11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami, Ampuh dan Nggak Ribet

Rabu, 28 Oktober 2020 16:11 Penulis: Dita Tamara
11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami, Ampuh dan Nggak Ribet
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Keberadaan kutu rambut yang bersarang di kepala memang membuat kesal dan tak nyaman. Selain menimbulkan gatal yang tak tertahankan, kutu rambut juga akan sulit untuk dihilangkan. Kutu rambut sendiri bisa dikatakan sejenis parasit yang menghisap darah di bagian kepala. Selain itu, kutu juga dengan mudah menghasilkan telur yang menempel banyak di rambut.

Tak heran jika seseorang yang memiliki kutu rambut akan menjadi mimpi buruk. Apalagi kutu rambut dengan mudah bisa menular ke orang lain, wajar saja jika banyak orang mengalami kepanikan akan hal ini.

Gejala bagi seseorang yang pada kepalanya dijangkiti kutu rambut adalah timbulnya rasa gatal-gatal di kulit kepala, kuping, dan leher. Rasa gatal ini disebabkan oleh air liur kutu yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit kepala. Agar tidak mengganggu rasa percaya diri dan kenyamanan kalian. Sebaiknya kutu rambut serta telurnya harus dibasmi segera.

Ada sederet cara menghilangkan kutu rambut yang terbukti ampuh mengusir kutu rambut. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut yang pertama bisa dilakukan dengan minyak zaitun. Minyak yang kaya manfaat ini juga menjadi satu solusi paling efektif membasmi kutu rambut. Minyak zaitun juga dapat menjaga kecantikan rambut dan kulit kepala.

Cara menggunakannya, keramas lah terlebih dulu, lalu keringkan rambut dengan handuk bersih. Oleskan minyak zaitun secukupnya ke kulit kepala sembari dipijat. Pakai penutup kepala, diamkan minyak zaitun selama semalaman. Setelah bangun tidur, bilaslah rambut sampai bersih.

2. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga menjadi cara menghilangkan kutu rambut yang terbilang sangat efektif. Kandungan asam lemak jenuh pada minyak kelapa mampu untuk menghilangkan kutu di rambut kalian.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa bisa dilakukan dengan menyiapkan 2 sdm minyak kelapa yang sudah dihangatkan sebentar. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan pijatlah dengan lembut selama kurang lebih 15 menit. Pasang penutup rambut pada kepala hingga semalaman. Setelah bangun tidur, bilaslah rambut sampai bersih.

3. Bawang Putih

Selanjutnya, cara menghilangkan kutu rambut yang efektif dan mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan bawang putih. Hal ini lantaran bawang putih mengandung sulfur yang ampuh untuk membasmi kutu mulai dari batang rambut hingga kulit kepala. Cara menggunakannya, kalian haluskan terlebih dahulu 4-5 bawang putih, lalu oleskan ke kulit kepala. Perlu diingat jika bawang putih menimbulkan efek panas di kepala, oleh sebabnya, jangan menggunakan terlalu banyak.

4. Bawang Merah

Bawang merah yang masih satu keluarga dengan bawang putih juga tak ketinggalan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan mudah. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah yakni dengan menyiapkan bawang merah secukupnya. Lalu haluskan bawang merah dan campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kemiri. Oleskan pada kulit rambut dan beri sedikit pijatan. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Mayonnaise

Siapa sangka jika ternyata mayonnaise bisa menghilangkan kutu di rambut. Ya, mayonnaise juga bisa dimanfaatkan jadi cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.

Cara menghilangkannya, siapkan terlebih dahulu mayonnaise secukupnya. Oleskan pada kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut sampai merata. Setelah itu, gunakan shower cap untuk menutup rambut kalian. Biarkan dulu sekitar 5 sampai 6 jam lalu keramas. Setelah mengeringkan rambut, sisirlah rambut Anda menggunakan sisir serit agar benar-benar bersih.

6. Lemon

Selanjutnya, buah lemon juga termasuk salah satu list untuk menghilangkan kutu di rambut. Lemon memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga bisa memanfaatkannya lemon sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan lebih aman.

Cara menggunakannya, potong 2 buah lemon lalu peras airnya. Sediakan air sebanyak 100 ml. jika sudah, campurkan ke 2 bahan di atas hingga merata. Teteskan cairan tersebut pada kulit kepala lalu pijit-pijit selama 5 sampai 10 menit. Biarkan selama 30 sampai 40 menit lalu keramas hingga bersih.

7. Garam

Bahan alami lainnya yang dapat menghilangkan kutu rambut dengan cepat, yakni garam. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kalian bisa  mencampurkan setengah cup garam dapur dengan setengah cup cuka. Setelah itu, aduk hingga merata dan masukkan ke spray bottle. Semprotkan pada rambut hingga basah. Bungkus kepala dengan shower cap selama kurang lebih dua jam. Setelah selesai, bilas hingga bersih. Ulangi cara tersebut secara rutin supaya kutu cepat hilang.

8. Asam Cuka

Sifat asam dari cuka mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Namun karena sifatnya yang sangat asam, sebaiknya gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan asam cuka bisa dimulai dengan menyediakan 2 sdm cuka, dan 2 sdm minyak kelapa. Setelah itu, campur lah kedua cairan tersebut sampai merata.Oleskan cairan tersebut pada kulit kepala sebelum tidur dan gunakan penutup kepala. Keesokan harinya, bilas rambut kalian dengan keramas yang bersih.

9. Almond

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya dengan menggunakan almond. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian bisa menyiapkan 10 butir almond dan rendam dalam air semalaman. Setelah itu, kupas biji almond, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan tumbukan almond dan jeruk nipis. Usapkan pada kulit kepala dan pijat pelan selama 10 menit. Diamkan selama 2 jam lalu bilas dengan air bersih.

10. Sisir Serit

Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan sisir serit. Kalian bisa dengan mudah menemukan sisir serit di toko yang menjual alat-alat kosmetik. Pilihlah sisir serit yang sempit supaya makin cepat dan efektif dalam menghilangkan kutu beserta telurnya.

Ada baiknya, sebelum menggunakan sisir serit, basahi dulu rambut kalian karena rambut yang basah akan memperlambat gerakan kutu di kulit kepala. Lakukan menyisir rambut dengan sisir secara rutin supaya kutu benar-benar hilang dari kulit kepala kalian.

11. Perasan Lemon

Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah lemon dipercaya dapat membasmi kutu secara cepat. Cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan perasan lemon ke kulit kepala, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, keramas lah seperti biasa sampai kulit kepala bersih.

Nah itulah sederet cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan mudah serta ampuh. Cara di atas harus dilakukan secara rutin sampai kutu rambut benar-benar menghilang. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI