8 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh, Sumber Nutrisi yang Enak dan Menyegarkan

Minggu, 03 Mei 2020 10:22 Penulis: Nurul Wahida
8 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh, Sumber Nutrisi yang Enak dan Menyegarkan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Buah mangga dikenal memiliki rasa manis, asam, dan tekstur lembut yang menyegarkan. Sebagian besar mungkin tidak bisa menolak kenikmatan saat mengonsumsi buah mangga. Selain enak dan menyegarkan, manfaat buah mangga rupanya sangat baik bagi tubuh hingga kecantikan.

Buah mangga merupakan salah satu tanaman buah yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Bahkan di beberapa bagian dunia mangga disebut sebagai rajanya buah. Mulai dari buah mangga mentah hingga mangga matang sangat enak dan menyegarkan untuk dinikmati.

Mangga yang matang biasanya ditandai dengan warna orange kemerahan. Sedangkan mangga mentah masih memiliki kulit warna hijau dan daging buah berwarna putih. Namun hal tersebut tidak menghalangi rasa enak dan segar dari buah mangga. Sebab buah mangga dapat dibuat dengan berbagai olahan mulai dari jus, rujak, salad, roti, pudding, dan lain sebagainya.

Kandungan nutrisi dalam buah mangga diketahui sangat baik bagi tubuh. Diantara kandungan nutrisi dalam buah mangga seperti serat tinggi, kalori, karbohidrat, lemak, mangan kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, folat, vitamin B6, dan zat besi.

Lalu apa saja manfaat buah mangga bagi tubuh dan kecantikan?

Sebagai sumber nutrisi yang enak dan menyegarkan buah mangga aman untuk dikonsumsi berbagai usia baik anak kecil hingga orang tua. Manfaat buah mangga juga sangat baik bagi tubuh hingga kecantikan. Berikut 8 manfaat buah mangga bagi tubuh dan kecantikan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mencegah Risiko Kanker

Manfaat buah mangga bagi tubuh ternyata dapat mencegah risiko kanker yang menyerang tubuh. hal ini berasal dari kandungan polifenol dalam buah mangga yang dapat mengurangi stress oksidatif dan membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Beberapa sel kanker yang dapat diatasi dengan mengonsumsi buah mangga diantaranya kanker leukimia, kanker usus, kanker paru-paru, kanker prostat, dan payudara. Namun untuk benar-benar dapat mengurangi risiko kanker tersebut perlu dilakukan pengobatan lainnya agar dapat bekerja secara maksimal.

2. Meredakan Sembelit

Sembelit menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan. Rasa sembelit menimbulkan perasaan tidak nyaman dalam perut. Kalian dapat mengatasi sembelit tersebut dengan mengonsumsi buah mangga. Ya, Manfaat buah mangga bagi tubuh salah satunya bisa meredakan sembelit dalam sistem pencernaan.

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah mangga mampu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit. Bahkan sebuah penelitian mengungkap jika makan mangga lebih efektif untuk meredakan gejala sembelit dibanding konsumsi suplemen berserat tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah mangga selanjutnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat. Manfaat ini berasal dari kandungan serat, kalium, dan vitamin dalam mangga bisa menjaga pembuluh darah tetap rileks termasuk denyut nadi agar tetap sehat.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dalam tubuh bisa menjadi penyebab masalah kesehatan lainnya termasuk berpengaruh terhadap risiko penyakit jantung. Namun kalian tidak perlu khawatir karena manfaat buah mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah agar tetap stabil.

Berdasarkan sumber penelitian terpercaya kandungan antioksidan dalam mangga yang disebut mangiferin bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. selain itu antioksidan ini juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Sayur dan buah yang mengandung vitamin A memang diyakini dapat menjaga kesehatan mata. Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat berpotensi menyebabkan mata kering dan mengalami rabun saat malam hati.

Namun kalian tidak perlu khawatir sebab banyak buah dan sayur yang mengandung vitamin A tinggi. Termasuk buah mangga yang mengandung vitamin A dan bermanfaat agar kesehatan mata tetap terjaga.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat buah mangga juga baik untuk kecantikan rambut. ya, kandungan vitamin A yang tinggi bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut serta produksi sebum yang melembabkan kulit kepala agar terhindar dari kulit kepala kering.

Sedangkan antioksidan dalam buah mangga dapat melindungi folikel rambut agar mencegah kerusakan akibat paparan radikal bebas termasuk stres oksidatif.

7. Mengatasi Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya keriput dan garis pada kulit. Jika kondisi ini terjadi pastinya sangat mengganggu penampilan. kalian dapat mengatasi masalah penuaan dini dengan mengonsumsi buah mangga.

Ya, manfaat buah mangga dapat mengatasi masalah penuaan dini yang muncul pada kulit. Kandungan vitamin A dan C dalam buah mangga mampu memproduksi kolagen yang baik untuk menjaga elasitas kulit. Sehingga dapat mencegah kulit keriput serta kendur.

8. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi pada wajah. Buat kalian yang ingin mendapatkan wajah bebas jerawat, dapat menggunakan mangga untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul. Menjadikan buah mangga seperti scrub wajah bisa kalian pilih untuk mengatasi jerawat.

Selain itu tambahkan campuran lain seperti madu dan susu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan secara rutin perawatan dengan scrub mangga dan lihat perbedaannya setelah menggunakan scrub buah mangga tersebut.

Nah itulah 8 manfaat buah mangga bagi tubuh, kecantikan, sumber nutrisi yang enak dan menyegarkan. Gimana banyak bukan khasiat dari buah mangga yang baik untuk tubuh. Kalian juga perlu melakukan pola hidup sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI