9 Makanan Kaya Vitamin, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh - Terbaik Cegah Penyakit

Rabu, 18 Maret 2020 16:44 Penulis: Galuh Esti Nugraini
9 Makanan Kaya Vitamin, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh - Terbaik Cegah Penyakit
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kesehatan memang perlu untuk dijaga. Apalagi di situasi seperti ini, dimana virus corona atau covid-19 tengah mewabah tak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Untuk itu, kita pun perlu menjaga diri dengan baik agar tak ikut terserang virus tersebut.

Hal yang perlu dilakukan yakni menjaga kebersihan diri dan tetap menjaga sistem kekebalan tubuh. Perlu diketahui jika miliki daya tahan tubuh yang baik, tentu akan melindungi diri kita dari infeksi bakteri dan virus.

Daya tahan tubuh seseorang juga berbeda, meski begitu bisa juga ditingkatkan dengan sering memakan dan minuman yang kaya akan vitamin. Kalian bisa membeli berbagai jenis vitamin di apotek. Namun kalian juga bisa dapatkan vitamin secara alami. Dari mana saja itu?

1. Yogurt

Makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh lainnya yaitu yogurt. Karena ternyata yogurt ini miliki kandungan B12, B kompleks dan juga zat besi yang baik untuk tubuh.

Tak lupa, ada pula kandungan lain yang tak bisa disepelekan dari yogurt ini. Apa itu? Yogurt juga miliki kandungan zink.

Zink ini merupakan mineral penting yang terlibat dalam memproduksi sel-sel kekebalan tertentu. Zink atau mineral ini juga bisa didapatkan jika kalian mengonsumsi tiram, kismis, dan buncis.

2. Bayam

Tak perlu merasa kesulitan untuk mencari berbagai makanan yang kaya akan vitamin. Sering-seringlah kalian mengonsumsi berbagai buah dan sayuran. Bukan tanpa alasan karena berbagai jenis buah dan sayuran miliki kandungan vitamin yang baik tubuh.

Seperti halnya bayam, tak hanya kaya akan vitamin c tapi juga punya kandungan antioksidan dan beta-karoten yang ampuh lawan infeksi. Manfaat lainnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, karena bayam juga miliki kandungan vitamin A dan B kompleks.

3. Bawang Putih

Siapa diantara kalian yang suka dengan bawang putih? Ternyata bawang putih juga miliki banyak khasiat karena kandungan di dalamnya. Apalagi bawang mengandung vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, mangan, dan juga kalium.

4. Brokoli

Vitamin daya tahan tubuh berikutnya terdapat pada sayuran brokoli. Memang sayuran satu ini kaya akan gizi. Pasalnya banyak mengandung vitamin C, vitamin K, hingga asam folat yang berguna untuk memproduksi sel darah merah.

Mengonsumsi brokoli sendiri juga tidak susah. Ada banyak cara untuk mengonsumsinya, mulai dengan merebus, mengukus langsung, hingga dicampur dengan bahan makanan lainnya untuk dijadikan sup.

5. Buah-Buahan Mengandung Vitamin C

Seperti yang diketahui jika tak hanya sayuran saja namun buah juga banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, anggur punya kandungan vitamin c yang besar.

Vitamin c dalam tubuh juga punya peran penting untuk mendorong kekebalan tubuh terbesar. Vitamin c juga mengandung aktioksidan yang miliki peran menangkal radikal bebas, sejenis molekul yang tidak stabil dan dikenal merusak sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, sering-seringlah kalian mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin c. Ditambah lagi, karena ternyata tubuh juga tidak bisa memproduksi vitamin c sendiri dan menyimpannya.

6. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Berbagai makanan yang tergolong dalam kacang-kacangan dan biji-bijian juga punya peran penting dalam tubuh. Hal ini karena kandungan vitamin B6 yang mendukung proses biokimia dalam sistem imun.

Di samping itu ada pula kandungan vitamin E yang kaya akan antioksidan dan merupakan elemen utama dalam sistem imun untuk melawan radikal bebas dan penyakit.

Salah satunya kalian pun bisa mengonsumsi kuaci. Meski bentuknya kecil dan biasanya hanya dijadikan cemilan, ternyata kuaci kaya manfaat.

7. Makanan Mengandung Zink

National Institutes of Health (NIH) mengungkap jika kadar zink dalam tubuh hanya sedikit akan berakibat merusak kekebalan dalam tubuh. Bahkan zink juga dapat membantu melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Maka dari itu, zink atau mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kalian pun bisa mendapat zink ini dari berbagai makanan yang ada di sekitar kalian. Sebut saja tiram, kacang panggang, kacang mete, kismis, dan buncis.

8. Mengandung Karotenoid

Karetenoid juga mudah didapat dalam sejumlah tanaman. Jika karetonoid ini di konsumsi nantinya akan dikonversi menjadi vitamin A yang menjadi nutrisi menjaga kekebalan tubuh.

Karetenoid merupakan kelas pigmen yang mana jenis lain dari antioksidan. Kalian pun bisa mendapat karetenoid ini dalam wortel, apricot, kubis, mangga, dan juga pepaya.

9. Ikan-Ikanan

Sudah tak diragukan lagi jika berbagai jenis ikan mengandung omega 3, yang dikenal sebagai penekan peradangan hingga menjaga kekebalan tubuh.

Buat meningkatkan daya tubuh, kalian sebaiknya juga mengonsumsi makanan kaya omega 3 ini. Bisa juga dengan yang sudah menjadi olahan, seperti makarel, salmon, tuna, sarden.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI