9 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan, Dari Obati Diare Sampai Tangkal Corona

Kamis, 19 Maret 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
9 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan, Dari Obati Diare Sampai Tangkal Corona
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Jambu biji selama ini dikenal sebagai salah satu jenis buah yang punyai berbagai macam manfaat. Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang paling umum diketahui banyak orang adalah sebagai obat diare. Namun ternyata, khasiat jambu biji tidak hanya sebatas itu saja.

Belakangan sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan fakta bahwa kandungan yang terdapat dalam buah jambu biji berpotensi untuk mencegah Corona. Manfaat jambu biji untuk menangkal corona tersebut bisa diperoleh dari kandungan senyawa yang terdapat di bagian biji.

Selain untuk mengatasi diare dan menangkal penularan virus Corona, masih ada banyak manfaat jambu biji untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.

 

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu alasan mengapa jambu biji disebut-sebut bisa menjadi satu cara menangkal corona adalah karena jambu biji baik untuk sistem kekebalan tubuh. Jambu biji ini ternyata miliki khasiat untuk kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan jambu biji mempunyai kandungan vitamin c yang tinggi. Bahkan, sebuah fakta yang belum banyak diketahui oleh banyak orang jika kandungan vitamin c pada jambu lebih banyak dibanding vitamin c yang ada pada jeruk.

2. Meminimalisir Infeksi dan Peradangan

Kandungan vitamin c pada jambu biji juga berkhasiat untuk menjauhkan kita dari infeksi dan peradangan. Terutama infeksi dan peradangan pada area mulut, gigi, dan gusi. Bahkan juga peradangan pada bagian tulang dan juga sendi.

3. Menyehatkan Mata

Selain vitamin c, buah jambu biji juga banyak mengandung vitamin A. Seperti yang kita tahu jika vitamin A mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi buah jambu yang kaya akan vitamin A maka mata akan lebih terhindar dari berbagai gangguan mata seperti infeksi, perabunan, dan penyakit mata lainnya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Begitu banyak manfaat jambu bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya juga jambu biji mempunyai sifat antioksidan. Yang mana sifat antioksidan ini berguna untuk menurunkan tekanan darah dengan cara memperlebar pembuluh darah. Jambu ini dalam hal menurunkan tekanan darah dikarenakan kandungan porasium yang terdapat dalam buah ini.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa buah jambu biji mempunyai khasiat melancarkan pencernaan, khususnya mengatasi diare. Hal ini karena buah jambu mempunyai kandungan serat yang tinggi.

Bahkan, manfaat jambu biji untuk melancarkan sistem pencernaan tidak hanya bisa diperoleh dengan mengonsumsi buahnya saja. Khasiat buah jambu biji untuk memperbaiki pencernaan bisa juga diperoleh dengan meminum air rebusan daun jambu biji. Namun perlu diingat konsumsi buah jambu secara berlebihan juga bisa mengakibatkan masalah pencernaan lain, yaitu sembelit.

6. Mencegah Demam Berdarah

Buah jambu biji juga sering digunakan sebagai makanan atau buah rujukan untuk dikonsumsi penderita demam berdarah. Hal ini karena, memang sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak atau sari dari buah jambu mempunyai sifat anti virus yang dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Meski begitu, khasiat ini akan lebih efektif jika diaplikasikan sebagai upaya pencegahan, bukan pengobatan.

7. Menurunkan Kolesterol dan Baik untuk Jantung

Manfaat buah jambu biji berikutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena jambu biji mengandung kalium dan serat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebaliknya, dengan mengonsumsi jambu biji bisa membuat kadar kolesterol baik meningkat, sehingga dampaknya akan sangat baik, itulah manfaat jambu biji untuk kesehatan jantung.

8. Mengatasi Diabetes

Kandungan serat yang tinggi pada buah jambu ternyata tidak hanya baik untuk pencernaan saja. Serat tinggi pada buah jambu ternyata juga bisa mengatasi diabetes. Kandungan serat yang tinggi membuat jambu biji dapat meminimalisir kandungan gula yang menumpuk di tubuh.

Sifat anti radang pada buah ini juga dapat menghambat proses peradangan dan oksidasi. Sehingga, secara tidak langsung hal ini juga memaksimalkan manfaat jambu biji untuk mengatasi diabetes.

9. Mencegah Kanker

Manfaat buah jambu untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai buah anti kanker. Ya, buah jambu mempunyai anti kanker. Artinya, dengan mengonsumsi buah jambu bisa menjauhkan kita dari risiko serangan kanker.

Hal ini dikarenakan pada biji jambu biji terdapat zat antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien, yang dalam dunia medis dipercaya sebagai senyawa anti kanker. Selain itu, ternyata kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jambu biji juga mempunyai peran yang besar untuk manfaat jambu biji yang satu ini.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI