7 Tips Belanja di Supermarket saat Wabah Virus Corona Covid-19, Ikuti Agar Kalian Tenang

Senin, 30 Maret 2020 16:44 Penulis: Puput Saputro
7 Tips Belanja di Supermarket saat Wabah Virus Corona Covid-19, Ikuti Agar Kalian Tenang
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Belakangan sempat viral di berbagai media sosial, dua orang yang tengah berbelanja di sebuah tempat perbelanjaan di Jakarta Selatan. Kedua orang itu mengenakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD). Tentu hal tersebut justru memancing keributan. Saat ditanya petugas keamanan, kedua orang itu mengaku memakai APD adalah sebuah tips belanja aman di tengah wabah corona.

Video perdebatan antara dua orang yang menggunakan APD dan petugas keamanan supermarket, jadi viral. Banyak orang yang menyayangkan perilaku kedua orang tersebut. Sebab, APD memang dikhususkan untuk dipakai petugas medis. Padahal, belanja kebutuhan memang suatu hal penting dilakukan. Jadi bagaimana tips belanja di tengah wabah virus corona yang benar?

Berikut beberapa tips belanja aman di tengah wabah virus corona Covid-19:

 

1. Buat Daftar Belanjaan

Tips pertama belanja aman di tengah wabah corona adalah dengan membuat daftar belanjaan. Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi daftar belanjaan akan sangat membantu untuk kalian dalam menentukan barang yang akan dibeli.

Sehingga, dengan membuat daftar belanjaan, kalian akan lebih cepat menemukan barang yang akan dibeli. Dengan begitu, kalian akan dapat lebih mempercepat waktu berbelanja di supermarket.

2. Gunakan Masker

Saat ini masker sudah seperti menjadi barang bawaan wajib untuk setiap orang. Penggunaan masker akan lebih membentengi diri dari paparan virus corona secara langsung. Terlebih, saat kalian berhadap-hadapan dengan orang lain secara langsung, seperti di meja kasir.

Selain itu, penggunaan masker juga akan membuat kalian lebih jarang memegang wajah. Karena seperti yang kalian sudah ketahui, salah satu cara mencegah penularan virus corona covid-19 adalah dengan mengurangi intensitas memegang bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata.

3. Bawa Tisu atau Saputangan

Tips belanja aman di supermarket berikutnya adalah dengan membawa sapu tangan atau tisu. Untuk apa?

Sapu tangan atau tisu bisa kalian gunakan untuk memegang barang belanjaan, saat memasukkannya ke keranjang. Selain itu, saat ini berbagai minimarket dan supermarket sudah banyak yang menyediakan tempat untuk mencuci tangan.

Namun, masih jarang menyediakan tisu sebagai lap. Oleh karena itu, sebaiknya kalian membawa saputangan atau atau tisu sendiri, yang sudah pasti terjamin kebersihannya.

4. Bawa Tas Belanja Sendiri

Selain tisu atau saputangan, sebaiknya kalian juga membawa tas belanja sendiri. Selama ini, membawa tas belanja sendiri sering dilakukan sebagai gerakan cinta lingkungan. Tapi, di saat-saat seperti ini dengan membawa tas belanja sendiri ternyata juga bisa menghindarkan kalian dari virus corona covid-19.

Pasalnya, kalian tidak pernah tahu tangan siapa saja yang sudah menyentuh kantong plastik yang disediakan kasir. Sehingga, dengan membawa tas belanjaan akan membuat kalian lebih terhindar dari kemungkinan tertular dari droplet lewat kantong plastik.

5. Jaga Jarak dengan Pengunjung Lain

Jaga jarak atau yang lebih sering disebut dengan social distancing masih menjadi satu cara pencegahan penularan virus corona covid-19 yang paling efektif. Oleh karena itu, kalian sebaiknya menerapkan cara ini sebagai salah satu tips belanja di supermarket saat ini.

Hindari pengunjung yang tengah berkerumun. Jika barang belanjaan yang kalian beli terletak di kerumunan, kalian bisa mengambil barang belanjaan lainnya dulu, baru setelah itu kembali ketika sudah mulai sepi. Terapkan pula social distancing saat mengantri di kasir atau saat ke ke kamar mandi.

6. Membuka dan Menutup Pintu Menggunakan Siku

Tips belanja di supermarket berikutnya mungkin terdengar sangat remeh yaitu membuka atau menutup pintu dengan menggunakan siku. Sebenarnya selain menggunakan siku, kalian juga bisa menggunakan lengan.

Meskipun remeh, hal ini penting dilakukan karena seperti yang kalian tahu, gagang atau pegangan pintu merupakan benda yang disentuh oleh banyak orang. Sementara, kalian tidak mengetahui kondisi kesehatan seseorang yang memegang gagang pintu sebelum kalian.

Jadi, membuka dan menutup pintu dengan siku bisa menjadi langkah kecil untuk menghindarkan kalian dari virus corona covid-19.

7. Bersihkan Diri dan Barang Belanjaan

Tips belanja di supermarket di saat wabah virus corona covid-19, tidak hanya berhenti saat di supermarket saja. Setelah pulang berbelanja ada beberapa hal yang juga harus kalian lakukan, seperti membersihkan badan, menyemprotkan disinfektan, dan lain-lain.

Detail mengenai hal-hal yang harus dilakukan setelah pulan dari supermarket bisa kalian baca di artikel berjudul '7 Tips Setelah Bepergian, Lakukan Ini Ketika Sampai Rumah untuk Cegah Corona Covid-19'.

Itulah 7 tips belanja di supermarket selama wabah virus corona covid-19. Dengan mengikuti tips ini, semoga kalian bisa belanja dengan lebih tenang.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI