9 Hal Penyebab Kulit Kering dan Cara Melembabkan Secara Alami

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

9 Hal Penyebab Kulit Kering dan Cara Melembabkan Secara Alami
Penyebab kulit kering (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Kulit kering dapat ditandai dengan beberapa kondisi seperti kasar, bersisik, gatal serta terlihat kusam. Penyebab kulit kering sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor pemicu yang sebagian besar tak disadari berasal dari kebiasaan sehari-hari.

Kulit kering merupakan salah satu jenis masalah pada kulit yang pernah dirasakan setiap orang. Biasanya kondisi ini lebih sering dialami pada saat udara dingin ataupun lembab yang memicu kulit terasa kering. Namun selain faktor udara, penyebab kulit kering bisa terjadi karena masalah lain terutama berasal dari kebiasaan harian.

Jenis kulit kering sendiri bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan diantaranya mudah terkelupas, terlihat kusam, pecah-pecah, bersisik, bahkan peradangan pada kulit seperti dermatitis. Untuk itulah memahami penyebab kulit kering perlu diketahui sedini mungkin untuk mengetahui cara mengatasi dan melembabkan.

Cara mengatasi kulit kering biasanya dilakukan untuk mengembalikan kelembaban alaminya. Perawatan kulit kering tersebut bisa menggunakan beragam bahan alami yang mudah untuk dipraktikkan. Namun sebelum mengetahui cara melembabkan kulit kering, memahami penyebab kulit terasa kering bisa membantu kalian mengenali tanda-tanda masalah pada kulit.

Adapun penyebab kulit kering dan cara melembabkan dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut ini penyebab kulit kering yang dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pakai Sabun yang Tidak Sesuai

Penyebab kulit kering yang pertama dapat terjadi karena menggunakan sabun yang tidak sesuai. Efek dari penggunaan sabun ini diketahui bisa menghilangkan kelembaban pada kulit hingga memicu terjadinya kulit terasa kering.

Melansir dari everydayhealth.com, sejumlah jenis sabun diketahui bisa mengurangi kelembaban pada kulit. Untuk itulah kehati-hatian dalam menentukan sabun yang digunakan baik sabun cuci muka, sabun mandi, ataupun sabun detergen perlu dilakukan agar mencegah masalah pada kulit kering.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cuaca Dingin

Penyebab kulit kering yang umum selanjutnya adalah karena faktor cuaca dingin. Penyebab ini merupakan penyebab umum yang biasanya dialami setiap orang. Sebab ketika musim dingin atau suhu udara dingin diketahui  bisa menghilangkan kelembapan pada kulit hingga memicu terjadinya kulit kering. Kondisi ini sering dialami oleh seseorang yang menetap pada lokasi dengan cuaca dingin seperti pegunungan.

3. Iritasi Pada Kulit

Iritasi pada kulit bisa juga memicu terjadinya kulit kering. Iritasi ini dapat terjadi karena beberapa faktor pemicu mulai dari penggunaan produk perawatan kecantikan yang mengandung bahan pewangi. Melansir dari everydayhealth.com, iritasi kulit karena produk wangi-wangian ini cenderung bisa menyebabkan kulit kering.

Kondisi ini juga bisa memicu terjadinya alergi serta masalah lainnya yang merupakan reaksi umum pada kulit. Akan tetapi biasanya efek dari produk kecantikan tersebut akan timbul dalam jangka waktu tertentu dan panjang.

4. Faktor Genetika

Penyebab kulit kering selanjutnya berasal dari faktor genetika. Seperti diketahui faktor genetik seringkali menjadi penyebab terjadinya gangguan kesehatan tertentu termasuk masalah pada kulit kering. Melansir dari everydayhealth.com, faktor genetik bisa memicu terjadinya kulit kering jika memiliki anggota keluarga yang sebelumnya mengalami hal serupa.

Sehingga peluang untuk mengembangkan kulit kering juga meningkat. Salah satunya adalah gangguan pada kulit seperti dermatitis atopik yang umum terjadi. Untuk mengatasinya memakai pelembab kulit diperlukan guna mencegah masalah kulit kering.

5. Udara Panas

Tak hanya udara dingin, kondisi udara yang panas juga bisa menjadi penyebab kulit kering. Kondisi ini terjadi karena udara panas bisa mengurangi kelembapan pada kulit bahkan membuat kulit terasa kering. Di mana udara panas tak sekedar terjadi karena faktor cuaca melainkan juga dapat bersumber dari alat pemanas ruangan ataupun tungku pembakaran yang memicu terjadi kulit kering.

6. Mencuci Muka Terlalu Sering

Kebiasaan mencuci muka terlalu sering ternyata juga berpotensi menyebabkan masalah kulit terasa kering. Meski cuci muka sangat penting dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran pada wajah, sayangnya kebiasaan sering melakukan cuci muka justru berpotensi menimbulkan beberapa dampak bagi kesehatan seperti kulit kering.

Sebab kondisi ini dapat mengurangi kadar minyak alami pada kulit wajah dan memicu terjadinya kulit terasa kering. Sehingga menyeimbangkan kebiasaan cuci muka dalam waktu tepat perlu dilakukan untuk menghindari masalah kulit kering.

7. Pekerjaan Tertentu

Sejumlah pekerjaan tertentu yang cenderung sering mencuci tangan juga bisa menjadi penyebab terjadinya kulit kering. Sama seperti pembahasan sebelumnya, terlalu sering mencuci tangan juga bisa menyebabkan kulit kering. Melansir dari everydayhealth.com, beberapa jenis pekerjaan seperti penata rambut, penyedia layanan kesehatan atau jenis pekerjaan lain yang cenderung membuat mereka sering mencuci tangan dapat menjadi penyebab kulit terasa kering.

8. Sering Menggosok Kulit

Keseringan menggosok kulit ternyata juga bisa menjadi pemicu terjadinya kulit kering. Hal ini terjadi karena kebiasaan menggosok kulit menggunakan alat penggosok seperti batu, spon ataupun flannel berpotensi menyebabkan kulit terasa kering.

Meski memberi dampak baik untuk membersihkan kulit dari beragam kotoran, namun keseringan melakukan aktivitas ini juga menimbulkan efek lebih lanjut. Sehingga pastikan agar kalian melakukan eksofoliasi secara seimbang dengan waktu yang tepat.

9. Usia

Faktor usia yang lebih tua diketahui cenderung rentan mengembangkan risiko mengalami kulit kering. Penyebab kulit kering karena faktor usia ini terjadi karena semakin bertambah usia seseorang, maka pori-pori mereka secara alami menghasilkan lebih sedikit minyak. Hal inilah yang dapat berisiko membuat seseorang di usia lebih tua kehilangan kelembapan dan memicu terjadinya kulit kering.

10. Cara Melembabkan Kulit Kering

Beberapa cara melembabkan kulit kering seperti terdapat dalam beberapa poin di bawah ini juga bisa menjadi referensi mudah dan sederhana. Adapun cara melembabkan kulit kering tersebut sebagai berikut dapat membantu mengatasi kulit yang kering.

- Hindari menggunakan air panas untuk mandi.

- Mandi secara cukup dua kali sehari agar tidak berlebihan.

- Menggunakan sabun pelembab yang lembut untuk mandi yang sesuai.

- Hindari menggosok kulit kering untuk mencegah risiko ruam ataupun luka.

- Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

- Menggunakan pelembab setelah mandi ataupun cuci muka.

- Menggunakan humidifier untuk ruangan di rumah.

Nah itulah 9 penyebab kulit kering dan cara melembabkannya secara alami dan mudah. Konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter bisa menjadi pertimbangan untuk mengatasi masalah kulit kering.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending