8 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Selasa, 06 Oktober 2020 10:44 Penulis: Nurul Wahida
8 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh di Musim Hujan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Saat musim hujan biasanya tubuh akan rentan mengalami sejumlah gangguan kesehatan apabila tidak terjaga dengan baik. Salah satu faktor agar tubuh tetap kuat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit ketika musim hujan adalah mempertahankan sistem imun tubuh. Sebab imunitas tubuh penting dimiliki untuk melawan berbagai virus dan penyakit yang menyerang. Sejumlah makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan bisa dikonsumsi sebagai hidangan sehat yang menghangatkan.

Ketika musim hujan menjelang tubuh harus mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan termasuk lebih rentan terserang penyakit. Sebab saat hujan, biasanya kondisi udara terasa lebih lembab hingga menyebabkan bakteri ataupun virus dapat tumbuh dengan mudah. Tak heran jika kondisi tersebut menjadi faktor utama tubuh lebih rentan terserang penyakit terutama jika tidak mempertahankan sistem kekebalan atau imunitas secara baik.

Sebab kekebalan tubuh sangat penting dimiliki untuk melawan berbagai jenis penyakit dan virus yang menyerang. Lemahnya sistem imun, menjadi penyebab umum seseorang lebih rentan terserang penyakit terutama saat musim hujan. Seperti diketahui ada beberapa jenis penyakit yang cukup sering terjadi ketika musim hujan, diantaranya yakni influenza, diare, demam, malaria, hingga demam berdarah.

Terlebih di masa pandemi corona covid-19 seperti saat ini tubuh harus lebih kuat mempertahankan imunitas untuk mencegah virus tersebut. Tak perlu bingung, ada sejumlah makanan peningkat imunitas tubuh yang bisa dikonsumsi saat musim hujan.

Berikut ini 8 makanan peningkat imunitas tubuh yang bisa dikonsumsi saat musim hujan tiba.

 

1. Brokoli

Makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan yang bisa dikonsumsi salah satunya adalah brokoli. Seperti diketahui brokoli mengandung cukup banyak nutrisi sehat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti melansir dari liputan6.com diantara kandungan brokoli yakni vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat, protein, selenium, potasium dan lain sebagainya.

Sejumlah nutrisi dan vitamin tersebut dapat memberikan banyak khasiat bagi tubuh termasuk meningkatkan sistem kekebalan. Kandungan antioksidan cukup tinggi dalam brokoli berperan penting mempertahankan sistem imun untuk menangkal berbagai jenis penyakit serta virus. Sejumlah hidangan nikmat berbahan brokoli bahkan bisa menjadi makanan yang cocok dikonsumsi saat musim hujan salah satunya sup.

2. Bayam

Makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan selanjutnya adalah bayam. Seperti melansir dari healhtline.com, bayam mengandung nutrisi dan vitamin yang berkhasiat bagi tubuh termasuk untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas. Diantara nutrisi dan vitamin tersebut seperti vitamin C, vitamin A, magenesium, potassium dan lain sebagainya. Selain itu bayam juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yakni flavoid, kaempferol, dan beta karoten yang dapat menangkal sejumlah penyakit serta virus.

Sehingga bayam bisa menjadi makanan tepat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh terutama di musim hujan yang rentan risiko gangguan kesehatan. Bayam dapat dibuat sebagai hidangan hangat seperti sup ataupun sayur bening.

3. Jahe

Makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan lainnya juga dapat diperoleh dari jahe. Seperti melansir dari everydayhealth.com, jahe memiliki beberapa kandungan dan nutrisi seperti antioksidan tinggi, mineral, vitamin, dan lain sebagainya yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Bahkan jahe cukup familiar digunakan sebagai obat tradisional mengatasi sejumlah masalah kesehatan tubuh termasuk dapat meningkatkan sistem kekebalannya. Sebab jahe diketahui memiliki sifat anti inflamasi serta bersifat anti kanker. Selain itu jahe juga dipercaya dapat meringankan gejala flu yang cukup sering terjadi ketika musim hujan. Sehingga konsumsi jahe sebagai minuman hangat dikala hujan bisa menjadi pilihan kalian.

4. Pepaya

Kaya akan kandungan vitamin C sebagai senyawa antioksidan tinggi, buah pepaya juga termasuk makanan peningkat imunitas tubuh yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Melansir dari healhtline.com, buah pepaya memiliki sejumlah nutrisi dan vitamin diantaranya yakni kalium, magnesium, dan folat.

Selain memiliki manfaat menjaga kesehatan pencernaan, buah pepaya juga dapat meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki efek anti inflamasi. Efek tersebut diperoleh dari kandungan pepaya yakni papain.

5. Bawang Putih

Makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan selanjutnya yakni bawang putih. Bawang putih tersebut menjadi bahan dapur yang kerap ditambahkan dalam resep makanan. Aroma khas dan menyengat tajam bawang putih bisa membuat hidangan terasa begitu nikmat dan menggugah selera. Selain itu ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh karena kandungan senyawa bernama allicin.

Jika tak tahan dengan aroma dan rasa pedas bawang putih, menambahkan dalam resep makanan hangat dapat menjadi pilihan tepat konsumsi bawang putih. Namun perlu diketahui aroma menyengat bawang putih dapat memberi bau tak sedap di mulut. Selain itu perhatikan jumlah konsumsi bawang putih agar tidak berlebihan untuk dapat memperoleh khasiat secara maksimal.

6. Coklat Hitam

Makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan dapat berasal dari coklat hitam. Sebab coklat hitam juga mengandung cukup tinggi antioksidan bernama theobromine seperti melansir dari medicalnewstoday.com. Antioksidan tersebut berperan penting untuk menangkal paparan radikal bebas yang menyerang tubuh. Termasuk saat musim hujan tiba dimana lebih rentan tubuh terserang  gangguan kesehatan karena sistem imun yang melemah. Namun perlu diperhatikan bahwa coklat hitam juga memiliki kalori dan lemah jenuh yang juga penting membatasi konsumsinya agar dapat memberi manfaat lebih bagi kesehatan.

7. Kacang Almond

Makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan dapat diperoleh dari kacang almond yang mengandung vitamin C dan vitamin E tinggi. Dimana kedua vitamin tersebut termasuk senyawa antioksidan yang berperan penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melansir dari merdeka.com bersumber dari health, kacang almond dapat menangkal radikal bebas dan mencegah stress oksidatif. Untuk itulah kacang almond termasuk makanan peningkat imunitas tubuh yang bisa memberi perlindungan terhadap berbagai virus dan penyakit di kala musim hujan tiba.

8. Sup Ayam

Selain sayur dan buah, makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan yang cukup sering menjadi pilihan adalah sup ayam. Seperti melansir dari eatthis.com, sup ayam dapat meringankan gejala flu dan dingin di saat musim hujan. Selain itu berdasar University of California Los Angeles, sup tersebut juga memiliki efek anti inflamasi termasuk mencegah gangguan pernapasan yang erat kaitannya dengan gejala flu. Tak heran jika sup ayam cocok sebagai hidangan saat musim hujan tiba.

Nah itulah 8 makanan peningkat imunitas tubuh di musim hujan. Selain mencukupi asupan sehat, melakukan aktivitas fisik juga diperlukan untuk mendukung kesehatan tubuh semakin terjaga dengan baik. Terutama ketika musim hujan yang membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI