6 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan, Atasi Berbagai Masalah Rambut dan Kulit

Jum'at, 29 Mei 2020 15:22 Penulis: Puput Saputro
6 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan, Atasi Berbagai Masalah Rambut dan Kulit
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Tanaman pandan atau yang punya nama ilmiah Pandanus amaryllifolius selama ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Pandan begitu populer karena aromanya yang harum dan khas. Oleh karena itulah, pandan kerap dijadikan pewangi alami makanan. Selain jadi pewangi makanan, manfaat daun pandan untuk kecantikan juga tidak bisa diremehkan.

Tanaman pandan bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tanaman yang dimanfaatkan bagian daunnya ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan. Mulai dari berbagai permasalahan rambut hingga kulit bisa diatasi dengan manfaat daun pandan untuk kecantikan.

Berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kecantikan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengatasi Ketombe

Ketombe yang muncul di kulit kepala dan rambut sering kali mengakibatkan rasa gatal yang tidak nyaman. Selain itu, munculnya ketombe juga bisa menganggu rasa percaya diri seseorang. Namun jangan khawatir, sebab manfaat daun pandan untuk kecantikan yang pertama adalah bisa mengatasi masalah ketombe.

Penyebab utama munculnya ketombe adalah terjadinya matinya sel-sel kulit kepala. Selain itu, ketombe juga diperparah dengan keadaan kulit kepala yang berminyak dan penggunaan produk sampo yang tidak cocok. Nah, untuk mengatasi ketombe ternyata daun pandan bisa digunakan untuk mencuci rambut, seperti sampo.

Untuk melakukannya, pertama-tama kalian perlu menghaluskan daun pandan kering dengan air. Caranya cukup ditumbuk sampai halus dan berbentuk pasta. Selanjutnya, gunakan pasta tersebut untuk membersihkan rambut layaknya sedang menggunakan sampo.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Selain ketombe, rambut rontok juga jadi masalah kesehatan rambut yang dialami banyak orang. Daun pandan juga bisa mengatasi masalah rambut rontok.

Sama seperti mengatasi ketombe, untuk mengobati rambut rontok daun pandan juga harus ditumbuk halus. Bedanya, daun pandan ditumbuk dalam keadaan segar. Setelah halus, tambahkan air lalu gunakan untuk membersihkan dan memijat-mijat kepala. Gunakan secara merata, diamkan beberapa saat baru kemudian bilas sampai bersih.

3. Menghitamkan Rambut

Banyak orang, terutama wanita yang mengidam-idamkan rambut sehat, hitam, dan berkilau. Jika kalian salah satu yang menginginkan rambut seperti itu, kalian bisa mulai mencoba menggunakan daun pandan.

Caranya cukup mudah, kalian tinggal memotong kecil-kecil kira-kira 7 lembar daun pandan, lalu merebusnya dengan air. Jika sudah, diamkan air rebusan daun pandan itu dingin dengan sendirinya. Akan lebih baik jika air rebusan daun pandan tersebut didiamkan sampai sepanjang malam. Keesokan harinya, gunakan air tersebut untuk membilas dan memijit kulit kepala. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain baik bagi rambut, manfaat daun pandan untuk kecantikan kulit tidak kalah banyak. Salah satunya adalah mengangkat sel kulit mati. Untuk mengangkat sel kulit mati, daun pandan bisa digunakan sebagai scrub.

Scrub daun pandan bisa dibuat dengan mudah, cuci bersih daun pandan, lalu cacah halus. Setelah itu, campurkan cacahan daun pandan dengan madu atau minyak zaitun. Scrub daun pandan diyakini bisa efektif mengangkat sel kulit mati. Cara penggunaannya sama seperti scrub pada umumnya, tinggal gosokkan dengan gerakan melingkar ke permukaan kulit, setelah itu bilas sampai bersih.

5. Mengatasi Komedo

Adanya komedo kerap mengganggu rasa percaya diri seseorang. Bahkan komedo yang membandel jadi salah satu masalah kecantikan wajah yang menyebalkan. Jangan khawatir, sebab manfaat daun pandan untuk kecantikan berikutnya adalah bisa mengatasi komedo.

Jika untuk mengangkat sel kulit mati daun pandan diolah jadi scrub, untuk mengatasi komedo daun pandan bisa digunakan sebagai masker. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masker pandan di antaranya setengah sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, seperempat sendok teh minyak zaitun, dan setengah sendok jeruk nipis. Campurkan semua bahan dan aduk sampai merata dan mengental.

Untuk cara penggunaanya sama dengan saat memakai masker pada umumnya. Gunakan setelah wajah dicuci, gunakan secara merata di seluruh bagian wajah terutama pada bagian yang berkomedo. Bilas setelah didiamkan beberapa saat.

6. Mengatasi Panu

Panu atau infeksi jamur yang bisa menimbulkan bercak putih dipermukaan kulit, ternyata juga bisa diatasi dengan manfaat daun pandan untuk kecantikan. Cara menggunakannya pun praktis, cukup membuat daun pandan menjadi ramuan sederhana.

Tumbuk daun pandan sampai halus. Setelah itu, peras daun pandan yang sudah ditumbuk untuk didapatkan sari-sarinya, lalu tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut secara rutin, setidaknya sehari sekali.

Nah itulah di antaranya 6 manfaat daun pandan untuk kecantikan. Mengingat jenis tanaman ini mudah ditemui, daun pandan bisa jadi alternatif perawatan wajah alami yang murah meriah.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI