10 Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Baik untuk Mata - Kulit

Senin, 25 Mei 2020 09:22 Penulis: Nurul Wahida
10 Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Baik untuk Mata - Kulit
Manfaat telur asin (credit: via liputan6.com)


Kapanlagi Plus - Meski terlihat sederhana, manfaat telur asin bagi kesehatan tidak dapat disepelekan begitu saja. Seperti yang diketahui bahwa masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang khas berasal dari Brebes, Jawa Tengah. Jika kalian termasuk orang yang menyukai telur asin tentunya mengetahui manfaat telur asin perlu diketahui.

Telur asin merupakan jenis makanan yang terbuat dari telur mulai dari telur bebek hingga ayam. Namun telur asin lebih sering ditemui terbuat dari telur bebek. Sebab, rasanya akan lebih enak serta memiliki tekstur yang lebih kenyal. Selain itu telur bebek dinilai memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

Proses pembuatan telur asin dilakukan melalui proses fermentasi atau pengawetan dengan garam. Tidak heran apabila telur asin memiliki rasa yang asin seperti garam. Sebab dalam satu butir telur asin mengandung sodium yang cukup tinggi yakni sekitar 397 mg.

Untuk itulah telur asin dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama. Telur asin diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Setidaknya dalam telur asin terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, asam amino, lemak, kolesterol, potasium, karbohidrat, protein dan mineral.

Lalu apa saja manfaat telur asin bagi kesehatan?

Tak banyak yang tahu manfaat telur asin sangat baik bagi kesehatan. Adapun manfaat telur asin bagi kesehatan dapat kalian ketahui dari beberapa ulasan di bawah ini. Berikut 10 manfaat telur asin yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Baik untuk Mata

Manfaat telur asin bagi kesehatan salah satunya adalah baik untuk mata. Dalam hal ini kandungan vitamin A dalam telur asin mampu menyehatkan mata. Dengan kata lain kandungan nutrisi tersebut dapat membantu penglihatan mata menjadi lebih jernih serta jelas.

Masalah kesehatan mata seperti mata kabur atau karena faktor usia dapat mengonsumsi telur asin. Akan tetapi konsumsi telur asin tidak disarankan dikonsumsi setiap hari serta dalam jumlah yang banyak. Terutama bagi mereka pengidap tekanan darah dan kolesterol.

2. Menyehatkan Fungsi Otak

Manfaat telur asin bagi tubuh selanjutnya adalah dapat menyehatkan fungsi otak. Hal ini sangat berhubungan dengan proses perkembangan otak mulai dari mampu mempertajam daya ingat serta dapat mencegah gangguan pada otak.

Manfaat telur asin tersebut dikarenakan kandungan omega 3 dalam telur asin yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui bahwa omega 3 salah satunya bisa meningkatkan fungsi otak atau kecerdasan otak. Tentunya konsumsi telur asin sangat baik untuk anak-anak agar fungsi otak tetap terjaga.

3. Memperkuat Tulang

Konsumsi telur asin juga diketahui dapat memperkuat tulang pada tubuh. Tulang yang kuat pastinya menjadi dambaan setiap orang terutama untuk usia yang terbilang telah memasuki lanjut.

Masalah tulang yang sering muncul salah satunya adalah osteoporosis yang terjadi karena pengeroposan tulang. Manfaat tersebut berasal dari kandungan fosfor serta kalsium yang cukup tinggi. Sehingga telur asin dapat mengatasi masalah tersebut dan mampu memperkuat tulang.

4. Menyehatkan Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat tidak hanya dilakukan dengan perawatan mahal. Sebab, kalian bisa merawat kulit tubuh secara alami dengan mudah dan terjangkau. Apalagi dapat dilakukan di rumah dengan bahan yang mudah diperoleh.

Salah satunya manfaat telur asin yang dapat menyehatkan kulit tubuh. Kandungan vitamin E dalam telur asin mampu membuat kulit menjadi halus serta sehat. Termasuk membantu mencegah masalah kulit lainnya seperti kulit kasar.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh adalah proses pengolahan zat gizi makanan yang selanjutnya diubah menjadi energi. Sehingga konsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi penting diterapkan agar metabolisme tubuh tetap baik.

Manfaat telur asin bagi kesehatan diantaranya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sebab, kandungan protein dalam telur asin mampu diubah menjadi energi yang baik bagi tubuh.

6. Membantu Regenerasi Sel

Manfaat telur asin bagi kesehatan dapat juga digunakan untuk membantu regenerasi sel. Regenerasi sel merupakan proses pergantian jaringan yang telah rusak. Ketika usia dewasa regenerasi sel terjadi sangat terbatas sebab jaringan dan sel sudah terbentuk secara sempurna.

Namun tentunya regenerasi sel pada tubuh memiliki peranan penting sebab dapat mencegah datangnya penyakit tertentu. Seperti telur asin yang memiliki kemampuan untuk membantu regenerasi sel karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi.

7. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normalnya. Sehingga menyebabkan pengidapnya mengalami gejala seperti pusing, lelah, letih, dan mual.

Namun masalah tersebut dapat teratasi dengan konsumsi telur asin yang diketahui manfaat telur asin bagi kesehatan dapat mencegah anemia.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat telur asin bagi kesehatan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat penting dimiliki oleh setiap orang agar terjaga dari berbagai macam penyakit serta virus.

Salah satunya dapat ditingkatkan dengan konsumsi makanan sehat mulai dari buah, sayur dan makanan mengandung nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh. Seperti telur asin yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas memang selalu mengintai dalam kehidupan sehari-hari. Namun jangan khawatir sebab manfaat telur asin bagi kesehatan dapat membantu menangkal radikal bebas yang muncul. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam telur asin yang diyakini bisa tangkal radikal bebas.

10. Stabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang stabil serta normal harus tetap terjaga dengan baik. Salah satunya dengan konsumsi telur asin yang dipercaya bisa stabilkan tekanan darah. Kandungan nutrisi yakni kalsium dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Nah itulah 10 manfaat telur asin bagi kesehatan yang jarang diketahui mulai dari mata hingga kulit. Namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi telur asin secara berlebihan. Setidaknya selama konsumsi telur asin kadar garam pada makanan juga harus diatur atau dikurangi.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI