Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Rabu, 17 Juni 2020 13:11 Penulis: Puput Saputro
Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Cara Membuatnya dengan Mudah
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Wajah menjadi salah satu bagian kulit tubuh yang paling sensitif. Kulit wajah begitu rentan mengalami berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, kulit kering, dan sebagainya. Oleh karena itu, berbagai macam perawatan dilakukan agar kulit wajah tetap sehat dan berseri-seri. Merawat kulit dengan manfaat masker tomat bisa jadi salah satu pilihan.

Tomat punya banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi seperti vitamin C dalam tomat ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Jika selama ini tomat sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, untuk kecantikan tomat bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Tidak hanya punya banyak manfaat, masker tomat juga bisa dibuat dengan mudah. Itulah sebabnya mengapa masker tomat bisa jadi alternatif produk perawatan wajah alami yang sehat dan aman. Lantas apa saja manfaat masker tomat untuk wajah? Bagaimana pula cara membuat masker tomat? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat jadi satu masalah kulit yang diderita banyak orang. Tidak hanya mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, jerawat yang muncul juga tidak jarang menimbulkan rasa sakit. Tapi jangan khawatir, masker tomat bisa jadi solusi kulit wajah berjerawat.

Hal ini dikarenakan dalam tomat terkandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta memiliki kandungan asam salisilat yang dipercaya bisa menangkal jerawat. Selain itu, seluruh kandungan dalam tomat tersebut juga bisa jadi pembersih pori-pori wajah yang ampuh. Sehingga, manfaat masker tomat untuk wajah tidak hanya membasmi jerawat, melainkan juga mencegah jerawat timbul kembali.

2. Mengatasi Komedo

Selain jerawat, komedo juga jadi masalah wajah yang menjengkelkan. Terlebih, komedo membandel yang bisa membuat kulit wajah tampak lebih gelap kehitaman. Komedo bisa disebabkan oleh adanya kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Sementara, seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam salisilat pada tomat mampu membersihkan pori-pori secara efektif. Dengan begitu, komedo membandel akan bisa diatasi dengan masker tomat.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat masker tomat untuk wajah selanjutnya adalah bisa mencerahkan wajah. Hal ini merupakan sebuah efek kelanjutan dari manfaat yang sebelumnya. Dengan hilangnya komedo membandel kulit wajah akan menjadi lebih cerah. Di samping itu, kandungan dalam tomat juga bisa menimbulkan efek eksofoliasi, yang berdampak pada terangkatnya sel-sel kulit mati di wajah.

Kandungan vitamin C dalam tomat juga sangat baik dalam proses mencerahkan wajah. Sebab, vitamin C bisa jadi antioksidan yang akan mencerahkan kulit wajah dan menangkal radikal bebas. Itulah mengapa menggunakan masker tomat jadi satu cara efektif mencerahkan wajah.

4. Menjaga Kelembapan

Kulit wajah yang kering akan terlihat kusam dan tidak menarik. JIka dibiarkan terus menerus, kulit kering bisa jadi pecah-pecah hingga mengelupas. Itulah sebabnya banyak yang mengidam-idamkan kulit wajah yang lembap.

Menjaga kelembapan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan menggunakan masker tomat. Berbagai macam vitamin dan kandungan dalam tomat diyakini bakal menurunkan kadar kalium dalam kulit wajah. Dampaknya, kulit akan menjadi lebih lembap dan terasa kencang.

5. Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang tidak ingin terlihat awet muda? Setiap orang pasti menginginkannya. Menjadi awet muda bukanlah hal yang tidak mungkin. Karena ada berbagai perawatan yang dipercaya bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Salah satunya bisa dilakukan dengan memakai masker tomat.

Dalam tomat terkandung vitamin B yang dipercaya bisa mencegah dan melawan penuaan. Dengan kandungan vitamin B tersebut, manfaat masker tomat untuk wajah dipercaya bisa menyamarkan berbagai tanda-tanda penuaan, seperti bintik-bintik di wajah dan garis-garis halus pemicu keriput.

6. Cara Membuat Masker Tomat dengan Mudah

Untuk mendapatkan manfaat masker tomat untuk wajah tidaklah sulit. Sebab, sebenarnya kalian bisa langsung menggunakan buah tomat yang sudah dicuci dan dipotong, lalu ditempelkan di wajah.

Selain itu, kalian juga bisa membuat masker tomat dengan Kalian bisa membuat masker tomat yang dihaluskan. Selain tomat, kalian juga bisa mencampurkan bahan alami lain yang juga berkhasiat untuk kesehatan wajah, seperti madu, minyak zaitun, mentimun, hingga lemon. Berikut cara membuat dan memakai masker tomat halus yang mudah dan praktis.

1) Ambil sebuah tomat, cuci bersih lalu haluskan.

2) Kalian bisa mencampurkan tomat halus dengan bahan-bahan alami seperti yang disebutkan di atas. Untuk bahan tambahan seperti madu, minyak zaitun, atau air lemon, kalian bisa menggunakan perbandingan 1 buah tomat : 1 sendok makan bahan tambahan.

3) Gunakan masker dengan cara mengoleskannya pada wajah, diamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

Itulah di antaranya manfaat masker tomat untuk wajah. Bagaimana, apa kalian tertarik coba merasakan manfaatnya?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI