8 Manfaat Dada Ayam Bagi Kesehatan Bila Sering Dikonsumsi, Bukan Hanya Jadi Menu Diet

Jum'at, 11 Desember 2020 09:22 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Dada Ayam Bagi Kesehatan Bila Sering Dikonsumsi, Bukan Hanya Jadi Menu Diet
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ayam merupakan jenis unggas yang menjadi salah satu panganan hewani populer untuk seluruh masyarakat di dunia. Ada banyak sekali bagian-bagian ayam yang dapat dikonsumsi, salah satunya yaitu dada ayam. Pada bagian ini banyak daging yang bisa dikonsumsi, sehingga dada ayam sering dijadikan sebagai menu diet. Dan tentu saja manfaat dada ayam bagi kesehatan begitu banyak dan luar biasa.

Di dalam dada ayam terdapat banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan tinggi akan kalori. Sehingga tidak heran bila manfaat dada ayam begitu banyak, bahkan menjadi salah satu menu diet yang begitu populer serta sehat.

Namun kira-kira apa saja ya manfaat dada ayam tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat dada ayam yang baik bagi kesehatan dan wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Menutrisi Tulang

Manfaat dada ayam yang pertama yaitu, dapat menutrisi tulang. Yup! Tulang merupakan salah satu organ tubuh yang harus selalu diberikan nutrisi. Dan dalam menutrisi tulang, kalian juga bisa kok menggunakan manfaat dada ayam. Hal ini karena di dalam dada ayam terdapat kandungan kalsium yang cukup dalam memberikan nutrisi harian pada tulang.

Bahkan kandungan vitamin D pada dada ayam dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Tulang akan mengalami pengeroposan bila tidak dikonsumsi dengan baik, akhirnya membuat kita terkena osteoporosis. Memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tulang kalian, membuat dada ayam dapat membantumu untuk melawan pengeroposan tulang dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan persendian.

2. Baik untuk Kesehatan Gigi

Tidak hanya untuk tulang saja, nyatanya manfaat dada ayam juga sangat baik untuk kesehatan gigi kalian loh KLovers. Gigi memang menjadi salah satu penunjang penampilan, bila gigi mengalami masalah kesehatan tentu akan mengganggu penampilan kalian. Tak hanya itu saja, gigi juga mudah keropos bila tidak dinutrisi dengan baik. Dan membuat seseorang harus mengalami ompong, tanpa memandang usia.

Dan untuk mencegah hal tersebut, maka kalian bisa kok rutin mengonsumsi dada ayam. Hal ini karena, dada ayam tinggi akan mineral seperti kalium dan natrium. Dan kedua kandungan ini sangat membantu dalam memberikan kekuatan dan nutrisi sehat untuk kesehatan gigi hingga otak kalian.

3. Mengatur Kadar Kolesterol

Kemudian manfaat dada ayam yang selanjutnya yaitu, dapat mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol memang sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena setiap orang memiliki kadar kolesterol. Namun ini untuk kadar kolesterol baik ya KLovers, dan bila kadar kolesterol terus bertambah di dalam tubuh makan akan sangat berbahaya. Itu karena akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dan akan menjadi sebuah penyakit berbahaya di tubuh.

Namun tenang, kalian bisa kok mengatur kadar kolesterol dengan menggunakan manfaat dada ayam. Daging ayam, terutama pada bagian dadanya kaya akan vitamin B3 yang mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga, tingkat kolesterol berkurang dan risiko terkena penyakit jantung hingga stroke pun dapat berkurang.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit, maka sistem kekebalan di dalam tubuh juga harus kuat. Dan nyatanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tersebut, kalian bisa kok menggunakan manfaat dada ayam. Hal ini karena, dada ayam akan vitamin B6 yang membantu meningkatkan metabolisme dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh.

Bahkan kandungan vitamin A di dalam dada ayam pun dapat berperan penting dalam meningkatkan sistem imun di tubuh. Sehingga tubuh kalian tetap sehat, dan terjauh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus hingga bakteri. Tidak heran bila dada ayam sangat baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet, hingga anak-anak.

5. Memberikan Kesehatan Mata

Kandungan seng di dalam dada ayam dapat membantu menunda kehilangan penglihatan terkait usia dan degenerasi makula. Mata sendiri mengandung seng tingkat tinggi, terutama di retina, dan jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina. Daging unggas tanpa lemak seperti dada ayam juga mengandung seng yang baik untuk kesehatan mata.

Tidak hanya kandungan seng saja, nyatanya kandungan seperti vitamin A juga sangat baik dalam menutrisi dan menjaga kesehatan mata kalian. Bahkan kandungan seperti retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene di dalam dada ayam berguna untuk menjaga ketajaman mata. Dan membuat mata jauh lebih sehat dan terhindar dari kerusakan.

6. Anti Depresi Alami

Setiap orang pasti mengalami depresi ataupun stres, dan hal ini biasanya terjadi karena banyak faktor. Untuk mengatasi depresi tersebut, selain olahraga kalian juga bisa mengonsumsi makanan sehat. Dan salah satu makanan sehat tersebut ada dada ayam. Dada ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan.

Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati. Serotonin inilah yang kemudian berperan untuk memberikan efek nyaman dan juga tenang pada tubuh. Bahkan zat tryptophan ini juga mampu membuat seseorang dapat tidur dengan nyenyak, karena kadar serotonin dapat memberikan efek yang tenang pada tubuh.

7. Anti Kanker

Manfaat dada ayam yang selanjutnya yaitu dapat menjadi obat anti kanker yang alami. Daging ayam termasuk sebagai salah satu jenis "daging putih". Mengonsumsi daging putih, dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker. selain itu, kandungan gizi ayam berupa zat antioksidan bernama selenium efektif untuk menghalau serangan radikal bebas. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan tubuh karena diketahui bahwa, radikal bebas menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang kemudian berkembang menjadi sel kanker.

8. Mencegah Alzheimer

Dan manfaat dada ayam yang terakhir yaitu, dapat mencegah terjadinya alzheimer. Salah satu penyakit akibat gangguan fungsi otak, yakni alzheimer, dapat dicegah dengan mengonsumsi daging ayam loh KLovers, terutama pada bagian dada. Hal ini karena di dalam dada ayam terdapat kandungan vitamin B yang sangat baik dalam memberikan kesehatan otak.

Tidak hanya itu saja, kandungan mineral seperti kalium dan natrium yang ada di dalam dada ayam pun sangat baik untuk kesehatan otak kalian. Sehingga dengan mengonsumsi dada ayam secara rutin dan dengan takaran yang tepat, mampu mencegah terjadinya penyakit alzheimer saat usia bertambah.

Itulah 8 manfaat dada ayam bagi kesehatan tubuh kalian, dan wajib diketahui. Bukan hanya dapat menjadi makanan favorit saja, nyatanya manfaat dada ayam juga sangat baik dalam menutrisi hingga mencegah penyakit berbahaya di dalam tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI