9 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Redakan Nyeri - Tambah Nafsu Makan

Kamis, 28 Mei 2020 17:22 Penulis: Puput Saputro
9 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Redakan Nyeri - Tambah Nafsu Makan
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Tanaman pandan begitu populer dan mudah ditemui di Indonesia. Aromanya yang harum kerap jadi pewangi alami berbagai masakan. Tidak hanya memberi efek wangi pada makanan, pandan juga memberikan cita rasa tersendiri pada masakan. Ya, selama ini pandan memang banyak dimanfaatkan untuk memasak. Sehingga wajar jika belum banyak yang tahu manfaat daun pandan selain untuk memasak.

Padahal selain jadi bahan masakan, manfaat daun pandan juga berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman bernama ilmiah Pandanus amaryllifolius ini, dipercaya bisa mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari diare hingga darah tinggi. Tidak hanya itu, daun pandan juga masih menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat pandan untuk kesehatan, dilansir dari liputan6.com.

1. Meredakan Nyeri

Tanaman pandan yang mempunyai aroma harum ternyata memiliki sifat khusus yang disebut analgetik. Sifat inilah yang membuat daun pandan bisa dimanfaatkan untuk meredakan berbagai nyeri, seperti sakit kepala hingga kram perut akibat haid.

Untuk mendapatkan manfaat daun pandan dalam meredakan nyeri, kalian bisa mencacah daun pandan lalu mengeringkannya. Setelah itu, seduh daun panda layaknya membuat teh. Minum secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Mengobati Rematik

Tidak hanya nyeri sakit kepala dan haid, nyeri tulang atau yang sering disebut rematik juga bisa diatasi dengan daun pandan. Meski biasa diderita oleh golongan lanjut usia, rematik juga bisa menyerang siapa saja termasuk yang berusia muda.

Namun, berbeda dengan untuk meredakan nyeri sakit kepala dan haid, untuk mengobati rematik daun pandan cukup direbus dengan minyak kelapa. Setelah mendidih dan tercampur rata, dinginkan lalu oleskan campuran daun pandan dan minyak kelapa ke area tubuh yang terasa nyeri.

3. Mencegah Darah Tinggi

Penyakit yang bisa diatasi dengan manfaat daun pandan berikutnya adalah darah tinggi. Seperti yang kita tahu, darah tinggi biasa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Tekanan darah yang tinggi dipercaya bisa distabilkan kembali dengan mengonsumsi rebusan daun pandan, setiap pagi dan sore.

4. Mencegah Diabetes

Selain dikenal harum, daun pandan juga punya rasa manis yang khas, meski tidak sekuat rasa manis pada gula atau madu. Namun rasa manis pada daun pandan ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula alami. Dengan menggunakan daun pandan sebagai pengganti gula, artinya tubuh akan mengonsumsi pemanis alami yang cenderung lebih sehat. Dengan begitu, akan lebih terhindar dari risiko diabetes.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Stamina atau daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh yang tidak stabil akan membuat sesorang jadi mudah terkena penyakit. Nah, untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap stabil, salah satunya bisa dengan memanfaatkan daun pandan. Caranya mudah cukup dengan meminum air rebusan daun pandan secara rutin.

6. Mempunyai Sifat Antikanker

Daun pandan ternyata juga mempunyai sifat antikanker. Sifat ini membuat daun pandan bisa memberikan efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Efek-efek tersebut baik digunakan untuk menangkal pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

7. Meredakan Demam

Apabila sedang mengalami demam kalian bisa coba meredakannya dengan daun pandan. Daun pandan dipercaya bisa meredakan demam dengan menurunkan suhu tubuh secara berangsur-angsur. Manfaat daun pandan dalam meredakan nyeri bisa didapat dengan meminum air rebusan daun pandan.

8. Mengatasi Insomnia

Banyak orang yang mengalami insomnia atau gangguan sulit tidur. Jika kalian adalah salah satunya, kalian bisa coba mengatasinya dengan menyeduh cacahan daun pandan kering dicampur madu. Minum air pandan dan madu tersebut selagi hangat, dan secara teratur. Air seduhan daun pandan dan madu ini diyakini bisa memberi efek relaksasi. Dengan begitu, kita akan lebih mudah terlelap dan tidur nyenyak.

9. Menambah Nafsu Makan

Orang tua sering pusing saat anaknya tidak doyan makan. Anak tidak doyan makan biasanya dipengaruhi oleh nafsu makan yang terganggu. Jangan khawatir, sebab manfaat daun pandan untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa menambah nafsu makan. Tidak hanya untuk anak, manfaat yang satu ini juga pas untuk kalian yang ingin meningkatkan berat badan.

Untuk menambah nafsu makan, kalian bisa membuat teh daun pandan. Caranya sangat mudah cukup dengan mencacah daun pandan lalu dikeringkan. Setelah itu seduh, lalu minum selagi hangat. Akan lebih baik jika diminum secara rutin sebanyak dua kali sehari di waktu pagi dan sore hari.

Itulah di antaranya 9 manfaat daun pandan untuk kesehatan. Tidak hanya sebatas pelengkap rasa dan aroma pada masakan, daun pandan juga punya banyak manfaat. Jadi, tidak ada salahnya menanam tanaman ini di halaman rumah kalian.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI