8 Penyebab Kanker Tulang dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Rabu, 30 Desember 2020 14:44 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Kanker Tulang dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai
Penyebab kanker tulang (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Mendengar penyakit kanker tentunya menimbulkan rasa kekhawatiran sendiri. Sebab kanker termasuk penyakit kronis yang berisiko tinggi. Kanker dapat terjadi di berbagai organ tubuh salah satunya tulang. Kondisi ini dikenal dengan kanker tulang yang bisa dialami siapa saja tanpa terbatas usia. Penyebab kanker tulang dan gejalanya dapat dikenali dengan beragam faktor pemicu yang perlu diwaspadai.

Kanker tulang terjadi pada area sekitar tulang baik tulang belakang, tulang ekor, tulang punggung, tulang rusuk, ataupun tulang kaki dan tangan. Kondisi ini dimulai dengan perkembangan tumor pada bagian tulang yang terjadi secara abnormal. Tumor tersebut dapat bersifat ganas yang berisiko menyebar ke seluruh tubuh. Akan tetapi kondisi ini ternyata jarang terjadi meski tidak menutup kemungkinan dapat berisiko dialami.

Ada beberapa jenis kanker tulang yang dikenal meliputi osteochondroma, osteoid osteoma, osteoblastoma, dan enchondroma. Nama atau istilah kanker tulang tersebut disesuaikan dengan bagian tulang tubuh yang mengembangkan tumor hingga berisiko kanker tulang. Penyebab kanker tulang dapat dialami karena beberapa faktor pemicu baik genetik ataupun kondisi medis tertentu.

Adapun penyebab kanker tulang terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut penyebab kanker tulang dan gejalanya yang perlu diwaspadai telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Faktor Genetik

Penyebab kanker tulang yang pertama dapat terjadi karena faktor genetik. Seperti diketahui faktor genetik seringkali jadi salah satu pemicu beragam masalah kesehatan tertentu termasuk kanker tulang. Dalam hal ini genetik terkait dengan kanker tulang diketahui diturunkan dari keluarga. Melansir dari mayoclinic.org, faktor genetik seperti sindrom Li-Fraumeni dan retinoblastoma herediter bisa berisiko mengembangkan kanker tulang.

Risiko tersebut akan lebih meningkat jika keluarga memiliki riwayat kanker tulang. Untuk itulah jika memiliki keluarga pernah mengalami riwayat kanker tulang kondisi ini perlu diwaspadai sedini mungkin.

2. Memiliki Riwayat Penyakit Tulang

Penyebab kanker tulang selanjutnya adalah karena sebelumnya pernah memiliki riwayat penyakit tulang. Penyakit tulang yang berpotensi mengembangkan kanker tulang ini salah satunya adalah penyakit tulang paget. Penyakit tulang paget terjadi karena tulang mengalami kerapuhan dan bengkok akibat proses regenerasi.

Penyakit paget biasanya terjadi pada bagian panggul, tulang belakang dan tulang tungkai. Penyakit tulang paget diketahui dapat meningkatkan risiko kanker tulang sebagai dampak lain dari komplikasi penyakit paget.

3. Efek Samping Radiasi

Penyebab kanker tulang lainnya dapat dipicu oleh efek samping radiasi. Seperti diketahui ada sejumlah pengobatan penyakit tertentu yang menggunakan radiasi sebagai salah satu dari terapi pengobatan. Misalnya saja terapi radiasi sel kanker yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Namun melansir dari mayoclinic.org, paparan radiasi dalam jumlah besar bisa berdampak pada kejadian kanker tulang. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mencegah tingkat risiko lebih lanjut terkait dengan penyakit kanker tulang.

4. Pertumbuhan Sel Tidak Normal

Penyebab kanker tulang selanjutnya adalah karena pertumbuhan sel tidak normal. Pertumbuhan sel tidak normal ini seringkali menjadi penyebab utama kejadian kanker di berbagai organ tubuh. Melansir dari healthline.com, sel sehat akan terus membelah untuk menggantikan sel lama yang telah mati. Namun beberapa kondisi sel justru dapat muncul secara abnormal hingga membentuk jaringan yang dikenal dengan tumor.

Tumor tersebut dapat dikenal dengan dua jenis yakni tumor jinak dan tumor ganas. Jika tumor tersebut tumbuh pada area tulang maka memiliki risiko terhadap kejadian kanker tulang terutama dikembangkan oleh tumor ganas.

5. Chondrosarcoma

Penyebab kanker tulang juga bisa terjadi karena faktor tertentu terkait dengan jenis kanker tulang yakni chondrosarcoma. Jenis kanker tulang ini berkembang pada sel tulang rawan yakni seperti lengan atas, bahu, rusuk ataupun panggul. Melansir dari mayoclinic.org, chondrosarcoma seringkali terjadi pada orang di usia dewasa lebih tua atau paruh baya. Terlebih jika sebelumnya pernah memiliki riwayat tumor di tulang rawan juga berisiko memicu terjadinya kanker tulang.

6. Faktor Usia

Penyebab kanker tulang juga dapat terjadi karena faktor usia yang dimiliki seseorang. Meski bisa terjadi pada siapa saja, namun beberapa kategori usia tertentu diketahui berisiko rentan terhadap kanker tulang.

Misalnya saja pada kejadian beberapa jenis kanker tulang yakni osterosarcoma seringkali dialami pada usia kurang dari 20 tahun. Sedangkan pada sarcoma ewing kejadian kanker tulang dialami pada usia antara 10 tahun sampai 20 tahun. Selain itu pada choncrosarcomas dialami pada usia di atas 35 hingga 40 tahun. Serta chordoma pada usia lanjut lebih dari 60 tahun.

7. Riwayat Keluarga

Penyebab kanker tulang selanjutnya adalah karena riwayat keluarga. Dalam hal ini jika kalian memiliki keluarga dengan riwayat kanker tulang, maka hal tersebut mungkin juga berisiko mengalami hal serupa. Untuk itulah jika memiliki keluarga dengan riwayat kanker tulang hal tersebut dapat diwaspadai sedini mungkin untuk mencegah risiko kanker tulang.

8. Faktor Tinggi dan Berat Badan

Melansir dari honestdocs.id, penyebab kanker tulang dapat terjadi karena faktor pemicu seperti tinggi dan berat badan. Misalnya pada seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas mungkin akan lebih berisiko mengembangkan penyakit osteosarcoma yakni salah satu jenis kanker tulang. Begitu pula dengan seseorang yang memiliki tinggi badan tidak sesuai dengan rata-rata usia mereka bisa berisiko terhadap kanker tulang yakni osterosarcoma.

9. Gejala Kanker Tulang

Setelah memahami beberapa penyebab kanker tulang, memahami gejala kanker tulang juga penting untuk mencegah risiko kanker tulang. Adapun gejala kanker tulang sebagaiĀ  berikut dapat dikenali sedini mungkin.

- Sakit pada tulang.

- Nyeri dan bengkak pada area tulang akibat kanker.

- Tulang menjadi lebih rapuh dan lemah.

- Berat badan turun secara tiba-tiba.

- Mengalami demam.

- Keringat di malam hari.

- Rasa lelah.

Nah itulah 8 penyebab kanker tulang dan gejalanya yang perlu diwaspadai. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi kanker tulang sedini mungkin.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI