9 Alasan dan Penyebab Anak Susah Makan, Ini Tips Mudah Mengatasinya


Berita | Selasa, 12 Januari 2021 10:55
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Menjaga asupan dan pola makan anak tentunya sangat penting dilakukan orang tua agar mendukung tumbuh kembang mereka. Namun sayangnya beberapa masalah kerap dihadapi orang tua terutama saat anak mengalami susah makan. Penyebab anak susah makan dapat terjadi karena beragam alasan tertentu yang perlu diketahui orang tua.


Anak susah makan seringkali membuat khawatir orang tua terutama terjadi pada usia balita. Kondisi ini bisa disebabkan alasan tertentu baik kondisi medis ataupun perubahan nafsu makan anak. Ketika mendapati buah hati tercinta mengalami susah makan, orang tua biasanya melakukan beragam trik meningkatkan nafsu makan si kecil.

Misalnya saja membuat aneka karakter favorit untuk menarik perhatian mereka agar memicu anak menyantap makanannya. Meski trik tersebut seringkali berhasil, namun beberapa kondisi tidak dapat diatasi dengan hanya membuat karakter favorit anak. Bisa jadi hal tersebut dialami karena alasan lainnya yang perlu dipahami orang tua.

Jika penyebabnya berkaitan dengan kondisi medis, konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mengatasi anak susah makan secara tepat. Beberapa penyebab anak susah makan di bawah ini mungkin dapat menjadi salah satu alasan buah hati tercinta mengalami penurunan nafsu makan.

Adapun penyebab anak susah makan dapat kalian simak melalui beberapa ulasan di bawah ini. Berikut penyebab anak susah makan telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 10 halaman

1. Pemilih Makanan

(credit: freepik.com)

Penyebab anak susah makan yang pertama dapat terjadi karena anak adalah seorang pemilih makanan. Melansir dari jillcastle.com, seiring bertambahnya usia anak biasanya mereka cenderung menjadi pemilih makanan. Sebab sejumlah anak diketahui memiliki masalah yang disebut dengan istilah ARFID. ARFID adalah gangguan makan yang ditandai dengan keinginan konsumsi makanan dalam jumlah sangat sedikit.

Kondisi tersebut dapat membuat anak susah makan atau bahkan menghindari makanan. Misalnya saja anak menjadi pilih-pilih makanan dan mungkin menolak makanan.  Selain itu mungkin anak juga mengalami sesuatu yang disebut dengan neophobia makanan, yakni ketakutan akan makanan baru yang merupakan salah satu karakteristik dari pemilih makanan.

Beberapa anak juga mengalami sensitif terhadap makanan tertentu baik bau, rasa ataupun tekstur. Inilah yang mungkin menjadi penyebab anak susah makanan meski dilakukan dengan beragam cara. Untuk mengatasinya, pahami lebih detail tentang makanan yang disukai anak.

2 dari 11 halaman

2. Porsi Terlalu Banyak

(credit: freepik.com)

Penyebab anak susah makan selanjutnya dapat terjadi karena porsi yang terlalu banyak. Kondisi ini bisa dialami oleh sebagian anak yang tidak dapat makan dalam porsi banyak atau terlalu besar. Dalam hal ini ada sejumlah anak yang mungkin tidak dapat makan dalam porsi banyak bahkan cenderung menyisakan makanan.

Hal ini dapat menjadi salah satu alasan anak susah makan yang perlu dipahami orang tua. Untuk mengatasinya, mengurangi porsi makan si kecil dapat dilakukan namun tetap memastikan nilai gizi dan nutrisi makanan yang disajikan. Cara tersebut mungkin dapat membuat si kecil kembali bersemangat makan dan bisa menghabiskan makanan mereka.

3 dari 11 halaman

3. Alergi Makanan

Mendapati anak susah makan salah satu penyebabnya dapat terjadi karena buah hati mungkin alergi terhadap makanan. Melansir dari jillcastle.com, beberapa anak mungkin alergi terhadap makanan dan tidak dapat makan dengan cukup baik. Misalnya saja beberapa contoh alergi tersebut seperti susu, kedelai, telur, kacang tanah, ataupun ikan.

Alergi makanan ini bisa membuat orang tua harus menjaga dan membatasi terhadap asupan makanan si kecil. Inilah yang mungkin menjadi alasan pilihan makanan tertentu dan membuat mereka cenderung bosan terhadap makanan. Untuk mengatasinya konsultasi dengan ahli gizi anak bisa dilakukan agar si kecil dapat nutrisi yang seimbang terkait asupan makanan.

4 dari 11 halaman

4. Terlalu Banyak Makan Camilan

(credit: freepik.com)

Di usia belia banyak dijumpai fakta bahwa seorang anak cenderung lebih menyukai camilan favorit mereka. Namun terlalu banyak makan makanan ringan atau camilan dapat berpotensi membuat anak susah makan. Dalam artian mereka cenderung lebih kenyang makan camilan dibandingkan dengan makanan utamanya.

Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan anak susah makan saat waktu makan. Baik makanan ringan ataupun minuman, kondisi tersebut sama-sama bisa memicu gangguan makan si kecil. Untuk itu perhatikan asupan makanan camilan buah hati dalam porsi tepat dapat dilakukan untuk mencegah gangguan makan di kecil pada saat waktu makan.

5 dari 11 halaman

5. Sensitif Terhadap Tekstur dan Rasa

(credit: freepik.com)

Seperti ulasan sebelumnya, penyebab anak susah makan juga dapat disebabkan karena mereka sensitif terhadap tekstur dan rasa. Sebab sejumlah makanan memiliki tekstur yang mungkin bagi si kecil cenderung dihindari. Misalnya saja mereka merasa ragu untuk konsumsi makanan dengan tekstur basah, licin, kasar, ataupun lembek.

Selain tekstur, beberapa anak juga dapat sensitif terhadap rasa ataupun aroma tertentu. Ini biasanya terjadi pada anak-anak yang termasuk pemilih makan. Melansir dari jillcastle.com, seorang anak yang termasuk pemilih makan biasanya mungkin lebih menyukai rasa hambar ataupun berwarna putih. Meski begitu konsultasi dengan dokter dapat dilakukan agar mendapat saran tepat terkait nutrisi bagi buah hati.

6 dari 11 halaman

6. Terlalu Kenyang Terhadap Susu ataupun Minuman Tertentu

(credit: freepik.com)

Penyebab anak susah makan selanjutnya bisa dipicu karena mereka mungkin terlalu kenyang terhadap susu ataupun minuman tertentu. Sebab susu dapat memberi efek mengenyangkan bagi buah hati karena mengandung sejumlah lemak dan protein. Meski konsumsi susu cukup baik bagi tumbuh kembang anak, namun terlalu banyak minum susu juga dapat berdampak pada gangguan makan utama si kecil.

Begitu juga dengan sejenis minuman lainnya seperti jus yang dapat mengenyangkan buah hati apabila terlalu banyak diminum. Untuk itu memperhatikan jumlah susu ataupun minuman tertentu sebelum waktu makan utama bisa dilakukan orang tua.

7 dari 11 halaman

7. Fokus Anak Teralihkan

(credit: freepik.com)

Penyebab anak susah makan juga dapat disebabkan karena fokus mereka yang teralihkan. Misalnya saja ketika makan anak sambil menonton TV ataupun bermain, ini dapat memicu si kecil tidak dapat fokus pada makanannya. Melansir dari sarahremmer.com, orang tua biasanya melakukan beragam macam cara agar si kecil mau makan dengan Teknik pengalih perhatian. Namun sayangnya beberapa anak mudah teralihkan oleh mainan tertentu pada saat ini. Dampaknya mereka cenderung fokus pada mainan namun tidak untuk makanannya. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan membiarkan anak fokus pada makanannya dan dapat bermain setelah mereka menyelesaikan makanannya.

8 dari 11 halaman

8. Tidak Enak Badan

Sama halnya dengan orang dewasa yang biasanya cenderung mengalami gangguan makan saat mereka merasakan tidak enak badan. Hal ini juga menyerang anak-anak yang juga menjadi penyebab anak susah makan. Sebab saat sakit seorang anak seringkali makan lebih sedikit bahkan tidak nafsu makan.

Kondisi ini biasanya dapat membaik setelah anak kembali sehat terkait dengan pola makan mereka. Namun konsultasi dengan dokter diperlukan agar buah hati mendapatkan nutrisi yang seimbang saat mengalami tidak enak badan ataupun sakit.

9 dari 11 halaman

9. Bosan Terhadap Makanan

(credit: freepik.com)

Penyebab anak susah makan juga bisa dipicu karena si kecil bosan terhadap makanan. Ini terjadi ketika anak mungkin merasakan lelah ataupun bosan dengan makanan yang disajikan. Akibatnya penolakan makanan ataupun susah makan dapat dialami orang tua. Melansir dari sarahremmer.com, penyajian makanan yang berulang kali dengan menu yang sama dapat memicu rasa bosan seorang anak.

10 dari 11 halaman

10. Tips Mengatasi Anak Susah Makan

(credit: freepik.com)

Adapun beberapa tips mengatasi anak susah makan untuk meningkatkan nafsu makan mereka dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut. Ini tips mengatasi anak susah makan yang dapat dicoba orang tua:

- Membuat makanan lebih menarik untuk meningkatkan nafsu makan mereka.

- Jangan membuat anak merasakan tekanan atau tertekan selama waktu makan.

- Sajikan makanan saat anak mulai lapar dan sesuaikan dengan jadwal makan buah hati.

- Pahami makanan favorit anak dan dorong anak membuat pilihan makanan mereka.

- Sajikan dalam porsi lebih kecil secara berkala.

- Hindari memaksa anak apabila tidak lapar.

- Batasi asupan camilan tertentu terutama makanan ringan yang kurang sehat.

Nah itulah 9 penyebab anak susah makan beserta Tips Mudah Mengatasinya. Konsultasi dengan dokter gizi anak dapat dilakukan untuk membantu mengatasi anak susah makan dan nilai gizi ataupun nutrisi yang diperlukan mereka.

(kpl/nlw)

Topik Terkait