Kelebihan Sel Darah Putih, Ini 7 Tanda dan Risiko Penyakitnya

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Kelebihan Sel Darah Putih, Ini 7 Tanda dan Risiko Penyakitnya
Kelebihan sel darah putih (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Kelebihan sel darah putih seringkali menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan tertentu. Ini terjadi karena jumlah sel darah putih dapat dikatakan di atas batas normal atau abnormal. Akibatnya sejumlah penyakit dapat menyertai akibat kelebihan sel darah putih seperti kanker darah ataupun infeksi.

Sel darah putih berperan untuk melawan infeksi yang menyerang kesehatan tubuh. Meski penting dimiliki tubuh, namun jumlah sel darah putih yang berlebihan juga berdampak terhadap kesehatan. Seringkali kondisi ini dapat menjadi pertanda adanya penyakit akibat kelebihan sel darah putih. Sel darah putih juga dikenal dengan leukosit. Akan tetapi kelebihan sel darah putih dapat disebut dengan leukositosis. Ada beragam jenis sel darah putih meliputi neutrophil, limfosit, monosit, eosinophil ataupun basophil.

Jenis sel darah tersebut memiliki fungsi tersendiri yang juga dapat menunjukkan jumlah keseluruhan sel darah putih dalam tubuh. Untuk mengetahui jumlah sel darah putih, biasanya pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan. Hal ini dapat dipertimbangkan untuk mencegah tingkat lebih lanjut terkait jumlah kadar sel darah putih dalam tubuh.

Melansir dari liputan6.com, kelebihan sel darah putih terjadi saat tubuh memiliki lebih dari 11.000 sel darah putih. Di mana batas normalnya pada orang dewasa yang tidak hamil adalah 4.000 dan 11.000 sel dalam setiap mikroliter darah.

Kelebihan sel darah putih tersebut menyebabkan ketidakseimbangan antara jumlah sel darah putih dan sel darah merah. Akibatnya risiko gangguan kesehatan mungkin dapat terjadi jika mengalami kelebihan salah satu sel darah. Lalu apa tanda dan penyakit yang muncul akibat kelebihan sel darah putih?

Adapun kelebihan sel darah putih dapat ditandai dengan beberapa kondisi medis yang mendasari seperti ulasan di bawah ini. Berikut kelebihan sel darah putih telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Penyebab Kelebihan Sel Darah Putih

Kelebihan sel darah putih dapat terjadi karena beragam faktor pemicu. Penyebab kelebihan sel darah putih ini penting diketahui untuk mencegah tingkat risiko lebih lanjut. Adapun penyebab kelebihan sel darah putih sebagai berikut dilansir dari medicalnewstoday.com:

- Mengalami infeksi.

- Imunosupresi.

- Efek samping obat tertentu termasuk kortikosteroid.

- Gangguan kekebalan tubuh.

- Mengalami kanker seperti leukemia limfostik akut.

- Cedera.

- Stres.

- Olahraga berlebih.

- Mengalami alergi.

- Merokok.

- Menderita penyakit saluran pernapasan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tanda Kelebihan Sel Darah Putih dan Gejalanya

Seperti ulasan sebelumnya bahwa ada tanda kelebihan sel darah putih yang bisa dirasakan pengidapnya. Kondisi ini juga menimbulkan beberapa gejala yang dapat terjadi tergantung dari penyebab tingginya sel darah putih.

Namun beberapa gejala atau tanda kelebihan sel darah putih dapat kalian kenali sedini mungkin. Berikut tanda kelebihan sel darah putih dan gejalanya dilansir dari healthline.com:

1. Demam dan nyeri.

2. Penurunan berat badan.

3. Terjadinya keringat malam karena penyakit leukimia.

4. Kulit gatal.

5. Ruam karena reaksi alergi.

6. Tubuh mudah memar.

7. Masalah pada saluran pernapasan.

3. Penyakit Leukimia

Dampak kelebihan sel darah putih dapat menyebabkan seseorang mungkin mengalami penyakit leukimia. Penyakit leukimia menjadi salah satu penyakit yang terjadi akibat jumlah sel darah putih meningkat. Leukimia termasuk jenis kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Penyebab kanker darah putih (leukimia) ini bisa terjadi karena beberapa hal, baik faktor genetik, gaya hidup tidak sehat, atau bahkan paparan radikal bebas.

Kelebihan sel darah putih yang berdampak pada risiko penyakit leukimia memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk mencegah tingkat risiko leukimia yang merupakan kondisi serius akibat kelebihan sel darah putih.

4. Limfoma

Dampak kelebihan sel darah putih dan risiko penyakitnya juga bisa terjadi karena penyakit limfoma. Melansir dari my.clevelandclinic.org, limfoma menjadi salah satu jenis kondisi serius yang terjadi akibat kelebihan sel darah putih. Limfoma termasuk kanker darah yang menyebabkan jumlah sel darah putih abnormal.

Kondisi ini dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh meliputi sumsum tulang, kelenjar getah bening dan lain sebagainya. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan untuk membantu mengatasi limfoma agar mencegah risiko lainnya.

5. Polistema Vera

Risiko penyakit akibat kelebihan sel darah putih juga dapat terjadi karena penyakit polistema vera. Polistema vera adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena sel darah pada sumsum tulang berkembang secara abnormal. Ini menyebabkan salah satu sel darah mengalami kelebihan jumlah sel. Penyebab polistema vera dapat terjadi karena beberapa faktor seperti genetik ataupun lebih berisiko pada usia lanjut di atas 60 tahun. Apabila kalian mengalami polistema vera pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendapat penanganan tepat.

6. Alergi

Penyakit yang dapat disebabkan oleh kelebihan sel darah putih selanjutnya adalah karena alergi cukup parah. Melansir dari alodokter.com, alergi parah bisa membuat jumlah sel darah putih pada tubuh meningkat. Ini terjadi karena reaksi alergi yang timbul akibat tubuh terpapar zat atau bahan penyebab alergi.

Melansir dari healthline.com, pada kejadian kelebihan sel darah putih berjenis eosinophilia reaksi alergi berkontribusi terhadap peningkatan sel darah putih jenis tersebut. Alergi tersebut bisa menyebabkan gejala demam hingga asma.

7. Artritis

Risiko penyakit akibat kelebihan sel darah putih juga bisa terjadi karena mengalami artritis. Artritis adalah peradangan pada area sendi yang ditandai dengan rasa kaku dan nyeri saat digerakkan. Pada kasus kelebihan sel darah putih, peradangan jangka panjang termasuk cedera dan artritis ternyata bisa menjadi penyebabnya.

Peningkatan sel darah putih terjadi pada jenis sel darah putih neutrofilia. Namun untuk mengetahui penyebab pasti peningkatan sel darah putih, pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan. Sehingga diketahui pasti penyebab dan penganan tepat terkait peradangan yang terjadi.

Nah itulah seputar kelebihan sel darah putih, 7 Tanda dan Risiko Penyakitnya. Pengobatan dan pemeriksaan lebih lanjut bisa dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan yang muncul. Namun pengobatan kelebihan sel darah putih tersebut juga dilakukan berdasarkan kondisi medis yang mendasari atau penyebabnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending