Depresi

Paparan sinar matahari dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yang dapat meningkatkan perasaan tenang dan membuat mood menjadi lebih baik. Sehingga memanfaatkan sinar matahari untuk mencegah depresi dapat kalian pilih sebagai cara cegah depresi virus dan infeksi seperti saat ini.

6. Mencegah Penyakit Otot

Manfaat berjemur sinar matahari dapat membantu tubuh melawan penyakit seperti penyakit yang menyerang pada bagian otot yakni Amytrophic Lateral Sclerosis (ALS). Penyakit ini menyerang pada otot yang bisa menyebabkan penderita mengalami kelumpuhan.

7. Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur

Untuk mendapatkan manfaat berjemur sinar matahari untuk cegah virus dan infeksi harus dilakukan di waktu yang tepat. Sinar matahari tidak semuanya mengandung manfaat yang baik bagi tubuh. beberapa diantaranya justru akan merusak fungsi tubuh.

Jika kalian ingin berjemur sinar matahari maka lakukanlah pada waktu pagi hari mulai jam 10.00 – 11.00. pada jam tersebut merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari ultraviolet B. Namun yang perlu diingat adalah berjemurlah selama 10 hingga 15 menit saja untuk mencegah kerusakan kulit.

8. Tips Berjemur Untuk Cegah Virus dan Infeksi

Beberapa tips berjemur aman untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh agar cegah virus dan infeksi yang dilansir dari healthline.com adalah:

9. Makanan yang Mengandung Vitamin D

Bagi beberapa orang mungkin memiliki kendala untuk mendapatkan vitamin D secara alami dari sinar matahari. Namun mereka dapat merasakan manfaat sinar matahari seperti berjemur di bawah paparan sinar matahari. Manfaat tersebut dapat diperoleh melalui makanan yang kaya akan vitamin D seperti:

  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Kuning telur
  • Udang
  • Susu
  • Sereal
  • Yoghurt
  • Jus jeruk
Namun perlu diingat untuk mendapatkan manfaat berjemur sinar matahari untuk cegah virus dan infeksi dilakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu. Hal ini untuk mencegah paparan sinar matahari secara berlebihan. sehingga lakukan berjemur sinar matahari secukupnya untuk dapat manfaat berjemur sinar matahari untuk cegah virus dan infeksi.

Itulah manfaat berjemur sinar matahari untuk cegah virus dan infeksi yang dapat kalian pilih dalam situasi saat ini. Tentunya harus diimbangi dengan asupan vitamin serta makanan yang sehat.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI