10 Makanan Penyebab Kanker yang Tak Disadari Tapi Sering Dikonsumsi

Rabu, 30 Desember 2020 12:44 Penulis: Nurul Wahida
10 Makanan Penyebab Kanker yang Tak Disadari Tapi Sering Dikonsumsi
Makanan penyebab kanker (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kanker termasuk penyakit yang memiliki tingkat risiko tinggi serta sejenis penyakit kronis. Kondisi bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk berasal dari asupan makanan tertentu. Makanan penyebab kanker ternyata banyak yang tak disadari akan tetapi sering dikonsumsi.

Secara umum penyebab kanker dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kurang aktivitas fisik, paparan radiasi, kekebalan tubuh rendah, gaya hidup tidak sehat, ataupun faktor genetik yang terjadi pada sel. Berkaitan dengan makanan penyebab kanker, faktor pemicu ini termasuk dalam gaya hidup tidak sehat yang perlu diketahui sedini mungkin.

Sebab beberapa jenis makanan diketahui bisa memicu terjadinya penyakit kanker. Kanker sendiri bisa menyerang berbagai organ tubuh yang biasanya terjadi karena pertumbuhan sel abnormal. Makanan penyebab kanker tersebut sebagian besar mengandung zat yang memicu kanker seperti zat karsinogen ataupun zat kimia lainnya.

Zat karsinogen tersebut bahkan dapat dijumpai pada makanan tertentu yang mungkin pernah atau sering dikonsumsi. Untuk itulah mengetahui makanan penyebab kanker yang tak disadari tapi sering dikonsumsi penting dilakukan agar mencegah penyakit kanker pada tubuh.

Selengkapnya beberapa jenis makanan penyebab kanker yang tak disadari dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Adapun makanan penyebab kanker telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Makanan Olahan Dari Tepung Putih

Makanan penyebab kanker yang tak disadari yang pertama adalah jenis makanan yang diolah dengan tepung putih. Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, sejenis makanan olahan dari tepung putih diketahui memiliki sifat kanker. Sebab makanan tersebut dapat berpengaruh terhadap kadar glukosa dalam darah dan insulin yang menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Dalam hal ini beberapa jenis makanan olahan berbahan tepung putih salah satunya adalah pasta. Sedangkan melansir dari drspar.com, pasta mengandung indeks glikemik yang tinggi hingga berpengaruh terhadap kadar gula darah tubuh. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa orang dengan pola makan indeks glikemik tinggi bisa berisiko lebih besar rentan terhadap kanker paru.

2. Daging Merah

Makanan penyebab kanker yang tak disadari selanjutnya adalah daging merah. Seperti diketahui daging merah seringkali menjadi menu makanan yang cukup banyak dijumpai dalam aneka jenis resep. Namun di balik kenikmatan rasa dari daging merah, makanan ini juga termasuk dapat memicu risiko penyakit kanker. Melansir dari drspar.com, The World Health Organization's International Agency for Research on Cancer, mengungkapkan bahwa daging merah memiliki kemungkinan bersifat karsinogenik bagi tubuh manusia. Hal ini dibuktikan dengan kaitannya antara daging merah dan perkembangan kanker kolorektal.

Terlebih jika daging merah tersebut telah diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti steak ataupun burger maka dapat berisiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus.

3. Keripik Kentang

Makanan penyebab kanker yang tak disadari juga dapat berasal dari keripik kentang. Tentunya keripik kentang termasuk jenis makanan yang pernah atau bahkan sering dikonsumsi sebagai camilan disela-sela makan besar. Sayangnya di balik rasanya yang enak tersebut, keripik kentang dapat berdampak pada kondisi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan risiko kanker pada tubuh. Melansir dari berbagai sumber biasanya keripik kentang biasanya disertai dengan beberapa jenis zat perasa yang mengandung garam dan lemak jenuh. Di mana zat tersebut bisa memicu terjadinya risiko kanker.

Melansir dari drspar.com, bahan kimia bernama akrilmida seringkali dapat terbentuk pada makanan yang diproses dengan suhu tinggi seperti kentang. Bahan ini juga diketahui ditemukan pada rokok yang menjadikan jenis makanan ini bisa berisiko tinggi terhadap risiko kanker.

4. Makanan Mengandung Gula Buatan

Makanan penyebab kanker yang tak disadari selanjutnya adalah makanan mengandung gula. Gula memang menjadi bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai jenis resep olahan. Namun konsumsi gula berlebihan justru bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh salah satunya memicu terjadinya risiko kanker. Terlebih jika makanan tersebut mengandung gula buatan sebagai pemanis yang bisa berisiko tinggi terhadap kejadian penyakit kanker.

Melansir dari drspar.com, penelitian tahun 1931 menemukan bahwa gula berkontribusi mengembangkan tumor. Hal inilah yang juga bisa menyebabkan kemungkinan kanker dapat berisiko tinggi dialami. Selain itu dalam pemanis buatan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas ataupun diabetes.

5. Alkohol

Kandungan zat dalam alkohol jika dikonsumsi berlebihan diketahui dapat menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya saja gangguan tidur, penyakit hati, ataupun gangguan pernapasan. Lebih parahnya lagi, alkohol juga bisa menyebabkan risiko penyakit kanker dialami. Berkaitan dengan kejadian kanker, konsumsi alkohol berlebihan diketahui bisa memicu terjadinya kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker hati, usus besar, rektum serta payudara. Untuk itulah membatasi bahkan menghindari konsumsi alkohol berlebihan bisa dilakukan agar terhindar dari beragam masalah kesehatan tertentu.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab kanker yang tak disadari tapi sering dikonsumsi selanjutnya adalah sejenis makanan cepat saji. Seperti diketahui makanan cepat saji memang terasa lebih praktis dan simple untuk dikonsumsi terlebih jika memiliki waktu yang padat. Akan tetapi makanan cepat saji sebagian besar mengandung lemak dan gula tinggi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Salah satunya dapat memicu risiko kanker dalam tubuh karena termasuk makanan karsinogenik. Dampak lainnya dari makanan cepat saji juga meliputi seperti berat badan berlebih bahkan kolesterol.

7. Popcorn

Makanan penyebab kanker yang tak disadari tapi mengejutkan lainnya adalah popcorn. Popcorn termasuk camilan ringan yang sering dijumpai saat nonton bioskop. Tapi ternyata di balik rasanya yang nikmat, rupanya popcorn dikaitkan dengan risiko penyebab kanker. Hal ini terjadi karena popcorn microwave dilapisi dengan bahan kimia yang teruarai untuk menghasilkan asam perfluorooctanoic (PFOA).

Melansir dari drspar.com, PFOA memiliki hubungan dengan peningkatan risiko kanker hati, prostat dan lain sebagainya. Selain itu bahan kimia dapat popcorn sebagai perasa atau pengembang juga berpotensi menyebabkan kerusakan paru-paru.

8. Makanan Kaleng

Makanan penyebab kanker yang tak disadari juga dapat berasal dari sejenis makanan kaleng. Makanan kaleng diketahui mengandung zat kimia yang dapat berkontribusi terhadap kejadian risiko kanker. Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, makanan kaleng dilapisi dengan BPA sejenis bahan kimia yang dapat berpengaruh terhadap hormon serta terkait dengan risiko kanker. Untuk itulah membatasi bahkan menghindari konsumsi makanan kaleng bisa menjadi pilihan mencegah gangguan kesehatan tertentu yang berisiko terjadi.

9. Makanan Mengandung Garam dan Olahan Tertentu

Makanan penyebab kanker yang jarang disadari bisa dialami karena konsumsi makanan mengandung banyak garam dengan proses olahan tertentu. Misalnya saja makanan yang diasapi seperti daging ternyata mengandung tar serta memiliki zat pengawet nitrat. Di mana makanan tinggi garam serta diproses dengan diasapi dikaitkan dengan kanker kolorektal.

10. Minuman Soda

Minuman bersoda sangat mudah dijumpai di berbagai gerai toko dengan beragam rasa yang menggugah selera. Akan tetapi minuman bersoda dikaitkan dengan makanan penyebab kanker. Kondisi ini terjadi karena soda mengandung kalori, gula dan bahan buatan lainnya yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Konsumsi soda berlebih dapat memicu terjadinya risiko kanker karena soda tidak memiliki nilai gizi tinggi seperti pada jenis makanan dan minuman lainnya. Untuk itu membatasi atau bahkan menghindari konsumsi soda bisa menjadi pilihan mencegah gangguan kesehatan tertentu termasuk risiko kanker.

Nah itulah 10 makanan penyebab kanker yang tak disadari tapi sering dikonsumsi. Meski begitu untuk mengetahui secara pasti penyebab kanker pemeriksaan lebih lanjut dapat dipertimbangkan.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI