Jangan Sepelekan, Ini 11 Manfaat Tomat yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 28 Oktober 2020 15:44 Penulis: Dhia Amira
Jangan Sepelekan, Ini 11 Manfaat Tomat yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat tomat (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Tomat menjadi salah satu tanaman yang sering digunakan dalam membuat makanan. Bukan hanya diolah saja, nyatanya banyak pula yang suka mengonsumsi tomat secara langsung atau dibuat menjadi minuman dingin. Dan tentu saja manfaat tomat juga banyak loh untuk kesehatan tubuh.

Menjadi tanaman yang populer, nyatanya tomat juga dapat menjadi saus yang mendampingi banyak makanan. Seperti makanan cepat saji, gorengan, hingga pasta. Tak hanya mampu menjadi salah satu penyedap dalam masakan saja, tomat juga mampu memberikan kesehatan untuk tubuh.

Kira-kira apa saja ya manfaat dari tomat tersebut, bila rajin dikonsumsi secara langsung? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung dicek KLovers.

 

1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat tomat yang pertama yaitu dapat mengurangi risiko kanker. Saat ini kanker memang menjadi salah satu penyakit yang berbahaya untuk tubuh dan sangat sulit ditangani. Itulah mengapa mencegah adanya kanker di dalam tubuh adalah hal utama yang bisa kalian lakukan untuk hidup sehat.

Memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang tinggi, membuat tomat dapat mencegah risiko kanker pada tubuh. Dengan komponen antioksidan dan juga vitamin C, tomat dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui dapat menyebabkan kanker di dalam tubuh.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah tomat selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan likopen dalam tomat dinilai efektif menurunkan kadar kolesterol buruk dan membantu menstabilkan jantung.

Dilansir dari Alodokter, nutrisi yang terkandung dalam tomat terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan risiko penyakit jantung, stroke, serta serangan jantung. Terutama pada orang yang mengalami obesitas. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah tomat baik dilakukan agar kesehatan jantung selalu terjaga.

3. Mengatasi Diabetes

Diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang banyak memiliki pantangan dalam makan. Karena bila salah makan atau terlalu banyak mengonsumsi makanan akan membuat gula darah naik. Dan ini merupakan salah satu hal yang tidak baik untuk tubuh, karena gula darah dalam tubuh tidak boleh melebihi batas wajar. Gula darah yang melebihi batas wajar tentu berbahaya bagi tubuh, sehingga kondisi tersebut dapat menimbulkan risiko penyakit diabetes.

Dilansir dari Honestdocs, mengonsumsi buah tomat secara rutin dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tomat mengandung kromium untuk memenuhi asupan yang diperlukan tubuh, sehingga gula darah tidak mengalami peningkatan. Jadi bila kalian penderita diabetes maka dapat mengonsumsi tomat sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

4. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat buah tomat untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi sembelit. Yup! Ternyata tomat bisa mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan loh KLovers. Hal ini karena tomat mengandung air dan serat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi buah tomat setiap hari, maka kalian dapat membantu melancarkan buang air besar serta menurunkan risiko sembelit.

Selain itu, buah tomat juga dikenal dapat mencegah dehidrasi. Seseorang yang terkena sembelit juga bisa diakibatkan karena kurangnya mengonsumsi air putih. Oleh sebab itu, konsumsilah buah tomat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit serta mencegah dehidrasi di dalam tubuh.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya dapat melancarkan pencernaan saja, nyatanya tomat juga bisa memberikan kesehatan untuk mata kalian loh KLovers. Bagi kalian para penderita mata minus, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah tomat agar tingkat keminusan pada mata tidak bertambah.

Itu karena kandungan antioksidan lutein, zeaxanthin dan karotenoid dalam tomat dapat mengurangi gejala mata lelah, serta mengurangi risiko penyakit mata penuaan. Jadi tidak heran bila sayuran yang satu ini dapat menjaga kesehatan mata yang tidak kalah baik dari wortel.

 

6. Menyehatkan Janin Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil memang perlu memperhatikan makanan apa saja yang harus mereka konsumsi, selain untuk menjaga kesehatan, makanan tersebut juga harus menunjang pertumbuhan janin. Saat ini sudah banyak sekali makanan sehat yang dapat memberikan kesehatan untuk ibu serta janin, salah satunya yaitu tomat.

Memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, nyatanya tomat juga dapat membantu perkembangan jantung, otak, paru-paru, dan tulang pada janin loh KLovers. Tidak hanya itu saja, tomat juga nyatanya mampu membantu kelancaran peredaran darah ibu selama hamil. Dan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, ibu hamil disarankan mengonsumsi sekitar 800 mikrogram vitamin A setiap harinya agar kondisi ibu dan juga janin sehat.

 

7. Memperbanyak ASI Bagi Ibu Menyusui

Tidak hanya memberikan nutrisi pada saat ibu hamil saja, nyatanya tomat juga mampu memperbanyak kondisi ASI loh KLovers. Tidak semua ibu memiliki ASI yang banyak serta juga lancar, dan untuk mengatasi hal tersebut maka ada baiknya ibu yang menyusui mengonsumsi tomat.

Kandungan vitamin C pada buah tomat nyatanya bisa menjauhkan tubuh dari radikal bebas. Tak hanya itu saja tomat juga mengandung asam alfa-lipoat, likopen, kolin, beta-karoten, dan lutein yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Tak hanya memberikan ASI dalam jumlah banyak saja, nyatanya tomat juga mampu memberikan produksi ASI yang berkualitas.

 

8. Menjaga Sistem Imun

Sistem imun merupakan salah satu hal yang penting untuk tubuh. Dengan menjaga sistem imun tetap baik, maka kalian bisa membuat tubuh jauh dari penyakit dan radikal bebas. Hal itu karena, buah tomat kaya akan vitamin A yang membantu memperkuat kekebalan tubuh, menyehatkan mata, serta memberikan kesehatan kulit.

Vitamin A memang menjadi salah satu zat yang tinggi akan antioksidan. Jadi tidak heran bila tomat mampu memberikan kesehatan dan memperkuat sistem imun di dalam tubuh. Kalian bisa mengonsumsi tomat secara langsung, atau dibuat jus untuk minuman sehari-hari.

 

9. Menjaga Kekuatan Tulang

Dalam sebuah penelitian, yang dirilis oleh Journal of Bone and Mineral Research mengungkapkan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam buah tomat dapat menurunkan risiko seseorang mengalami patah tulang. Dengan begitu tomat memberikan kekuatan pada tulang sehingga mencegah terjadinya osteoporosis saat lanjut usia, terutama untuk wanita.

Itulah mengapa mengonsumsi buah tomat secara teratur terbukti dapat membantu memelihara tulang agar lebih sehat dan kuat. Kalian bisa mengonsumsi tomat dan lakukan pola hidup sehat agar kekuatan tulang dapat terus terjaga dan terhindar dari penyakit osteoporosis.

 

10. Mengurangi Kerontokan Rambut

Tidak hanya memberikan kesehatan pada tubuh dan organ dalam saja, nyatanya tomat juga mampu mengurangi kerontokan pada rambut loh KLovers. Yup! Rambut rontok memang sangat mengganggu penampilan, hingga membuat seseorang tidak percaya diri. Itulah mengapa menjaga kesehatan rambut adalah hal yang utama, untuk tetap membuat rambut lebat.

Dan untuk mendapatkan rambut sehat dan lebat, kalian bisa kok menggunakan manfaat tomat. Itu karena tomat merupakan buah sekaligus sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk rambut. Tomat kaya vitamin dan mineral yang dapat membasmi ketombe, menguatkan akar rambut, mengatasi rambut rontok, dan membuat rambut tetap lembut dan berkilau.

Caranya cukup mudah kok KLovers, kalian bisa mengonsumsi buah tomat secara langsung atau dijadikan sebagai masker rambut. Kalian hanya perlu menggunakan masker rambut maksimal 2 kali dalam seminggu. Lakukan hal tersebut dengan rutin, agar mendapatkan manfaatnya.

 

11. Memberikan Kesehatan Kulit

Dan manfaat tomat yang terakhir yaitu dapat memberikan kesehatan kulit. Bukan hal yang asing lagi bila buah tomat dapat mengatasi permasalahan kulit, dan membuat kulit lebih sehat. Hal ini karena tomat mengandung antioksidan alami yang bernama likopen.

Dan kandungan likopen ini diketahui dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri paparan sinar ultraviolet. Selain itu kandungan vitamin C yang terkandung dalam tomat juga memiliki fungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, asap, hingga polusi.

Itulah 11 manfaat buah tomat yang baik untuk kesehatan hingga kecantikan tubuh. Tidak hanya menjadi salah satu bahan makanan yang favorit saja, nyatanya tomat juga mampu memberikan kesehatan dan kecantikan pada tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI