11 Cara Diet Cepat Turunkan Berat Badan Secara Alami, Sehat Tanpa Khawatir Efek Samping

Rabu, 28 Oktober 2020 17:11 Penulis: Dita Tamara
11 Cara Diet Cepat Turunkan Berat Badan Secara Alami, Sehat Tanpa Khawatir Efek Samping
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sebagian orang, banyak yang berlomba-lomba menurunkan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Meski ada beberapa orang yang merasa menurunkan berat badan itu hal yang mudah, namun ada juga orang yang merasa menurunkan berat badan itu hal yang susah. Bagi mereka yang susah untuk menurunkan berat badan, terkadang mereka beranggapan dan merasa percuma saja melakukan hal tersebut. Namun, jika kalian cepat menyerah, tentu saja hal tersebut bukan menjadi jalan keluarnya. Padahal, banyak cara diet cepat menurunkan berat badan yang harus kalian coba. Asal punya kemauan dan tekad yang bulat, menurunkan berat badan tentu akan cepat berhasil.

Selain itu, apabila kalian memiliki berat badan yang berlebih dan tak segera melakukan diet, maka akan ada sederet penyakit yang mengintai tubuh seperti obesitas, gangguan otak, penyakit jantung, hipertensi, gangguan saluran pernapasan, diabetes, hingga stroke.

Meski begitu, kalian juga harus memperhatikan supaya tidak melakukan diet secara sembarangan dan membahayakan untuk kesehatan kalian. Oleh sebabnya, cara diet cepat menurunkan berat badan secara alami bisa menjadi solusi yang tepat tanpa khawatir efek samping yang ditimbulkan. Tak perlu waktu lama, cara diet cepat berikut ini membuat kalian segera mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai keinginan lho. Berikut ini cara cepat menurunkan berat badan secara alami, sehat, dan ampuh yang bisa kalian coba.

 

1. Diet Mayo

Diet mayo dilakukan dengan cara membatasi asupan mengonsumsi garam dan karbohidrat. Pada dasarnya diet mayo dilakukan dalam jangka pendek, hanya 12-14 hari saja. Meski demikian, hasilnya bisa maksimal, karena menu makannya yang diatur. Contoh diet mayo yang bisa kalian terapkan seperti sarapan menggunakan teh atau kopi tanpa susu. Selanjutnya makan siang menggunakan ayam kukus tanpa kulit, sayuran, dan kentang tumbuk. Sedangkan makan malamnya menggunakan daging tanpa lemak, sayur, dan buah. Cara diet ini membuat pola hidup kalian menjadi sehat dan berkualitas.

 

2. Diet Garam

Cara diet cepat untuk menurunkan berat badan yaitu dengan membatasi mengonsumsi garam di setiap makanannya. Sebab, garam terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, diet garam juga membuat kalian terhindar dari risiko hipertensi dan masalah jantung lainnya. Oleh sebab itu, mulailah untuk membatasi asupan garam dari sekarang.

 

3. Cara Diet Cepat Mengonsumsi Teh Hijau

Cara pertama diet cepat yang bisa kalian terapkan yaitu dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Sudah sejak dulu, teh hijau diyakini dapat menurunkan berat badan secara efektif dan alami. Cara menggunakannya juga mudah. Kalian cukup mengonsumsi teh hijau secara teratur sebelum makan dan pastikan kalian meminumnya tanpa gula ya. Selain bermanfaat menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat memperlancar metabolisme tubuh dan juga mencegah kanker.

 

4. Cara Diet Cepat Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan dengan serat yang tinggi ternyata juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Makanan tinggi serat yang bisa kalian coba ialah kacang-kacangan, sayur, dan juga buah. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, tak hanya menurunkan berat badan namun kalian juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti memperlambat penyerapan gula, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan juga membersihkan saluran pencernaan.

 

5. Cara Diet Cepet Mengurangi Karbohidrat Olahan

Kebanyakan karbohidrat olahan dapat menghilangkan serat hingga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa karbohidrat olahan sendiri meliputi tepung, roti tawar, dan pasta. Cara cepat diet dan tetap mengonsumsi karbohidrat kalian bisa mengubahnya dengan mengonsumsi gandum, kentang. Kalian juga bisa mendapatkan nutrisi yang baik dengan mengonsumsi wortel. Makanan tersebut membuat kalian akan kenyang lebih lama.

 

6. Sarapan Tinggi Protein

Cara diet cepat yang bisa kalian terapkan yakni dengan tidak meninggalkan sarapan. Selain itu ada baiknya kalian memilih menu sarapan yang tinggi protein. Menu tersebut bisa kalian temukan dengan sarapan menggunakan telur dan susu. Sebab, meningkatkan konsumsi protein di pagi hari bisa membantu kalian menghindari keinginan untuk ngemil berlebihan sepanjang hari. Sehingga, program diet kalian akan terus berjalan lancar tanpa tergoda dengan cemilan.

 

7. Cara Diet Cepat dengan Menghindari Makan Lebih dari Jam 6 Sore

Banyak yang bilang jika makan malam akan membuat berat badan kalian bertambah. Hal ini rupanya benar lantaran pada saat malam hari kebanyakan orang sudah tidak beraktifitas sehingga dapat memengaruhi berat badan seseorang. Kalian bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah seperti apel. Namun, jika kalian memang ingin makan malam, maka pastikan untuk tidak langsung tidur setelah makan.

 

8. Cara Diet Cepat Kurangi Porsi Makan

Sesuai dengan keinginan yakni menurunkan berat badan, oleh sebab itu pula dibutuhkan kesadaran pada diri sendiri untuk menahan mengonsumsi makanan berlebih. Kalian bisa mengurangi porsi makan secara perlahan supaya berat badan juga mengalami penurunan. Meski bagi sebagian orang sulit, namun kebiasaan tersebut apabila selalu dilakukan setiap hari, maka tubuh pun akan terbiasa dan adaptasi untuk makan dengan porsi yang sedikit.

 

9. Cara Diet Cepat dengan Menghindari Gula

Menghindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan juga diabetes. Oleh sebab itu, singkirkan semua makanan yang mengandung gula.

 

10. Cara Diet Cepat dengan Berolahraga

Selain diet makanan, cara diet cepat yang bisa kalian lakukan dengan rajin berolahraga secara rutin untuk menjaga agar badan tetap fit. Namun, kalian pun tidak perlu melakukan olahraga berat untuk mencapai berat badan yang ideal. Pasalnya, berolahraga ringan secara rutin pun sudah cukup jika kalian lebih berfokus dalam menurunkan berat badan. Salah satu olahraga ringan yang bisa dicoba adalah berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

 

11. Cara Diet Cepat Mengonsumsi Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Hal ini lantaran jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan kalian turun.

Itulah sederet cara cepat menurunkan berat badan secara alami, sehat, dan ampuh. Perlu diingat, keberhasilan diet menurunkan berat badan tentu dibutuhkan komitmen dan konsistensi dalam diri supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI