8 Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Gagal, Berat Badan Malah Bertambah

Jum'at, 13 Agustus 2021 17:11 Penulis: Dhia Amira
8 Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Gagal, Berat Badan Malah Bertambah
Ilustrasi (Credit: Shutterstock.com)


Kapanlagi Plus - Diet merupakan salah satu hal yang cukup sulit dilakukan, apalagi bagi mereka yang hobinya kulineran. Namun perlu diketahui, diet bukan berarti mengurangi aktivitas makan ya. Salah-salah, hal ini bisa membuat kalian malah menambah berat badan. Kesalahan diet yang bisa bikin gagal ini dapat menambah berat badan kalian, dan membuat kalian merasa sia-sia dalam melakukan diet.

Sebenarnya ada banyak sekali program diet yang bisa membuat kita sukses dalam menurunkan berat badan secara ideal. Namun, diet ekstrim bukan menjadi solusi cepat menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan berat yang ideal, tentu butuh waktu dan usaha yang maksimal. Serta, melakukan diet dengan baik dan benar, bukan malah menyiksa diri sendiri dengan tidak makan dalam dalam waktu yang lama.

Kira-kira apa saja ya kesalahan diet yang bisa bikin gagal tersebut? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 kesalahan diet yang malah dapat menambah berat badan kalian. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

 

1. Tidak Memperhatikan Kandung Kalori saat Makan

Kesalahan diet yang bisa bikin gagal pertama yaitu, kalian tidak memperhatikan kandungan kalori saat makan. Ya, sebenarnya untuk diet yang baik dan benar bukan dengan mengurangi jumlah porsi makan dan jadi sangat sedikit. Kalian harus mengurangi jumlah kalori dalam makanan, bukan jumlah makanan yang kalian makan.

Dengan mengurangi asupan kalori, maka lemak di dalam tubuh dapat digunakan sehingga tidak ada lemak yang menumpuk. Namun, bukan pula mengurangi kalori dalam jumlah yang sangat kecil ya KLovers. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, diet rendah kalori di bawah 1000 kalori per hari dapat menyebabkan kita kehilangan masa otot.

Sehingga hal ini memperlambat sistem metabolisme tubuh. Padahal pembakaran lemak di dalam tubuh akan baik dan maksimal bila sistem metabolisme tubuh dalam keadaan baik. Ada baiknya kalian juga bijak dalam mengurangi kalori makan per hari. Misalnya, kalian dapat mengonsumsi 1700 - 2000 kalori dalam sehari, dan dibarengi dengan olahraga.

 

 

 

2. Tidak Berolahraga atau Berlebihan dalam Olahraga

Ya, keberhasilan seseorang saat diet memang dipengaruhi oleh kegiatan olahraga. Sehingga mereka yang tidak melakukan kegiatan olahraga, akan menurunkan berat badan. Hal ini karena, masa otot dalam tubuh akan mengalami penurunan, sehingga mengganggu proses metabolisme di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, dengan berolahraga saat diet, tubuh akan lebih sehat dan segar. Bahkan kulit kalian juga tidak akan kering dan terlihat lembek. Tetapi akan terlihat lebih cerah dan kencang. Tetapi berolahraga secara berlebihan juga tidak baik ya KLovers.

Hal ini karena kalian akan merasa stress dan dapat membuat kalian lebih banyak mengonsumsi makanan. Ada baiknya lakukan olahraga berat, seperti angkat beban dan kardio beberapa kali dalam seminggu. Untuk olahraga harian, kalian bisa melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda, lompat tali, senam, yoga, dan masih banyak lagi.

 

 

 

3. Hanya Fokus pada Skala Berat

Biasanya saat seseorang akan menurunkan berat badan, mereka akan fokus pada berat badan saja. Apakah berat sudah turun atau masih sama. Namun cara tersebut itu ternyata salah loh KLovers. Padahal di dalam tubuh ada banyak sekali komponen, yang membuat kita memiliki berat badan.

Bila sudah melakukan diet dan olahraga, belum tentu akan turun secara drastis dalam beberapa hari ataupun minggu. Karena di dalam tubuh juga terdapat cairan, masa otot, sisa makanan setiap hari dan masih banyak lagi. Belum turunnya badan, bukan berarti kita tidak sukses dalam melakukan diet, mungkin saja itu berat otot ataupun tulang.

Bila kalian berpatok pada berat badan saja, maka dijamin deh kalian akan gagal. Karena kalian merasa bahwa diet dan olahraga yang dilakukan selama ini sia-sia. Sehingga ini akan membuat kalian malas untuk melakukan diet kembali, dan hal ini membuat berat badan kalian kembali bahkan bertambah lebih banyak lagi.

 

 

 

4. Kurang Mengonsumsi Protein

Kesalahan diet yang menambah berat badan selanjutnya yaitu, kurang mengonsumsi protein di dalam tubuh. Ya, protein sangat penting untuk tubuh. Faktanya, protein dapat membantu menurunkan berat badan secara baik loh KLovers. Hal ini karena, mengonsumsi protein dengan baik akan membuat tubuh terasa kenyang lebih lama, meningkatkan metabolisme tubuh, dan melindungi masa otot selama penurunan berat badan.

Dalam sebuah study menyatakan bahwa, diet tinggi protein, yang mengandung 0,6-0,8 gram protein per pound (1,2-1,6 g/kg), dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan dan komposisi tubuh. Sehingga dapat membantu secara optimal dalam menurunkan berat badan kalian. Ada banyak sekali jenis protein yang bisa dikonsumsi, seperti susu, tahu, keju, yogurt, kacang-kacangan, ikan, dan masih banyak lagi.

 

 

5. Kurang Mengonsumsi Serat

Selain protein, nyatanya kesalahan diet yang bisa bikin gagal lainnya yaitu, kalian kurang mengonsumsi serat. Ya, selain protein serat juga mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu saja, serat juga mampu mengatasi masalah sembelit yang biasanya di alami oleh mereka yang obesitas.

Dengan rutin mengonsumsi serat, maka sisa-sisa makanan dalam tubuh tidak akan tertimbun di dalam perut yang mengakibatkan kita menjadi gemuk. Bahkan dalam sebuah study menunjukkan jenis serat larut yang dikenal sebagai serat kental (voscpus fiber). Jenis serat ini dapat membantu mengurangi nafsu makan dengan membentuk gel yang menahan air.

Gel ini bergerak perlahan melalui saluran pencernaan kalian dan membuat kalian akan merasa kenyang. Selain itu, kalian bisa mengonsumsi serat alami seperti sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi.

 

 

 

6. Kurang Variasi dalam Menu Diet

Ada banyak sekali jenis diet yang bisa kita lakukan, dan konsisten untuk melakukan hal tersebut memang sangat penting. Namun, mengonsumsi menu diet yang sama setiap hari tentu akan membuat kalian jenuh, sehingga ini akan membuat kalian malah ingin mengonsumsi makanan lain yang dapat membuat diet kalian gagal.

Tentu dengan mengurangi variasi dalam menu diet akan membuat kalian tidak terasa terbebani dalam melakukan diet. Ada banyak sekali variasi menu diet yang bisa kalian buat setiap harinya, bahkan sudah banyak sekali catering yang menyediakan menu diet yang berbeda untuk kalian konsumsi, jadi tidak repot lagi.

 

 

 

7. Kurang Mengonsumsi Cairan

Cairan memang sangat penting untuk tubuh, karena di dalam tubuh kita lebih banyak kandungan cairan. Saat diet, cairan menjadi salah satu hal penting, selain dapat mengurangi nafsu makan, dengan banyak minum terutama air putih, maka hal ini dapat membantu kita mengurangi lemak di dalam tubuh.

Bahkan air putih juga dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi kulit kering, dan menyehatkan fungsi organ di dalam tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih secara rutin dan baik dapat membuat sistem metabolisme tubuh bekerja dengan optimal.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi air putih dengan baik akan membuang racun-racun di dalam tubuh, terutama racun yang diakibatkan oleh lemak jahat. Selain mengonsumsi air putih, kalian juga bisa mengonsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung air.

 

 

 

8. Tidak Mencatat Apa Saja yang Sudah Dikonsumsi

Dan kesalahan diet yang bisa bikin gagal terakhir yaitu, kalian tidak mencatat apa saja yang sudah dikonsumsi. Kita tidak tahu apa saja makanan yang kita makan setiap hari, berapa banyak jumlahnya, dan berapa besar kalorinya.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa, mencatat apa yang kita makan dapat membantu kita secara akurat tentang kalori dan konsumsi nutrisi harian, serta memberikan akuntabilitas. Tak ada salahnya bila mulai hari ini kalian mencatat apa saja yang sudah di makan.

Itulah 8 kesalahan diet yang bisa bikin kalian gagal diet, bahkan dapat menambah berat badan kalian lebih banyak dari sebelumnya. Jadi ada baiknya untuk memperbaiki diet kalian ya KLovers, agar tidak gagal.

 

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI