Alergi Dingin, Ini 6 Cara Ampuh Atasi Biduran Tanpa Obat

Jum'at, 24 Juli 2020 10:11 Penulis: Dita Tamara
Alergi Dingin, Ini 6 Cara Ampuh Atasi Biduran Tanpa Obat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Biduran merupakan salah satu kondisi dimana kulit akan merasa gatal-gatal dan muncul bentol serta ruam kemerahan. Biduran bisa muncul di salah satu bagian kulit tertentu, atau juga bisa muncul di seluruh tubuh, hal tersebutlah yang tentunya akan terasa sangat mengganggu.

Biduran juga bisa dipicu oleh berbagai faktor yang beragam. Beberapa pemicu paling umum di antaranya reaksi alergi, perubahan suhu udara, paparan sinar matahari, infeksi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Jika kalian mengalami biduran, ada sederet cara ampuh atasi biduran tanpa obat. Kalian bisa mengatasinya menggunakan cara alami sehingga kalian bisa terhindar dari sensasi gatal penyebab biduran. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memang terkenal akan khasiatnya untuk perawatan rambut. Namun ternyata, lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang mempunyai manfaat menenangkan kulit dari biduran. Dengan menggunakan lidah buaya, dapat mengurangi gatal-gatal pada kulit. Lidah buaya juga memiliki senyawa antiinflamasi yang sering digunakan untuk mengobati luka akibat terbakar sinar matahari.

Itulah sebabnya, lidah buaya dianggap sebagai obat alami biduran yang cukup efektif. Ada baiknya, sebelum kalian mengoleskan lidah buaya ke area kulit, pastikan dulu jika kalian tidak alergi terhadap lidah buaya. Untuk hasil yang maksimal, oleskan lidah buaya beberapa kali dalam sehari.

2. Larutan Anti Gatal

Cara ampuh atasi biduran selanjutnya yaitu bisa dengan menggunakan larutan anti gatal. Sudah banyak terdapat beberapa obat biduran yang bisa digunakan saat mandi. Produk ini untuk membantu mengurangi sensasi gatal. Produk yang tergolong sebagai obat biduran, meliputi oatmeal (khusus untuk mandi) atau satu hingga dua genggam soda kue.

3. Kompres Dengan Es Batu

Perlu kalian ketahui jika biduran bisa bertambah parah jika terkena panas. Oleh sebabnya, kalian bisa mengakalinya mengompres dengan kain dingin yang bertujuan untuk meredakan gejalanya. Caranya, pertama-tama kalian siapkan es batu, kemudian lilitkan es batu menggunakan handuk atau kain bersih. Setelah itu, kompreskan ke area kulit yang biduran. Dengan menggunakan cara alami berikut ini, maka akan membantu menghilangkan rasa gatal akibat biduran.

4. Jaga Suhu Tubuh dan Lingkungan Supaya sejuk

Jika biduran akan bertambah parah apabila terkena panas, maka kalian juga harus memperhatikan suhu tubuh dan lingkungan supaya tetap sejuk. Sebab panas dapat membuat sensasi gatal bertambah parah. Dengan begitu, kenakan pakaian yang ringan dan jaga suhu di sekitar kalian agar tetap sejuk dan nyaman. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung.

5. Gunakan Minyak Kelapa

Ada begitu banyak bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Minyak kelapa murni adalah satu di antaranya yang mampu membantu mengatasi masalah kulit seperti biduran. Cara pengunaannya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu mengolesi bagian kulit yang gatal dan bengkak akibat biduran dengan minyak kelapa. Sebab, minyak kelapa mengandung pelembab dan anti bakteri sehingga efektif digunakan untuk mengatasi biduran.

6. Tambahkan Bubuk Kunyit Pada Makanan

Kunyit memang dikenal sebagai rempah yang kaya akan manfaat. Kunyit yang diolah menjadi bubuk dapat meringankan radang dan membantu menyembuhkan luka, termasuk juga mengatasi biduran. Dengan begitu, kalian bisa menambahkan bubuk kunyit pada makanan yang kalian akan konsumsi.

Itulah sederet cara ampuh mengatasi biduran. Meski biduran kerap dianggap sepele, namun, kalian tetap harus berupaya menerapkan cara menyembuhkan biduran seperti cara diatas. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI