46 Kata-Kata Bijak Anak Rantau Penuh Makna Mendalam dengan Pelajaran Hidup Berharga


Berita | Senin, 8 Februari 2021 10:33
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Memutuskan untuk merantau ke suatu daerah tentunya membutuhkan keyakinan kuat dan motivasi tinggi agar mampu melewati beragam persoalan di kota orang. Tak heran apabila merantau dapat menjadi cara agar bisa hidup mandiri yang jauh dari orang tua ataupun keluarga. Sejumlah kata-kata bijak anak rantau penuh makna mendalam dapat menjadi cara mengungkapkan perasaan ketika merantau.


Ada beragam tujuan seseorang memutuskan merantau diantaranya seperti pendidikan, pekerjaan, hubungan, dan seterusnya. Biasanya anak merantau memiliki jatah waktu tertentu untuk pulang ke kampung halaman baik setahun sekali, dua tahun sekali ataupun enam bulan sekali. Bukan perkara mudah, saat kalian memutuskan merantau sebab ada beragam persiapan yang harus dilakukan.

pasalnya merantau membutuhkan kesiapan mental yang cukup tinggi untuk bertahan hidup di kota orang. di mana kalian akan dihadapkan dengan kondisi yang mungkin berbeda baik budaya, bahasa, makanan serta jauh dari orang tua. Namun kondisi tersebut seringkali memberikan pelajaran yang berharga dan tidak terlupa bagi anak rantau.

Ya, jika kalian saat ini tengah merantau, ada sejumlah kata-kata bijak anak rantau yang bisa memberikan semangat dan motivasi. Kata-kata bijak anak rantau ini dapat mewakili perasaan hati saat dihadapkan dengan masalah yang muncul ketika merantau.

Adapun kata-kata bijak anak rantau penuh makna mendalam terdapat pada beberapa poin di bawah ini. Berikut kata-kata bijak anak rantau penuh makna mendalam telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Kata-Kata Bijak Anak Rantau

Kata-kata bijak anak rantau (credit: freepik.com)

Seperti ulasan sebelumnya keputusan kalian untuk merantau bisa didasari beberapa alasan baik pendidikan ataupun pekerjaan. Di mana keduanya dapat memiliki waktu tertentu untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Namun tidak dapat dipungkiri seringkali ada saja masalah yang kalian hadapi akan tetapi memberikan pelajaran yang bijak. Sejumlah kata-kata anak rantau di bawah ini mungkin bisa mewakili perasaan kalian yang saat ini tengah merantau.

1. Merantau adalah petualangan paling menantang, karena di sinilah mental kami ditempa sekeras-kerasnya. Sehingga jangan bandingkan dengan mental anak mama dan papa.

2. Merantaulah, agar kamu bisa merasakan betapa besarnya rindu akan kampung halamanmu.

3. Dimana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung, sebagai perantau aku akan selalu menghormati adat dan istiadat di mana pun aku berada.

4. Sepintar-pintarnya melakukan penghematan, ada masa dimana bertahan hidup di perantauan tanpa uang satu rupiah pun.

5. Jangan bangga atas apa yang sudah diberikan oleh orang tuamu padamu. Banggalah atas apa yang bisa kau berikan pada orangtuamu.

6. Mungkin saya sedang jauh dari orangtua serta keluarga tetapi dengan doa semuanya terasa dekat serta sangat bersahaja.

7. Anak rantau adalah orang-orang hebat yang mendapatkan kepercayaan dari orangtua untuk melangkah dari zona nyaman.

8. Di dalam hati dan juga langkah kaki ini, tercipta sebuah impian untuk mewujudkan harapan dari orang yang menanti diriku.

9. Sakit merupakan hal yang tidak pernah diinginkan oleh semua orang, namun kalau itu terjadi terhadap anak rantau, hanya bisa menangis dan bersabar.

10. Ambillah risiko, kalau menang, kamu akan senang. Kalau kamu kalah, kamu akan jadi orang bijak.

11. Di perantauan sungkan pulang, di rumah enggan berangkat lagi.

12. Hidup hemat merupakan salah satu dari sebuah perjuangan, aku yakin tidak ada hasil yang mengkhianati sebuah proses.

 

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

2. Kata-Kata Bijak Anak Rantau Agar Sukses

Kata-kata bijak anak rantau agar sukses (credit: freepik.com)

Apapun faktor yang membuat seseorang atau kalian memutuskan merantau tujuannya tetap sama yakni kesuksesan. Ya, sukses di tanah perantauan memang menjadi harapan setiap anak perantau. Selain membanggakan orang tua, sukses diperantauan memberikan pengalaman hidup yang luar biasa. Sejumlah kata-kata bijak anak rantau agar sukses di bawah ini bisa mewakili perasaan kalian. Berikut kata-kata bijak anak rantau agar sukses.

13. Sukses adalah pencapaian. Sedangkan berjuang adalah kewajiban tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan.

14. Sukses adalah pencapaian. Sedangkan berjuang adalah kewajiban.

15. Kunci sukses di perantauan adalah menguatkan hati untuk tidak mudah goyah hanya karena sebuah kerinduan kepada keluarga.

16. Tidak ada sebuah kesuksesan tanpa pengorbanan dan tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan.

17. Untuk mencapai kesuksesan, kita jangan hanya bertindak, tapi juga perlu bermimpi, jangan hanya berencana, tapi juga perlu untuk percaya. - Anatole France

18. Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan.

19. Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu.

20. Alasan mengapa banyak orang yang tidak menyadari kesempatan adalah karena kesempatan selalu muncul dalam bentuk kerja keras.

21. Jangan pernah bermimpi untuk sukses, tapi kerjakan sesuatu untuk meraih kesuksesan.

22. Saat mereka bilang mimpi kita terlalu besar. Katakan pada mereka bahwa pengetahuannya kurang luas.

23. Penentu masa depan adalah diri kamu sendiri dan bukan orang tua atau saudaramu.

24. Semua impian kita dapat menjadi nyata, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya. - Walt Disney

25. Demi keluarga dan demi cita-citaku, maka akan aku akan bekerja dengan sepenuh hati.

 

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

3. Kata-Kata Bijak Anak Rantau Agar Semangat

Kata-kata bijak anak rantau penuh semangat (credit: freepik.com)

Ada sejumlah kata-kata bijak anak rantau agar tetap semangat menghadapi beragam persoalan hidup di tanah perantauan. Berikut ini kata-kata bijak anak rantau agar tetap semangat dan termotivasi.

26. Tiap langkah kakiku berpijak ada sebuah harapan yang ditanam oleh orang-orang yang sangat mencintai dan merindukan diriku ini, oleh sebab itu saya tidak boleh gagal.

27. Apapun rintangan dan halangan yang sedang saya hadapi saat ini pasti saya akan jalani sepenuh hati dan lapan dada.

28. Seringkali muncul sebuah keraguan, akan kekuatan diri sendiri bahkan kamu belum mencoba untuk memulainya.

29. Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif, dan lakukan yang terbaik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa.

30. Jangan tanyakan pada diri kamu apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuat kamu hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias.

31. Selalu lakukan yang terbaik dalam segala sesuatunya, karena Allah selalu menciptakan yang terbaik buat hambanya yang tidak pernah berhenti untuk berdoa dan kerja keras.

32. Jangan biarkan siapapun mengatakan kau tidak bisa melakukan sesuatu. Kau bermimpi, kau harus menjaganya. Kalau menginginkan sesuatu, raihlah. Titik.

33. Pengalaman adalah guru yang kejam. Ia memberikan ujian dulu, baru pelajaran.

34. Masalah yang aku hadapi saat ini terlampau kecil, jika dibandingkan besarnya cita-cita dan keinginanku membanggakan orang tua. Buang segera keluh kesah, gantikan dengan pencapaian-pencapaian yang indah.

35. Semangat yang luar biasa akan mengalahkan rasa lelah yang menyiksa kala merantau.

36. Di dalam hati dan juga langkah kaki ini, tercipta sebuah impian untuk mewujudkan harapan dari orang yang menanti diriku.

37. Kami mungkin punya mental yang jauh lebih kuat dibanding anak yang masih tinggal bersama orangtua. Setiap permasalahan yang ada kami hadapi dengan sendiri dan mandiri.

 

 

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

4. Kata-Kata Bijak Anak Rantau Penuh Makna dan Inspirasi

Kata-kata bijak anak rantau penuh makna (credit: freepik.com)

Sejumlah kata-kata bijak anak rantau penuh makna ini bisa memberikan inspirasi bagi banyak orang. Sebab ada beragam pelajaran berharga yang bisa diambil dari beragam persoalan anak perantauan. Berikut ini sejumlah kata-kata bijak anak rantau penuh makna dan menginspirasi.

38. Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Namun, orang-orang yang terus belajar akan menjadi pemilik masa depan.- Mario Teguh

39. Jika kamu pergi untuk mencari ilmu ataupun nafkah, niatkanlah untuk ibadah supaya setiap langkahmu menjadi berkah.

40. Jika seseorang berpergian mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti menuju surga. - Nabi Muhammad SAW

41. Kesendirian adalah hal yang paling sering kami rasakan sebagai anak rantau. Tetapi apa yang sedang kami rasakan ini hampir tidak pernah diungkapkan kepada orang tua. Kalau tiba saat kumpul bersama keluarga, di situlah kebahagiaan sejati yang sebenarnya.

42. Merantau itu bukan hal remeh. Jauh dari orang tua dan keluarga adalah hal paling sulit untuk dijalani. Tetapi, berbahagialah mereka yang saat ini berada jauh di tanah rantau. Semakin jauh dari orang tua, justru hati semakin dekat.

43. Merantaulah, maka engkau akan tahu betapa berharganya waktu bersama keluarga.

44. Perantau tidak hanya memiliki hati yang kuat. Mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuannya tanpa melibatkan kedua orangtua.

45. Merantau akan memberikanmu banyak pengalaman hidup. Pergilah sejauh mungkin, tapi jangan sampai lupa pulang.

46. Merantaulah! Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan hidup di negeri asing (di negeri orang). - Imam Asy-Syafi'i

Nah itulah 46 kata-kata bijak anak rantau penuh makna mendalam dan memotivasi. Beragam kata-kata bijak anak rantau tersebut bisa mewakili perasaan hati kalian.

Sumber: Brilio.net, titikdua.net

 

 

 

 

 

 

(kpl/nlw)

Topik Terkait