Sering Menyebabkan Alergi, Ternyata Ini 8 Manfaat Udang Bagi Kesehatan

Kamis, 10 Desember 2020 20:11 Penulis: Dhia Amira
Sering Menyebabkan Alergi, Ternyata Ini 8 Manfaat Udang Bagi Kesehatan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Udang merupakan salah satu makanan laut yang memiliki banyak sekali penggemar, tetapi udang juga menjadi salah satu makanan laut yang menyebabkan banyak orang terkena alergi. Tetapi walaupun begitu nyatanya manfaat udang juga sangat banyak loh bagi kesehatan tubuh.

Mungkin bagi orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi memang harus berhati-hati dalam mengonsumsi udang. Namun bagi orang yang memiliki kolesterol normal, udang sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Walaupun udang tersebut tidak dikonsumsi dengan jumlah yang banyak ya KLovers. Harus tetap dikonsumsi dengan takaran yang tepat.

Kira-kira apa saja ya manfaat udang bagi kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat udang bagi kesehatan yang wajib banget kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Meningkatkan Energi

Manfaat udang yang pertama yaitu dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Gejala kelelahan dan merasa lemas merupakan indikasi kurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Udang sangat kaya dengan kandungan zat besinya. Sehingga dengan mengonsumsi hasil laut tersebut, maka asupan zat besi, yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi.

Energi yang akan diperoleh juga tidak akan berlebih, karena kalori yang dikandungnya tidak tinggi. Sehingga udang sangat baik dikonsumsi saat sarapan pagi atau makan siang, agar tubuh mendapatkan energi yang cukup dalam kegiatan sehari-hari.

2. Menguatkan Tulang

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk selalu diberikan nutrisi. Selain mengonsumsi susu, kalian juga bisa loh menguatkan tulang dengan mengonsumsi udang. Hal ini karena, udang memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor. Kedua kandungan ini akan bekerja bersama-sama membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Dalam mengonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama kulitnya ya KLovers. Itu karena kulit udang mengandung glucosamine yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran.

3. Mencegah Kanker

Ternyata manfaat udang juga sangat baik loh untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker memang menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh, dan penyakit ini terjadi karena banyak hal. Dan salah satunya yaitu pola hidup tidak sehat. Dan untuk menjalani pola hidup sehat tersebut, kalian bisa mengonsumsi udang. Itu karena kandungan selenium yang ada pada udang yang dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, terutama kanker prostat.

Selain itu kandungan zinc dalam udang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yakni 10-15 mg setiap harinya. Dengan memakan udang, kebutuhan tubuh akan zat tersebut akan terpenuhi.

Penelitian mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kanker sebanyak 13 kali lipat. Makanan yang kaya akan suforaphane antara lain adalah brokoli, kubis, dan sayuran hasil silangan lainnya. Di samping mencegah kanker, selenium juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

4. Mencegah Anemia

Bila kalian memiliki masalah anemia, maka kalian bisa kok mengatasi masalah hal tersebut dengan menggunakan manfaat ketan hitam. Anemia sendiri merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah, atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh.

Karena hal tersebut menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh. Sehingga hal ini membuat seseorang mudah kelelahan, terlihat pucat, sesak napas, pusing, limbung, atau detak jantung cepat. Dan dalam hal ini kalian bisa kok mengatasi masalah anemia dengan menggunakan manfaat udang.

Udang mengandung 21% vitamin B12, yang merupakan nutrisi penunjang produksi sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah penyakit anemia. Vitamin B12 itu juga membantu pembuatan DNA, material genetis yang terdapat pada tiap sel. Hal ini akan membuat metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh berlangsung sempurna.

5. Membakar Lemak

Siapa bilang udang bikin gemuk? Nyatanya udang mampu membantu dalam menurunkan berat badan loh KLovers. Vitamin B3 atau Niasin yang terkandung dalam udang dapat membantu melakukan proses lemak, karbohidrat, dan protein untuk menjadi energi di tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

Tidak hanya itu saja, udang sangat kaya dengan protein dan vitamin D, dengan sedikit karbohidrat. Dengan porsi nutrisi ini, udang dapat menjadi pilihan kalian jika tengah menjalankan diet untuk menurunkan bobot tubuh. Bahkan kandungan zinc yang tinggi dapat meningkatkan kadar leptin. Leptin sendiri merupakan hormon yang dapat membantu dalam menghindarkan Anda dari konsumsi makanan berlebih.

6. Membangkitkan Mood

Bukan hanya cokelat saja, nyatanya udang juga bisa loh membangkitkan mood pada tubuh. Sama seperti ikan, udang juga mengandung asam lemak esensial, omega 3. Bahkan dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa, omega 3 di dalam udang dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan dapat membantu meningkatkan mood. Selain itu, omega 3 juga dapat meningkatkan kecerdasan otak.

7. Menangkal Penuaan Dini

Tak hanya untuk kesehatan saja, nyatanya manfaat udang juga sangat baik loh dalam penangkal penuaan dini. Yup! Mengonsumsi udang sangat baik dalam memberikan kesehatan kulit kalian. Hal itu karena, salah satu kandungan udang adalah karetonoid jenis astaxanthine.

Karetonoid ini memiliki efek antioksidan dan dapat membantu dalam mengurangi tanda penuaan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet A (UVA) dan cahaya matahari. Tanpa perlindungan, cahaya matahari dan UVA dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Mulai dari bintik hitam, kerutan, hingga sunburn. Sehingga dengan mengonsumsi udang, kita dapat menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari.

8. Memelihara Kesehatan Otak

Dan manfaat udang yang terakhir yaitu, dapat memelihara kesehatan otak. Rutin mengonsumsi makanan laut ini justru dapat menjaga kesehatan otak kalian loh KLovers. Itu karena, kadar zat besi dalam udang diperlukan untuk produksi hemoglobin, yang berperan dalam mengikat oksigen. Produksi hemoglobin yang optimal dapat membantu dalam melancarkan aliran oksigen dalam tubuh, termasuk ke otak.

Kecukupan oksigen di otak yang terpenuhi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta kemampuan pemahaman. Astaxanthine dalam udang pun dilaporkan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, ketahanan sel otak, dan menurunkan risiko peradangan otak. Sehingga otak kalian dapat ternutrisi dengan baik bila mengonsumsi udang secara rutin dan dengan takaran yang tepat.

Itulah 8 manfaat udang bagi kesehatan tubuh kalian, dan wajib banget untuk diketahui. Namun tidak semua orang bisa mengonsumsi udang secara rutin ya KLovers, bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi memang harus berhati-hati dalam mengonsumsi udang. Dan dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI