8 Cara Melembutkan Rambut Secara Alami, Salah Satunya Menggunakan Seledri

Jum'at, 22 Januari 2021 13:22 Penulis: Dita Tamara
8 Cara Melembutkan Rambut Secara Alami, Salah Satunya Menggunakan Seledri
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, mempunyai rambut yang indah, dan lembut menjadi impian semua orang. Selain itu, mempunyai rambut lembut dan mudah di atur tentu saja akan meningkatkan kepercayaan diri. Namun, seringkali beberapa faktor masalah rambut seperti rambut patah, bercabang hingga rambut mengembang membuat penampilan kalian menjadi tidak maksimal.

Nah, untuk terbebas dari masalah di atas dan mendapatkan rambut yang lembut sesuai dengan keinginan tentu mudah kalian lakukan. Tak perlu perawatan rutin ke salon, kalian bisa mengatasi masalah tersebut secara alami lho. Merawat rambut dengan benar dapat menjadi salah satu kiat mewujudkan rambut yang halus. Terdapat berbagai perawatan rambut yang dapat dilakukan untuk membantu menghaluskan rambut. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Masker Santan dan Jeruk Nipis

Cara melembutkan rambut yang pertama yaitu dengan menggunakan masker santan dan jeruk nipis. Caranya pun terbilang mudah, kalian hanya perlu memakai santan kemasan yang dipadukan menggunakan air perasan jeruk nipis. Jika sudah tercampur rata, kalian bisa langsung mengoleskannya pada rambut yang sudah dibasahi. Jika sudah, kalian bisa menutupinya menggunakan shower cap dan diamkan selama tiga hingga empat jam lalu keramas hingga bersih.

 

2. Masker Alpukat

Selanjutnya, cara melembutkan rambut secara alami yang bisa kalian lakukan yaitu dengan memanfaatkan masker alpukat. Masker buah yang satu ini cocok untuk rambut kering, rusak, dan bercabang. Adapun cara menggunakan masker ini yaitu dengan menyiapkan setengah buah alpukat matang dan 1 sendok makan mayones.

Setelah bahan terkumpul, kalian bisa menghaluskan setengah buah alpukat terlebih dahulu. Jika sudah lembut, campurkan 1 sendok mayones dan aduk hingga merata. Jika sudah, kalian bisa langsung mengoleskannya pada rambut layaknya menggunakan masker rambut. Setelah itu, tutupi kepala menggunakan shower cap dan diamkan selama 10 menit lalu keramas hingga bersih.

 

3. Cuka Apel

Cuka apel termasuk bahan alami yang bisa kalian gunakan sebagai cara menghaluskan rambut lho. Hal ini lantaran cuka apel mengandung asam Alpha-hydroxy yang dapat menjaga kondisi rambut. Perawatan dengan cuka apel secara rutin dapat menutup kutikula rambut dan membuatnya lebih halus.

Adapun cara menggunakannya yaitu kalian cukup mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, masukkan ke dalam botol semprot. Jika sudah, kalian bisa langsung menyemprotkan cuka apel ke batang akar rambut setelah keramas. Pijat perlahan sebelum membilasnya kembali.

 

4. Telur dan Susu

Selanjutnya, cara melembutkan rambut bisa kalian gunakan dengan bahan alami yaitu telur dan susu. Kedua bahan tersebut dikenal sebagai bahan alami yang dapat melembutkan rambut yang ampuh lho. Hal ini lantaran susu dikenal sebagai kondisiner alami yang dapat melembutkan. Sementara susu kaya akan kandungan protein dan biotin yang dapat melembutkan.

Adapun cara mengaplikasiannya yaitu dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Jika sudah, kalian bisa langsung mengoleskannya pada rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

 

5. Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk melembutkan rambut sekaligus membuat rambut kalian tidak kering. Adapun cara penggunaan madu untuk melembutkan rambut yaitu dengan keramas terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan madu ke seluruh rambut dan diamkan beberapa saat. Bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa menerapkan cara ini secara rutin.

 

6. Pisang

Selanjutnya, cara melembutkan rambut secara alami bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan pisang. Hal ini lantaran berkat kandungan vitaminnya, buah berwarna kuning ini berguna untuk menjaga kelembapan, merawat rambut dari kerusakan, mencegah rambut kusam, serta mengatasi ketombe.

Adapun cara menggunakan pisang untuk menghaluskan rambut yaitu dengan menyiapkan pisang dan kupas buahnya. Setelah itu, haluskan daging pisang dan oleskan adonan pisang tersebut ke seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan bersih.

 

7. Seledri

Daun seledri ternyata dapat digunakan sebagai cara melembutkan rambut lho. Nutrisi-nutrisi pada seledri seperti mineral, antioksidan, protein, zat antimikroba, serta vitamin sangat diperlukan bagi rambut. Cara mengaplikasiannya yaitu dengan menyiapkan seledri 100 gram yang sudah dicuci bersih.

Rebus sampai mendidih daun seledri dengan air hingga seluruh bagian daun tenggelam. Pisahkan ampas dengan air rebusannya. Tunggu hingga air rebusan dingin, lalu tambahkan satu sendok makan cuka. Setelah itu, oleskan secara merata rebusan seledri ke permukaan rambut. Diamkan beberapa saat atau sampai mengering lalu bilas hingga bersih.

 

8. Yogurt

Dibalik kelezatan yogurt, siapa sangka jika minuman yang satu ini bisa menjadi cara melembutkan rambut yang sangat ampuh. Hal ini lantaran yogurt kaya akan asam laktat sehingga berguna melembutkan rambut. Cara mengaplikasikan yogurt untuk melembutkan rambut pun sangat mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan yogurt tanpa rasa pada rambut. Setelah itu diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air hangat setelahnya, dan kalian akan merasakan kondisi rambut yang lebih lembut.

Itulah sederet cara alami melembutkan rambut yang bisa kalian coba sendiri. Kira-kira cara mana dulu nih yang ingin kalian coba? Semoga bermanfaat ya.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI