8 Manfaat Masker Madu untuk Masalah Kulit Wajah, Atasi Infeksi Jamur - Angkat Sel Kulit Mati

Minggu, 28 Juni 2020 10:11 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Masker Madu untuk Masalah Kulit Wajah, Atasi Infeksi Jamur - Angkat Sel Kulit Mati
Manfaat masker madu (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Manfaat masker madu sangat banyak sekali dan sudah bukan menjadi rahasia umum. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan banyak yang menggunakan bahkan dasar madu. Selain itu madu juga sangat ampuh dalam menciptakan kulit yang sehat dan berkilau. Oleh sebabnya, menggunakan madu sebagai masker dan perawatan rutin wajah menjadi solusi yang tepat. Apalagi langsung mengaplikasikan madu asli sebagai masker. Tentunya segudang khasiat baik akan cepat kalian dapatkan.  

Menjaga kesehatan kulit memang perlu diperhatikan. Selain itu, tak perlu cemas untuk mengolah madu untuk dijadikan sebagai bahan perawatan wajah. Pasalnya, sudah banyak berbagai macam produk perawatan wajah yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat madu. Tapi tak ada salahnya jika membuat masker madu sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah dan bahan yang sederhana. Dengan demikian kalian bisa tampil cantik dan menghindari dari berbagai masalah wajah yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang.

Madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan dapat memberikan efek menenangkan untuk kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Dengan demikian mulailah secara rutin untuk menggunakan masker madu. Lalu, apa saja manfaat masker madu untuk wajah? daripada penasaran, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

1. Mengatasi Jerawat

Memiliki wajah berjerawat memang membuat seseorang tampil tidak percaya diri.Untuk menjawab masalah tersebut, cobalah rutin menggunakan masker madu. Hal ini tentunya menjadi solusi baik untuk mengatasinya. Sifat anti peradangan dan anti bakteri pada madu mampu meredakan pembengkakan pada jerawat.

Cara membuat masker madu pun terbilang mudah. Pertama-tama campurkan madu asli dan kayu manis lalu aduk rata. Setelah itu langsung oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada yang tak kalah menggemaskan dari jerawat, yaitu bekas jerawat. Perubahan tekstur dan warna kulit yang terjadi pada area wajah berjerawat ini umumnya terus bertahan meskipun jerawat sudah lama sembuh. Hal tersebut tentulah mengganggu penampilan. Namun kalian tidak perlu khawatir. Manfaat masker madu salah satunya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Hal ini lantaran madu mengandung senyawa antioksidan yang bisa memperbaiki warna kulit. Kalian bisa mengoleskan madu secara rutin ke kulit wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk, biasanya bisa menimbulkan berbagai permasalahan seperti pori-pori tersumbat, kulit kusam, munculnya komedo, dan jerawat. Penyebab kulit mati sendiri karena makeup, kotoran, polusi, dan minyak berlebih. Untuk mengatasinya, cobanya untuk menggunakan masker madu yang bisa di campur dengan oatmeal.

Pertama-tama oleskan madu yang telah dicampur dengan sedikit air dan oatmeal. Kemudian aplikasikan ke wajah yang telah dicuci bersih. Biarkan masker hingga mengering dan kemudian bilas.

4. Mencegah Penuaan Dini

Selalu tampil awet muda memang idaman bagi setiap orang. Namun seringkali bertambahnya usia akan mempengaruhi munculnya kerutan-kerutan di wajah. Manfaat masker madu salah satunya dapat membantu mencegah penuaan dini. Madu diperkaya antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi bintik hitam dan memperkencang kulit. Untuk itu rutinlah mengoleskan madu sebagai masker wajah.

5. Mencerahkan Kulit

Memiliki wajah yang kusam dan kurang bersinar, sering kali membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Banyak usaha yang dilakukan untuk bisa memutihkan wajah dengan sempurna. Cara alami mencerahkan wajah salah satunya menggunakan masker madu. Kandungan anti oksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari.

6. Mengatasi Infeksi Jamur

Munculnya bercak putih atau kemerah-merahan pada wajah dapat disebabkan oleh infeksi jamur salah satunya yaitu kurap. Kalian bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan kurap di wajah dengan menggunakan masker madu. Caranya kalian cukup mengoleskan madu murni ke wajah sebanyak dua kali sehari terutama di bagian kulit yang terkena infeksi jamur.

7. Melembabkan Kulit

Semua orang tentunya mendambakan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Tak heran jika masalah kulit kering menjadi persoalan yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu mengatasi hal tersebut, kalian bisa menggunakan masker madu untuk perawatan kulit wajah kering. Madu bermanfaat melembabkan kulit wajah sehingga terhindar dari dehidrasi penyebab kulit kering.

8. Melembabkan Bibir

Manfaat masker madu tidak hanya kalian dapat untuk melembabkan kulit saja. Ternyata kalian juga bisa memperoleh manfaat madu untuk melembabkan bibir. Kalian bisa mengoleskan madu secara rutin pada permukaan bibir, atau gunakan sebagai scrub bersama gula pasir dan minyak kelapa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan secara rutin.

Itulah beberapa manfaat masker madu yang baik untuk kecantikan. Dengan bahan yang alami, tentunya mendapatkan banyak manfaat dari madu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI