8 Makanan yang Tidak Bisa Kedaluwarsa, Bisa Disimpan untuk Stok di Dapur

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

8 Makanan yang Tidak Bisa Kedaluwarsa, Bisa Disimpan untuk Stok di Dapur
Ilustrasi (credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Menyimpan bahan makanan sudah jadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Apalagi, banyak orang punya kebiasaan belanja rutin sebulan sekali. Alhasil, banyak orang berbelanja dan menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Padahal, seperti yang kita tahu beberapa jenis makanan mempunyai masa kedaluwarsa. Namun, tak semua makanan demikian. Pasalnya ada pula beberapa jenis makanan yang tidak bisa kedaluwarsa.

Penting untuk tahu jenis bahan makanan apa saja yang mempunyai masa kedaluwarsa dan tidak. Hal ini akan berguna untuk memperkirakan kondisi makanan selama penyimpanan dan sebelum dikonsumsi. Selain itu, seperti yang kita tahu makanan kedaluwarsa juga berbahaya karena bisa sebabkan keracunan. Artinya relatif lebih aman, menyimpan makanan yang tidak bisa kedaluwarsa. Lantas, makanan apa sajakah itu?

Disadur dari merdeka.com, berikut beberapa jenis bahan makanan yang tidak bisa kedaluwarsa.

 

1. Madu

Selama ini madu dikenal akan khasiatnya bagi kesehatan. Madu juga sering dimanfaatkan sebagai pemanis alami pengganti gula. Bagi kalian yang menggunakan madu sebagai pemanis atau obat alami, tak perlu khawatir sebab madu termasuk makanan yang tidak bisa kedaluwarsa.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Gula

Selain madu, gula pasir ternyata juga termasuk bahan makanan yang tahan lama. Namun, agar bisa tahan lama kalian tidak bisa menyimpannya dengan sembarangan. Perlu dipastikan, gula disimpan di wadah yang kering, tertutup rapat sehingga kedap udara. Selain itu, agar kualitas gula terjaga selalu gunakan sendok kering dan bersih saat mengambil gula.

 

3. Beras

Beras jadi salah satu bahan makanan pokok yang paling populer. Beras juga bisa disimpan dalam waktu yang lama sebab tidak punya masa kedaluwarsa. Agar kualitas beras terjaga meski disimpan di waktu yang lama, pastikan tempat penyimpanan beras dalam kondisi kering, bersih, dan bersuhu di bawah 40 derajat.

 

4. Pasta Kering

Di beberapa belahan dunia, pasta jadi salah satu makanan pokok. Pasta dalam kondisi kering atau yang belum diolah ternyata juga termasuk makanan yang tidak bisa kedaluwarsa. Sama seperti beras dan gula, pasta sebaiknya disimpan di wadah yang kering, bersih, dan kedap udara.

 

5. Kacang-Kacangan Kering

Bahan makanan yang tidak bisa kedaluwarsa berikutnya ialah kacang-kacangan kering. Bahan makanan yang kaya akan protein ini bisa disimpan dalam waktu yang lama. Asalkan, disimpan dalam wadah kering, bersih, dan tertutup.

 

6. Garam

Siapa yang tak kenal garam? Bumbu pemberi rasa asin ini hampir selalu hadir di segala jenis masakan. Garam yang merupakan mineral tua di bumi, bisa disimpan dan dikonsumsi dalam waktu yang panjang. Jadi, tak ada salahnya menyimpan garam sebagai stok, daripada kehabisan.

 

7. Cuka

Tak hanya jadi bahan makanan, cuka juga sering dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti membersihkan perabot. Oleh karena itu, cuka cuka cukup umum ada di rumah-rumah. Siapa sangka, ternyata bumbu masakan ini juga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada dalam cuka, membuatnya tidak bisa kedaluwarsa. 

 

8. Kopi Kemasan

Siapa yang tak suka kopi? Minuman yang satu ini cukup populer dan jadi favorit banyak orang. Terlebih, kini kopi hadir dengan bentuk kemasan sehingga praktis untuk disajikan. Bagi kalian pecinta kopi kemasan tak perlu khawatir, sebab ternyata kopi kemasan juga termasuk salah satu bahan makanan yang tidak bisa kedaluwarsa.

Itulah di antaranya 8 bahan makanan yang tidak bisa kedaluwarsa. Jadi, kalian tak perlu lagi menyimpannya sebagai stok di dapur!

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending