8 Penyebab AC Tidak Dingin Beserta Cara Mengatasinya Agar Bekerja Optimal

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

8 Penyebab AC Tidak Dingin Beserta Cara Mengatasinya Agar Bekerja Optimal
Penyebab AC tidak dingin (credit: pixabay.com)

Kapanlagi.com - Suhu udara yang panas seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh hingga berpengaruh terhadap aktivitas harian. Namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan menggunakan AC yang dapat membantu mendinginkan udara pada ruangan. Namun beberapa kondisi ternyata dapat menjadi penyebab AC tidak dingin padahal suhu pada remote control sudah diturunkan.

Air Conditioner atau AC merupakan peralatan elektronik yang digunakan untuk mendinginkan suhu ruangan. Penggunaan AC sebagai peralatan rumah tangga cukup familiar dilakukan dan jadi favorit sejumlah orang. Sebab AC mampu membuat suhu ruangan terasa dingin dan segar dibandingkan dengan memakai kipas angin.

Di sejumlah tempat penginapan baik hotel ataupun home stay AC tak pernah ketinggalan jadi barang elektronik yang dipakai agar membuat penghuninya nyaman. AC cukup mudah dijalankan seperti peralatan elektronik pada umumnya. Biasanya AC memakai remote control yang memudahkan penggunanya dalam mengontrol suhu dan kelembaban ruangan.

Saat suhunya diturunkan maka udara yang keluar dari AC akan terasa dingin begitu pula dengan sebaliknya. Umumnya suhu standar AC berkisar antara 22-25 derajat celcius ataupun tergantung dari suhu luar ruangan yang terjadi pada saat itu. Tapi beberapa hal membuat alat elektronik ini tidak berjalan dengan baik seperti suhu AC yang tidak dingin.

Padahal suhu AC tersebut sudah sesuai standar bahkan diturunkan. Ada penyebab AC tidak dingin yang mungkin bisa terjadi jika kalian mengalami hal ini. Untuk lebih lengkapnya simak beberapa ulasan di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Ruangan Terbuka

Penyebab AC tidak dingin yang pertama dapat terjadi karena ruangan dibiarkan terbuka. Seperti diketahui ketika memutuskan menggunakan AC pada ruangan pribadi, pastikan agar ruangan selalu dalam keadaan tertutup rapat agar tidak ada celah udara masuk ke dalam ruangan. Sebab sedikit celah udara tersebut masuk bisa berpotensi menyebabkan AC tidak bekerja maksimal untuk mendinginkan ruangan. Hal inilah yang menyebabkan suhu AC tidak dingin.

Nggak heran apabila kebiasaan sederhana tersebut bisa memicu suhu udara AC yang tidak dingin. Sehingga pastikan terlebih dulu agar ruangan kalian benar-benar terbebas dari celah udara yang masuk.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Filter Udara yang Tersumbat

Penyebab AC tidak dingin selanjutnya dapat terjadi karena filter udara yang tersumbat. Melansir dari mrright.in, filter udara yang tersumbat dapat menyebabkan udara yang dikeluarkan tidak dapat mengalir secara maksimal. Akibatnya kondisi ini menyebabkan AC tidak dapat melakukan fungsi kerjanya secara baik untuk pendinginan ruangan.

Apabila penyebab AC ini terjadi, pastikan agar kalian selalu memeriksa dan membersihkan filter udara tersebut secara rutin. Sehingga AC dapat bekerja maksimal untuk mendinginkan ruangan pribadi kalian agar makin nyaman.

3. Ruangan Begitu Luas

Penyebab AC tidak dingin juga bisa terjadi karena ruangan yang memiliki ruangan begitu luas. Terlebih jika kalian menggunakan AC yang tidak sesuai dengan luas ruangan tentunya menyebabkan AC tidak dapat bekerja secara maksimal. Ketidaksesuaian tersebut bisa terjadi karena dua hal yakni ukuran AC kecil ataupun jumlah AC yang sedikit.

Akibatnya udara dingin dari AC tidak sepenuhnya merata ke seluruh sudut ruangan. Hal inilah yang menjadi penyebab AC ruangan kalian tidak dingin. Untuk mengatasinya kalian menyesuaikan ukuran dan jumlah AC dengan luas ruangan.

4. Pengaturan Termostat Tidak Sesuai

Penyebab AC tidak dingin selanjutnya dapat terjadi karena pengaturan termostat yang tidak tepat. Kondisi ini bisa membuat suhu udara yang dikeluarkan AC tidak dingin. Misalnya saja suhu normal ruangan kalian adalah 23 derajat celcius namun pengaturan termostat justru sebaliknya berada pada kisaran 26 derajat celcius.

Tak heran apabila hal tersebut bisa memicu AC tidak dingin karena pengaturan termostat tidak sesuai. Untuk mengatasinya kalian cukup mengatur AC melalui remote dengan setting cool ataupun mengatur suhu termostat agar di bawah suhu normal ruangan kalian.

5. Kondensor AC Kotor

Penyebab AC tidak dingin dapat dialami karena kondensor AC yang kotor. Kondensor AC cukup penting untuk sistem kerja AC karena berfungsi untuk memanaskan gas refrigerant atau freon suhu. Jika kondensor tersumbat maka udara panas dari refrigator tidak dapat dikeluarkan maksimal. Akibatnya AC tidak dapat bekerja optimal untuk mendinginkan ruangan. Untuk mengatasinya kalian bisa membersihkan bagian ini dengan kain bersih dan air secara rutin agar AC dapat bekerja optimal mendinginkan ruangan.

6. Remote AC Rusak

Penyebab AC tidak dingin lainnya juga dapat terjadi akibat remote AC yang rusak. Kondisi ini bisa membuat suhu yang dikontrol lewat remote tersebut tidak dapat dilakukan secara maksimal. Sebab remote sangat berfungsi untuk membantu mengontrol suhu dan beberapa pengaturan lainnya agar memudahkan pengguna. Jika remote rusak maka tidak menutup kemungkinan dapat mengganggu suhu udara dingin yang dikeluarkan AC.

7. Refrigerant Habis Atau Bocor

Penyebab AC tidak dingin yang lainnya bisa terjadi akibat refrigerant habis atau bocor. Melansir dari merdeka.com, refrigerant berfungsi sebagai gas untuk mendinginkan ruangan. Apabila refrigerant bocor akan membuat AC tidak dapat bekerja optimal. Namun kondisi ini juga tidak dapat dibiarkan begitu saja karena bisa berdampak buruk terhadap kondisi pernapasan tubuh. Untuk mengatasinya kalian dapat menggunakan jasa teknisi agar AC bisa teratasi secara tepat.

8. Kompresor Tidak Bekerja

Penyebab AC tidak dingin juga bisa dipengaruhi oleh kompresor tidak bekerja. Akibatnya AC mungkin tidak dapat mendinginkan ruangan secara sepenuhnya. Salah satunya adalah kompresor AC tidak dapat bekerja namun hanya kipas outdoor yang berjalan. Hal inilah yang dapat menjadi penyebab AC tidak dapat bekerja secara baik untuk mendinginkan udara ruangan. Untuk mengatasinya kalian bisa memanggil jasa teknisi agar dilakukan pengecekan dengan tepat dan sesuai.

9. Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Setelah memahami penyebab AC tidak dingin, penting juga mengetahui cara mengatasi AC tidak dingin. Cara sederhana ini bisa menjadi referensi buat kalian mengatasi AC tidak dingin secara mudah. Adapun cara mengatasi AC tidak dingin sebagai berikut:

Pastikan termostat diatur dingin.

Bersihkan filter AC dan kondesor yang kotor secara rutin.

Periksa apakah terdapat penumpukan es pada AC.

Menambah jumlah AC jika ruangan cukup luas.

Gunakan ukuran AC yang besar untuk ruangan luas.

Pastikan agar ruangan tertutup rapat.

Nah itulah 8 penyebab AC tidak dingin beserta cara mengatasinya. Beberapa penyebab di atas bisa menjadi gambaran umum buat kalian jika mengalami masalah AC tidak dingin.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending