6 Cara Menghilangkan Bau Daging di Kulkas dengan Mudah

Rabu, 12 Agustus 2020 10:22 Penulis: Puput Saputro
6 Cara Menghilangkan Bau Daging di Kulkas dengan Mudah
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Daging yang disimpan terlalu lama di kulkas akan menimbulkan bau menyengat. Bau yang amis dari daging akan sangat mengganggu. Jika terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan juga akan berpengaruh terhadap kesegaran bahan makanan lain yang ada di kulkas. Jadi, sebaiknya sesegera mungkin lakukan cara menghilangkan bau daging di kulkas.

Namun, faktanya menghilangkan bau daging di kulkas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Bau dari daging memang terkenal awet dan susah untuk dihilangkan. Padahal, tak hanya mengancam kesegaran bahan makanan lain, bau daging di kulkas juga sering kali membuat mual. Itulah sebabnya mengapa bau amis dari daging di kulkas sebaiknya segera diatasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menghilangkan bau daging di kulkas.

 

 

1. Keluarkan Sumber Bau

Langkah pertama untuk menghilangkan bau amis di kulkas adalah dengan mengeluarkan sumber bau. Jadi, jangan menyimpan daging di kulkas terlalu lama. Di samping itu, agar kulkas tidak berbau amis, keluarkan daging yang tersimpan lalu olah menjadi masakan. Sebab, akan percuma melakukan berbagai usaha untuk menghilangkan bau di saat sumber bau masih ada di dalam kulkas.

2. Pakai Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan masakan, baking soda sudah teruji bisa dipakai untuk berbagai hal. Selain utuk membersihkan kerak di lantai dan noda di pakaian, baking soda ternyata ampuh untuk hilangkan bau amis.

Dilansir dari meibcafreezer.com, baking soda dipercaya bisa menyeimbangkan keasaman dan alkalinitas di sekitar zat berbau di tempat penyimpanan daging. Dengan begitu, bau amis dari bekas daging akan menghilang.

Cara menghilangkan bau daging di kulkas dengan baking soda sangatlah mudah. Pertama-tama, kalian cukup menyimpan baking soda dalam wadah terbuka. Letakkan wadah tersebut di dalam kulkas. Untuk menyerap bau amis dari daging secara maksimal, dibutuhkan waktu kurang lebih 24 jam. Jika sudah lebih dari 24 jam dan bau menghilang, kalian bisa membuang baking soda tersebut.

3. Pakai Cuka Putih

Cara menghilangkan bau daging di kulkas yang kedua bisa menggunakan cuka putih. Sama seperti baking soda, cuka putih juga dipercaya bisa mengikat bau amis dari daging. Mengatasi bau amis di kulkas dengan cuka putih juga sangatlah mudah.

Larutkan cuka putih dan air, dengan perbandingan 1: 1. Jika sudah, kalian bisa mengelap bagian dalam kulkas yang berbau tidak sedap. Agar lebih maksimal, kalian juga bisa langsung masukkan secangkir cuka putih ke dalam kulkas, lalu tutup pintunya untuk beberapa saat.

4. Pakai Kopi

Selama ini kopi juga jadi salah satu bahan alami yang cukup sering dipakai untuk menghilangkan bau tak sedap. Ternyata, kopi juga bisa dipakai untuk hilangkan bau amis menyengat dari daging. Caranya sangatlah mudah, kalian hanya perlu menyimpan bubuk kopi dalam tempat penyimpanan daging di kulkas. Agar bau amis tersebut benar-benar hilang, diamkan selama kurang lebih 24 jam lamanya.

Kalian bisa memakai jenis kopi bubuk apa saja. Namun, cara ini diyakini akan lebih efektif jika digunakan bubuk kopi yang baru saja digiling.

5. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang mempunyai aroma dan rasa yang menyegarkan. Aroma menyegarkan dari buah lemon ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai untuk menghilangkan bau daging di kulkas. Caranya sangatlah mudah, kalian cukup meletakkan beberapa potong irisan lemon di kulkas, khususnya tempat kalian bisa menaruh daging.

Selain menyegarkan, irisan lemon juga diyakini bakal mengikat bau amis dari daging. Cara ini bisa kalian lakukan terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan. Sebab, tak hanya hilangkan bau daging, cara ini juga bisa hilangkan bau tak sedap lainnya. Namun, perlu diingat kalian harus mengganti irisan lemon setiap seminggu sekali.

Selain cara di atas, kalian juga bisa menggunakan perasan air lemon. Caranya tak kalah gampang, kalian cukup meletakkan air perasan lemon yang dicampur air ke dalam freezer atau tempat menyimpan daging. Setelah itu, tutup dan diamkan beberapa saat hingga bau amis menghilang dengan sendirinya.

6. Garam

Garam juga bisa kalian coba gunakan untuk menghilangkan bau aneh dan menyengat dari daging di kulkas. Untuk menghilangkan bau amis di kulkas, kalian cukup mudah, kira-kira 3-5 sendok makan garam pada 3 liter air hangat. Jika sudah, gunakan larutan air garam tersebut untuk membersihkan kulkas.

Caranya, dengan memakai spons gosokkan air garam ke seluruh bagian kulkas yang berbau. Setelah itu, kalian bisa membersihkan ulang dengan cara membilaskan air bersih.

Itulah di antaranya beberapa cara menghilangkan bau daging di kulkas. Kalian bisa mencobanya, agar kulkas tetap bersih, tidak berbau, serta tetap bisa berfungsi menjaga bahan makanan bersih dan segar.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI