9 Jenis-jenis Rumput untuk Pekarangan Rumah, Bikin Suasana Asri

Kamis, 14 Januari 2021 09:33 Penulis: Dita Tamara
9 Jenis-jenis Rumput untuk Pekarangan Rumah, Bikin Suasana Asri
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Ada beragam jenis rumput yang bisa kalian temukan untuk mempercantik pekarangan rumah. Meskipun rumput dianggap sebagai tumbuhan liar, namun ada beberapa jenis rumput yang berfungsi sebagai estetika taman. Tak hanya estetika saja lho, rumput juga dapat mengurangi debu yang bercampur dengan tanah, serta dapat mencegah erosi. Tapi bukan berarti semua jenis rumput cocok ditanam di pekarangan rumah ya. Sebab, setiap rumput juga memiliki cara perawatan yang berbeda.

Lalu, jenis rumput apa saja yang tepat untuk pekarangan rumah? Sebelum memilih rumput untuk taman idaman, ada baiknya kalian mengenal terlebih dahulu jenis-jenis rumput supaya nggak salah memilih rumput. Terpenting, supaya rumput tetap asri kalian juga harus merawatnya secara rutin. Berikut ini beberapa jenis-jenis rumput untuk pekarangan rumah yang perlu kalian ketahui.

 

1. Rumput Jepang

Jenis rumput pertama yang paling populer untuk hiasan pekarangan rumah yaitu rumput Jepang. Tanaman ini terlihat begitu manis ketika menghiasi taman kalian karena warnanya yang hijau dan menyegarkan. Ciri dari rumput jepang yaitu bentuk yang rapi, helai daunnya kurus, dan tumbuh rapat. Bentuknya yang runcing dan tipis, menjadikan jenis rumput taman ini sering disebut sebagai rumput jarum.

Tak heran, beberapa orang akan kurang nyaman untuk duduk di atas jenis rumput ini karena akan terasa sedikit sakit seperti tertusuk. Adapun perawatan untuk jenis rumput ini juga terbilang mudah. Kalian hanya perlu memberikan pupuk urea menyiramnya secara rutin, dan memangkasnya sebulan sekali.

 

2. Rumput Peking

Rumput peking merupakan jenis rumput yang tak kalah bagus untuk menghias pekarangan rumah. Ciri dari rumput ini yaitu hampir mirip dengan rumput Jepang, namun teksturnya lebih lembut dan kerapatannya lebih jarang. Tak perlu khawatir ya, cara merawat rumput jenis ini juga sangat mudah lho. Hal ini lantaran rumput jenis ini mempunyai ketahanan cuaca yang baik, di musim hujan sekalipun.

 

3. Rumput Gajah Lokal

Selanjutnya, jenis rumput yang cocok untuk hiasan perkarangan rumah kalian yaitu rumput gajah lokal. Ciri dari rumput ini yaitu tesktur kasar dan helai daun yang besar. Tanaman ini juga mudah ditanam asalkan tanahnya cenderung basah. Rumput jenis ini juga tidak sakit ketika untuk pijakan kaki. Perawatan rumput gajah juga terbilang mudah dan sangat cepat. Kalian hanya perlu sering memotong supaya lebih rapi.

 

4. Rumput Gajah Mini

Tak hanya rumput gajah lokal, rupanya ada rumput gajah mini yang tak kalah cantik untuk hiasan perkarangan rumah kalian. Sesuai dengan namanya, rumput gajah mini ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan tekstur yang lebih baik dibandingkan rumput gajah lokal. Cara merawat rumput yang satu ini relative mudah dan hanya membutuhkan sinar matahari yang minim. Rumput gajah mini juga tidak sakit ketika kalian gunakan sebagai pijakan.

 

5. Rumput Swiss

Rumput swiss memiliki tekstur yang sangat halus. Rumput swiss sangat cocok ditanam pada area kering. Rumput ini memiliki pertumbuhan yang rapi dan mampu menghijaukan pekarangan dengan indah. Rumput ini juga memerlukan perawatan ekstra.

Jenis rumput swiss harus mendapatkan minimal 80 persen pencahayaan, dipotong minimal sebulan sekali, dan diberikan pupuk urea.

 

6. Rumput Peking

Sekilas rumput peking ini mirip dengan rumput Jepang dimana helaian daunnya kurus, runcing, dan rapi. Perbedaannya yaitu rumput peking tumbuh secara jarang-jarang. Perawatan rumput peking relatif mudah dilakukan, yaitu dipangkas secara rutin dalam dua bulan sekali dan diberikan pupuk agar rumput tidak kering.

 

7. Rumput Zoysia

Jenis rumput yang cocok untuk pekarangan rumah kalian yaitu rumput zoysia. Jenis rumput ini sangat cocok berada di wilayah dengan cuaca panas atau beriklim tropis, seperti Indonesia. Ketika ditanam di wilayah dingin, Zoysia akan menjadi coklat dan tidak bisa tumbuh dengan baik. Rumput zoysia ini merupakan jenis rumput yang kuat dan tidak perlu sering untuk dipotong. Jadi, perawatannya pun terbilang mudah.

 

8. Rumput Bahia

Selanjutnya jenis rumput yang bagus untuk pekarangan rumah yaitu rumput bahia. Tanaman ini cocok ditanam di wilayah suhu panas. Ciri dari rumput ini yaitu teksturnya yang sangat kuat. Kalian nggak perlu khawatir ya, perawatan jenis ruput bahia sangat mudah. Kalian hanya perlu memastikan semua bagian rumput terkena sinar matahari.

 

9. Rumput Golf

Terakhir, jenis rumput yang bisa kalian tanam yaitu rumput golf. Ciri dari rumput ini yaitu memiliki helaian yang pendek dan tumbuh vertikal serta memiliki tekstur yang lembut bergerombol. Rumput golf ini juga sangat cocok untuk pekarangan rumah yang luas. Adapun cara merawat rumput golf juga sangat mudah tumbuh dan tidak membutuhkan banyak air.

Itulah sederet jenis rumput yang cocok untuk pekarangan rumah. Kira-kira kalian ingin menanam jenis rumput yang mana nih?

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI