7 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah

Senin, 25 Mei 2020 08:44 Penulis: Dhia Amira
7 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah
Manfaat daun seledri (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Daun seledri merupakan jenis sayuran yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, untuk melengkapi cita rasa makanan. Daun seledri sangat mudah ditemukan di beberapa olahan makanan seperti sup atau pelengkap gorengan. Daun seledri juga sangat rendah kalori. Selain itu daun seledri juga memiliki kandungan asam fenolik, flavonol, dihydrostilbenoids, furanocoumarin, dan pitosterol sebagai antioksidan. Itulah mengapa manfaat daun seledri untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi.

Selain itu seledri juga kaya akan vitamin K, A, C, Potasium, dan Folat. Dengan banyak kandungan di dalamnya, daun seledri juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 manfaat daun seledri untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

 

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan pencernaan. Senyawa di dalam seledri yang dikenal dengan apiuman terbukti mengurangi rasa sakit saat maag dan mampu memperbaiki lapisan lambung. Selain itu kandungan air dan serat di dalam seledri juga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Kalian bisa menambahkan daun seledri di setiap hidangan yang kalian makan. Seperti nasi goreng, tumis cumi, dan sup ayam. Bahkan kalian juga bisa mengolah seledri menjadi keripik, selain rasanya enak makanan tersebut juga menyehatkan.

2. Mencegah Kanker

Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu untuk mencegah kanker. Memiliki kandungan flavonoid yang disebut luteolin dapat memberikan manfaat anti kanker dan membuat sel-sel kanker lebih rentan terhadap serangan bahan kimia yang digunakan di dalam terapi. lalu kandungan fenolik yang terdapat dalam seledri memiliki sifat antioksidan sehingga mampu melawan radikal bebas.

Jika bosan dengan olahan daun seledri yang biasa-biasa saja. KLovers bisa mengolah daun seledri menjadi minuman segar loh. Caranya masukan daun seledri dan daun ketumbar, serta gula cair ke dalam gelas. Tambahkan air perasan lemon, soda, dan es batu. Selesai minuman segar dengan daun seledri siap dinikmati.

3. Menurunkan Gula Darah

Manfaat daun seledri untuk kesehatan lainnya yaitu dapat menurunkan gula darah. Karena pada daun seledri terdapat kandungan vitamin A, C dan mineral. Selain itu seledri memiliki indeks glikemik rendah yang dapat memperlambat kenaikan gula darah.

Daun seledri dapat dimakan langsung, atau diolah menjadi minuman, kalian juga bisa menjadikan seledri sebagai bahan tambahan untuk sup dan gorengan. Jika kalian ingin memakan daun seledri secara langsung, kalian bisa membelah batang seledri dan menambahkan selai kacang pada batang tersebut.

4. Mencegah Asam Urat

Selain dapat menurunkan gula dalam darah, daun seledri juga dapat menurunkan serta mencegah asam urat. Daun seledri memiliki lebih dari 12 jenis antioksidan, seperti asam fenolik, asam caffeic dan asam ferulic, flavaol quecetin yang dapat membantu mengatasi gejala asam urat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa meminum rebusan air seledri. Karena di dalam rebusan air tersebut memiliki kandungan apiin dan apigenin yang dapat dipercaya menurunkan kadar asam urat secara alami tanpa menimbulkan efek samping.

5. Menurunkan risiko Hipertensi

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang lainnya adalah menurunkan risiko hipertensi. Kandungan ekstrak heksana yang ada pada daun seledri berperan banyak dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, seledri juga memiliki kandungan metanol dan ekstrak etanol yang dapat meningkatkan sirkulasi dalam darah, mengurangi peradangan, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Untuk menurunkan risiko Hipertensi, daun seledri dapat di jus. Cara membuat jus daun seledri sangat mudah, cukup siapkan beberapa batang daun seledri lalu di cuci bersih. Setelah itu haluskan daun seledri menggunakan blender. Kalian juga bisa menambahkan madu jika ingin rasa manis pada jus.

6. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Lalu selanjutnya kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada daun seledri, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan. Sel tubuh berfungsi untuk mengantarkan pesan dari tubuh ke otak dan sebaliknya. Jika terdapat sel yang rusak, maka kinerja otak dan tubuh akan menurun, tentu hal tersebut dapat menyebabkan masalah di dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga agar sel-sel di dalam tubuh tidak rusak. Salah satu yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan adalah, dengan rutin mengonsumsi daun seledri. Baik diolah melalui makanan atau dibuat menjadi olahan minuman.

7. Mengurangi Peradangan

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang terakhir adalah mengurangi peradangan. Daun dan biji seledri memiliki sekitar 25 senyawa anti radang, yang mampu melindungi tubuh dari peradangan.

Peradangan sebetulnya merupakan mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari virus, bakteri, dan jamur. Namun terkadang peradangan justru terjadi ketika kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi diri dari serangan virus, bakteri, dan jamur, malah menyerang tubuh sendiri.

Peradangan terjadi karena beberapa penyebab termasuk virus dan bakteri. Namun peradangan juga dapat disebabkan karena makanan yang manis dan berlemak. Peradangan juga dapat disebabkan karena cara menangani stress yang salah.

Itulah 7 manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh. Kalian bisa menjadikan daun seledri sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh kalian, dengan mengonsumsinya secara rutin dan dengan kadar yang sesuai.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI