10 Makanan Ini Dapat Membasmi Radikal Bebas di Dalam Tubuh

Minggu, 04 Oktober 2020 13:11 Penulis: Dhia Amira
10 Makanan Ini Dapat Membasmi Radikal Bebas di Dalam Tubuh
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Makanan merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dan apapun yang kita konsumsi akan mempengaruhi kesehatan di dalam tubuh kita, salah satu makanan sehat yang dapat mengatasi radikal bebas. Sudah banyak penelitian yang membuktikan berbagai macam makanan yang dapat membasmi radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, dan sebenarnya tubuh manusia dapat menetralisir radikal bebas tersebut. Namun sayangnya bila terlalu berlebihan tubuh tidak akan mampu mengatasinya dan dapat mengalami berbagai macam penyakit.

Untuk itulah membantu metabolisme dalam tubuh membasmi radikal bebas sangat penting, agar tubuh selalu sehat. Kira-kira makanan apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini 10 makanan yang dapat membasmi radikal bebas. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Buah

Buah menjadi salah satu makanan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Banyak sekali buah yang dapat kita konsumsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Buah dengan kandungan vitamin C dan Vitamin E memang ampuh dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Banyak buah yang mengandung vitamin C maupun vitamin E. Kalian bisa mengonsumsi buah jeruk, stroberi, nanas, pepaya, kiwi, mangga, blueberry, jambu biji, alpukat, dan masih banyak lagi.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi salah satu jenis sayuran yang juga dapat membasmi radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini karena, selain tinggi akan antioksidan, sayuran hijau juga tinggi akan kandungan vitamin A, vitaminĀ  C, dan vitamin E. Kalian bisa mengonsumsi sayuran hijau berupa, paprika, brokoli, bayam, kubis brussel, tauge, kembang kol, kangkung, sawi, dan asparagus.

3. Biji-Bijian

Selanjutnya ada biji-bijian yang juga menjadi makanan sehat dan sangat baik dikonsumsi untuk tubuh. Hal ini karena di dalam biji-bijian terdapat banyak sekali kandungan vitamin A, vitamin E, dan juga selium yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Kalian bisa mengonsumsi biji-biji seperti biji bunga matahari, jagung, kacang merah, kacang almond, kacang mete, beras merah, gandum, dan juga kedelai.

4. Wortel

Wortel juga menjadi salah satu makanan yang dapat menangkan radikal bebas. Di dalam wortel terdapat kandungan vitamin A berupa betakaroten yang cukup tinggi, sehingga makanan satu ini sangat pas dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Tapi jangan mengonsumsi wortel secara berlebihan ya KLovers, karena bila dikonsumsi secara berlebihan tidak akan baik untuk tubuh. Hal ini karena salah satu zat di dalam wortel dapat membuat kulit kalian berbuah menjadi orange.

5. Tomat

Selanjutnya ada tomat, yang juga menjadi salah satu makanan sehat yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini karena di dalam tomat terdapat kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat tinggi. Sehingga makanan satu ini cukup memberi nutrisi di dalam tubuh dalam menangkal radikal bebas.

6. Susu

Lalu ada susu yang juga dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Susu memang menjadi salah satu minuman sehat yang sering dikonsumsi, tidak heran bila minuman satu ini dapat memberi nutrisi dan mengatasi radikal bebas di dalam tubuh.

Hal ini karena susu memiliki kandungan nutrisi berupa antioksidan dan vitamin A yang sangat baik dalam membasmi radikal bebas. Kalian dapat mengonsumsi susu secara rutin pada pagi atau malam hari.

7. Telur

Sama seperti susu, telur juga menjadi salah satu makanan sehat yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu kesehatan untuk membasmi radikal bebas di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, telur juga memiliki kandungan selium dan vitamin A berupa betakaroten yang sangat baik untuk mengatasi radikal bebas di dalam tubuh.

8. Teh Hijau dan Oolong

Dan ternyata teh juga menjadi salah satu minuman yang baik dikonsumsi dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh loh KLovers. Teh yang sangat baik dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas yaitu ada teh hijau dan juga teh oolong.

Hal ini karena di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan berupa enzim, asam amino, dan polifenol yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi ini untuk teh yang belum tercampur dengan bahan lain ya KLovers, alis teh tawar. Karena bila sudah tercampur bahan seperti gula atau susu, maka kandungannya bisa berbeda ataupun berkurang.

9. Kopi

Selain teh, nyatanya kopi juga dapat menjadi minuman penangkal radikal bebas yang sangat efektif. Hal ini karena kopi juga menjadi minuman yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu kopi juga memiliki kandungan lain berupa riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Tetapi kopi yang dikonsumsi tidak dicampurkan dengan bahan lain ya KLovers, karena bila sudah tercampur bahan seperti gula atau susu, maka kandungannya bisa berbeda ataupun berkurang sama seperti teh. Kalian bisa mengonsumsi kopi secara rutin dengan takaran yang baik dan juga tepat.

10. Coklat Hitam

Dan makanan terakhir yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yaitu ada coklat hitam. Sama seperti makanan lainnya, nyatanya coklat hitam memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi loh KLovers. Kandungan antioksidan tersebut berupa katekin, polifenol dan flavanol.

Kandungan ini berkontribusi dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi kerusakan pada jaringan dan sel tubuh. Itulah mengapa mengonsumsi coklat hitam sangat baik bagi kesehatan tubuh kalian.

Itulah 10 makanan sehat yang dapat menangkal dan membasmi radikal bebas di dalam tubuh. Mengonsumsi makanan di atas secara rutin akan sangat baik, namun ada beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Ada baiknya KLovers berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar aman mengonsumsi makanan di atas dengan takaran yang normal.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI