9 Cara Menjaga Kesehatan Mental dengan Mudah, Mulai dari Diri Sendiri

Rabu, 18 Maret 2020 15:22 Penulis: Puput Saputro
9 Cara Menjaga Kesehatan Mental dengan Mudah, Mulai dari Diri Sendiri
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Bicara soal masalah kesehatan memang tidak akan ada habisnya. Sebab kesehatan memang menjadi salah satu hal terpenting yang harus dijaga setiap orang. Oleh karena itu, berbagai cara menjaga kesehatan banyak dilakukan dan tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja, melainkan juga kesehatan mental.

Malahan, belakangan ini isu tentang kesehatan mental semakin sering dibicarakan. Menjaga kesehatan mental sangat berbeda dengan menjaga kesehatan fisik. Sebab, kesehatan mental sangat erat kaitannya dengan keadaan psikis dan jiwa seseorang.

Maka dari itu perlakuannya tentu akan berbeda dengan menjaga kesehatan secara fisik pada umumnya. Karena berhubungan dengan jiwa atau psikis, maka prinsip mendasar agar mental tetap sehat adalah dengan membuat diri kita tetap hidup tenang tanpa tekanan.

Namun, secara lebih detail ada beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan agar kita tidak mudah stres. Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan agar kesehatan mental kita tetap terjaga.

1. Merenungi Hal-Hal Positif

Terganggunya kesehatan mental salah satunya bisa diakibatkan karena stres berlebih. Setiap orang pasti pernah yang namanya stres. Pemicu stres juga bisa bermacam-macam, bisa tekanan dari dalam diri sendiri, maupun tekanan dari orang lain.

Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan merenung. Cara paling mudah dengan merenungi hal-hal positif dan melakukan dialog dengan diri sendiri.

Namun, jangan sampai salah merenung. Pastikan hal-hal yang kamu renungkan adalah hal-hal yang bisa membangkitkan energi positif, seperti rasa syukur dan rasa percaya diri. Kamu bisa mulai dengan merenungi hal-hal yang sudah didapat atau dicapai selama ini. Dengan begitu, kamu akan lebih mensyukuri hidup dan lebih percaya diri akan adanya hal-hal baik di masa depan.

2. Meditasi

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa bermeditasi bisa menjadi satu cara menjaga kesehatan mental. Hal ini karena, saat melakukan meditasi, jiwa dan pikiran akan menjadi lebih tenang. Untuk mengatasi stres pemicu gangguan kesehatan mental, sebaiknya meditasi dilakukan secara rutin kira-kira 30 menit dalam sehari.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan meditasi adalah sebelum tidur. Selain itu, kita juga bisa mengisi meditasi dengan doa-doa yang menenangkan.

3. Selesaikan Masalah Satu-Satu

Permasalahan yang menumpuk juga bisa menjadi pemicu stres. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi stres, sekaligus sebagai cara menjaga kesehatan mental adalah dengan menyelesaikan permasalahan tersebut satu per satu.

Untuk melakukan hal itu, pertama-tama petakan terlebih dahulu permasalahan-permasalahan yang datang secara bersamaan. Setelah itu, buatlah skala prioritas.

Kamu bisa membuat skala berdasarkan tingkat urgensi atau tingkat kemudahan masalah untuk diselesaikan. Setelah itu, fokuslah untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut satu per satu.

4. Bercerita Jujur pada Orang Lain

Saat dalam keadaan stres atau tertekan, jangan segan untuk bercerita pada orang lain. Bercerita jujur terkait permasalahanmu pada orang lain bisa menjadi cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan mentalmu.

Namun, hal ini tentu tidak akan mudah bagi sosok yang tertutup pada orang lain. Jika begitu, kamu bisa mulai bercerita dengan orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Carilah sosok yang bisa kamu percaya. Pastikan pula sosok teman berceritamu itu adalah orang yang bisa memberi energi positif, bukan sosok yang justru hanya menghakimimu.

5. Melakukan Hobi

Menjaga kesehatan mental ternyata juga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan melakukan hobi atau kegiatan yang disukai. Saat melakukan hal-hal yang disenangi, kita akan mendapatkan energi yang positif karena perasaan yang gembira.

6. Olahraga

Ternyata, olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja. Berolahraga secara rutin juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan mental.

Dilansir dari halodoc.com, saat kita berolahraga, hormon endorfin yang berfungsi membangkitkan rasa gembira akan aktif. Dampaknya, selain membuat merasa segar dan sehat bugar, kita juga akan jadi merasa lebih bahagia selepas berolahraga. Dengan begitu, berarti dengan berolah raga secara rutin kita akan lebih terhindar dari stres dan depresi.

7. Istirahat yang Cukup

Selain berolahraga, ternyata dengan beristirahat secara cukup juga bisa membuat kita lebih sehat secara mental. Pola tidur yang tidak teratur akan mempengaruhi suasana hati saat melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya itu, kurang tidur juga akan membuat produktivitas kerja kita terganggu.

Dampaknya, pekerjaan tidak selesai dan menumpuk, kemudian bisa menyebabkan tekanan atau stres. Oleh karena itu, sebaiknya kita bisa menjaga pola tidur agar lebih teratur. Selain itu, sebaiknya kita juga memenuhi kebutuhan tidur secara cukup, yaitu 7-8 jam per hari.

8. Memakan Makanan Bergizi dan Enak

Cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah dengan memilih atau mengatur menu makan kita. Untuk menjaga kesehatan mental, kita tidak hanya perlu memakan makanan yang bergizi. Selain bergizi, jenis makanan yang kita makan sebaiknya adalah makanan yang enak dan kita sukai.

Sejumlah nutrisi pada jenis makanan tertentu seperti buah-buahan dan sayuran juga dipercaya dapat membuat perasaan kita lebih membaik. Pilihlah menu makanan dengan kandungan gizi omega 3 tinggi, seperti kacang-kacangan, ikan, labu dan sebagainya. Jenis makanan yang kaya akan omega 3 tersebut dipercaya baik untuk meningkatkan suasana hati.

9. Jangan Segan Berkonsultasi ke Psikolog

Jika kamu sudah merasa kesulitan mengatasi berbagai permasalahan yang mengganggu mentalmu, maka jangan segan-segan untuk pergi ke psikolog. Sebab bagaimana pun, permasalahan kesehatan mental bukan merupakan hal yang bisa dianggap sepele. Sehingga, pada situasi tertentu kamu akan tetap membutuhkan bantuan profesional dalam hal ini.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI