8 Syarat Menjadi Imam Sholat Berjamaah Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya

Selasa, 10 Agustus 2021 11:33
8 Syarat Menjadi Imam Sholat Berjamaah Lengkap dengan Hukum dan Keutamaannya
Ilustrasi (credit: shutterstock.com)


Kapanlagi Plus - Dalam sejumlah riwayat disebutkan bahwa melaksanakan sholat berjamaah memiliki pahala yang berlipat ganda yakni 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendiri. Sholat berjamaah terdiri dari imam sholat dan makmum. Namun ada sejumlah syarat menjadi imam sholat yang perlu diketahui dan dipenuhi.

Imam sholat lebih diutamakan adalah seorang laki-laki. Sedangkan haram hukumnya atau tidak sah apabila seorang perempuan menjadi imam sholat bagi kaum laki-laki seperti terdapat dalam sejumlah riwayat dan pendapat para jumhur ulama.

Meski syarat imam sholat lebih diutamakan bagi seorang laki-laki, namun ada beberapa ketentuanya lainnya yang perlu dipenuhi seperti kemampuan pemahaman agama, sudah baligh ataupun berakal sehat. Terpenuhinya syarat menjadi imam sholat berjamaah tersebut tentunya bisa menyempurnakan ibadah yang dijalankan.

Lalu apa saja syarat menjadi imam sholat?

Ada beberapa syarat imam sholat berjamaah yang perlu diketahui terutama bagi kaum Adam. Sehingga dengan memahami syarat menjadi imam sholat buat kaum Adam bisa jadi bekal kelak nanti saat mereka membangun rumah tangga dengan pasangan. Berikut ulasannya tentang syarat menjadi imam sholat berjamaah lengkap dengan hukum dan keutamaannya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Hukum Menjadi Imam Sholat Berjamaah

Sebelum mengetahui syarat menjadi imam sholat berjamaah, terlebih dahulu perlu memahami apa hukum imam sholat berjamaah? Sholat sendiri termasuk rukun Islam kedua bagi umat muslim. Sebab itulah umat muslim dianjurkan melaksanakan sholat wajib lima waktu sesuai dengan tuntunan agama.

Menunaikan ibadah sholat dapat dilaksanakan secara berjamaah ataupun sendiri. Namun memang akan lebih utama dan afdhal jika kita melaksanakan sholat secara berjamaah sebab pahalnya lebih berlipat ganda.

- Hukum Sholat Berjamaah

Hukum sholat berjamaah fardhu kifayah jika sudah ada yang mengerjakan sholat berjamaah. Sehingga gugur kewajiban orang lain untuk mengerjakannya. Sedangkan hukumnya bisa jadi fardhu ain pada sholat Jumat apabila tidak dilakukan secara berjamaah.

- Hukum Jika Perempuan Jadi Imam Sholat

Jika salah satu syarat imam sholat adalah lebih utama laki-laki lalu bagaimana hukumnya dengan imam sholat perempuan? Dalam sebuah riwayat dijelaskan haram hukumnya atau tidak sah apabila seorang perempuan menjadi imam bagi kaum laki-laki. Sedangkan mubah atau boleh jika seorang perempuan menjadi imam sholat bagi jamaah perempuan lainnya.

"Jika perempuan menjadi imam untuk laki-laki dewasa, perempuan dan anak laki-laki, sholat perempuan dalam sholat berjamaah itu sah. Sedangkan sholat laki-laki dan anak laki-laki tidaklah sah dikarenakan Allah menjadikan laki-laki sebagai imam bagi perempuan, juga laki-laki adalah wali bagi perempuan."

- Hukum Jika Imam Sholat Berjamaah Tidak Disukai Banyak Orang

Selain hukum perempuan menjadi imam sholat, ada juga kondisi ketika seorang imam sholat ternyata banyak tidak disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Nah, melansir dari laman Nu Online, apabila imam sholat berjamaah tidak disukai banyak orang berdasarkan kitab fiqih madzhab Syafi'i hukumnya adalah makruh. Abu Ishaq As-Syirazi, Al-Muhadzdzab fi Fiqhil Imamis Syafi'I, juz II menjelaskan tentang hal ini yang berbunyi,

"Karenanya apabila orang tersebut tidak disukai oleh sedikit orang maka ia tidak makruh menjadi imam mereka, karena tidak ada seorang pun yang semua orang menyukainya,"

Sedangkan hukum makruh tersebut diketahui tidak berlaku untuk makmum yang diimaminya. Itulah dua hal tentang hukum menjadi imam sholat berjamaah yang seringkali kita jumpai.

 

 

2. Syarat Imam Sholat Berjamaah

Sejumlah riwayat menyebutkan tentang syarat menjadi imam sholat berjamaah yang harus dipenuhi. Sehingga dengan terpenuhi syarat tersebut tentunya diharapkan ibadah yang dijalankan dapat lebih sempurna. Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

"Jika para imam yang shalat dengan kalian itu benar maka pahala bagi kalian semua, akan tetapi jika mereka melakukan kesalahan, bagi kalian pahalanya, kesalahannya hanya ditanggung oleh para imam tersebut."

Sedangkan syarat menjadi imam sholat berjamaah dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Imam Sholat Harus Beragama Islam

Syarat menjadi imam sholat berjamaah yang pertama adalah harus beragam Islam. Syarat ini tentunya menjadi syarat paling utama yang harus dipenuhi seorang imam sholat. Tentang syarat imam harus beragama Islam telah dijelaskan Imam Syafi'I dalam kitab al-Muhtaaj yang berbunyi:

"Jika diketahui dengan jelas bahwa seorang imam itu kafir atau dari jenis perempuan, maka wajib untuk mengulang sholatnya."

2. Berakal Sehat

Syarat imam sholat berikutnya haruslah berakal sehat. Berakal sehat artinya imam sholat tidak gila, mabuk, ataupun memiliki gangguan kejiwaan. Sebab itulah seorang imam harus benar-benar dalam keadaan sehat jiwa lahir dan batinnya.

3. Sudah Baligh

Baligh artinya seseorang yang sudah dewasa. Ini juga termasuk dalam syarat imam sholat berjamaah yang perlu dipenuhi seorang imam. Untuk itulah seorang anak kecil belum bisa menjadi imam sholat sebab dikhawatirkan tidak sah sholatnya.

4. Seorang Laki-Laki

Syarat menjadi imam sholat berjamaah berikutnya adalah imam sholat diutamakan adalah seorang laki-laki. Sebab laki-laki adalah pemimpin bagi perempuan sesuai apabila didasarkan pada Q.S An-Nisaa' ayat 34. Sedangkan perempuan bisa diperbolehkan menjadi imam untuk jamaah perempuan lainnya.

5. Suci Hadast Besar dan Kecil

Suci dari hadast besar dan kecil juga termasuk dalam salah satu syarat imam sholat berjamaah. Sebab itulah hendaknya seorang imam memastikan tidak terkena hadast besar ataupun kecil saat menjalankan sholat berjamaah. Begitu pula bagi makmum sholat berjamaah.

6. Mampu Memahami Bacaan Sholat, Bacaan Al-Qur'an dan Rukun Sholat

Syarat imam sholat berikutnya adalah memiliki pemahaman tentang bacaan sholat dan rukun sholat. Hal ini amat penting diketahui imam agar menyempurnakan pahala ibadah sholat berjamaah. Maksudnya adalah imam sebaiknya memahami bacaan Al-Quran begitu pula rukun-rukun sholat. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Yang (berhak) menjadi imam (suatu) kaum, ialah yang paling pandai membaca Kitabullah. Jika mereka dalam bacaan sama, maka yang lebih mengetahui tentang sunnah. Jika mereka dalam sunnah sama, maka yang lebih dahulu hijrah. Jika mereka dalam hijrah sama, maka yang lebih dahulu masuk Islam (dalam riwayat lain: umur). Dan janganlah seseorang menjadi imam terhadap yang lain di tempat kekuasaannya (dalam riwayat lain: di rumahnya). Dan janganlah duduk di tempat duduknya, kecuali seizinnya."

 

 

3. Syarat Menjadi Imam Sholat

Syarat menjadi imam sholat berikutnya adalah tidak menjadi makmum, lebih diutamakan yang berusia tua, serta tidak sedang melakukan perjalanan jauh atau disebut musafir. Berikut ulasannya tentang syarat menjadi imam sholat.

7.Tidak Sedang Menjadi Makmum

Syarat menjadi imam sholat selanjutnya adalah tidak sedang menjadi makmum sholat. Artinya, tidak sedang menjadi makmum dari imam sholat lainnya.

7. Diutamakan yang Berusia Lebih Tua

 Syarat imam sholat berikutnya diutamakan yang berusia lebih tua. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Shalatlah kamu sekalian sebagaimana kamu sekalian melihat aku melakukan shalat. Hendaklah salah seorang dari kamu melakukan adzan untuk kamu sekalian, dan hendaklah orang yang paling tua di antara kamu mengimami kamu sekalian."

8. Bukan Seorang Musafir

Musafir artinya seseorang yang tengah menempuh perjalanan jauh. Namun makna imam sholat berjamaah di sini lebih diutamakan bagi seorang muslim yang tinggal di wilayah tersebut atau bukan seseorang yang tengah menempuh suatu perjalanan.

 

 

4. Keutamaan Sholat Berjamaah

Setelah mengetahui syarat menjadi imam sholat serta hukum sholat berjamaah, maka dari beberapa keutamaan sholat berjamaah. Berikut keutamaan sholat berjamaah yang begitu luar biasa.

- Pahala sholat berjamaah berlipat ganda yakni sebanyak 27 derajat dibanding sholat sendiri.

- Mengangkat derajat seorang yang berjuang di jalan Allah SWT termasuk dengan melaksanakan sholat berjamaah.

- Jaminan mendapatkan surga oleh Allah SWT.

- Mendapatkan nikmat rezeki dari Allah SWT.

Beberapa penjelasan tentang syarat imam sholat, hukum sholat berjamaah dan keutamaannya sudah jelas bahwa ada catatan penting yang perlu diketahui dalam pelaksanaan sholat berjamaah. Dalam hal ini jika menjadi imam, maka perlu memenuhi beberapa syarat imam sholat agar ibadah yang dijalankan lebih sempurna dan pahala yang diperoleh lebih utuh.

Sumber: merdeka.com, brilio.net, NU Online, orami.co.id

 

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI