Tak Hanya Pengharum Ruangan, Ini 8 Manfaat Minyak Akar Wangi untuk Kesehatan

Rabu, 12 Agustus 2020 09:22 Penulis: Nurul Wahida
Tak Hanya Pengharum Ruangan, Ini 8 Manfaat Minyak Akar Wangi untuk Kesehatan
Manfaat minyak akar wangi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Akar wangi menjadi salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai pengharum ruangan. Masyarakat tanah air terbilang sudah tak asing lagi dengan jenis akar yang satu ini karena wanginya yang begitu harum. Tak hanya untuk pengharum ruangan, rupanya ada sejumlah manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan yang kandungan nutrisi di dalamnya.

Berdasarkan negara asalnya, akar wangi merupakan sejenis rumput yang berasal dari India. Namun di Indonesia sendiri akar wangi sudah banyak dibudidayakan serta digunakan untuk pengharum ruangan. Bukan hanya itu saja, ada sejumlah produk kerajinan yang juga bisa dibuat dari akar wangi dengan minat cukup banyak dari masyarakat.

Tumbuhan yang masih masuk dalam keluarga seperti serai dan padi ini juga menyimpan sejumlah khasiat menakjubkan di dalamnya. Dimana selain sebagai pengharum ruangan, akar wangi juga kerap menjadi bahan utama pembuat minyak karena aromanya yang begitu segar. Dari minyak akar wangi inilah terdapat manfaat untuk kesehatan yang bisa diperoleh.

Lalu apa saja manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan?

Adapun manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena kandungan nutrisi di dalam akar wangi yang bisa atasi sejumlah masalah kesehatan. Berikut manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan bersumber dari food.ndtv.com dan netmeds.com.

 

1. Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan salah satunya dapat menghilangkan bekas luka pada tubuh. Tentunya setiap orang ingin agar tubuh mereka terlihat menawan tanpa bekas luka yang dapat diperoleh siapa saja. Tak heran jika cukup banyak dari mereka mencoba berbagai cara demi mendapatkan kulit indah bebas dari luka.

Namun tak perlu bingung, sebab manfaat akar wangi yang diekstrak menjadi minyak ini dapat menghilangkan bekas luka pada tubuh dan membuatnya kembali seperti semula. Kandungan zat cicatrizant dalam minyak akar wangi ini diklaim dapat mempercepat hilangnya bekas luka tubuh.

2. Pertahankan Daya Tahan Tubuh

Tak hanya untuk menghilangkan bekas luka, manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan juga bisa pertahankan daya tahan tubuh. Manfaat ini bisa diperoleh dari minyak akar wangi karena kandungan tonik di dalamnya yang bisa meningkatkan sejumlah organ tubuh seperti pencernaan, pernapasan, sistem saraf dan lain sebagainya.

3. Cegah Jerawat

Manfaat minyak akar wangi juga bisa mencegah jerawat pada kulit. Dimana jerawat termasuk salah satu masalah kulit yang cukup banyak dihindari setiap orang lantaran dapat mengganggu penampilan tubuh. Nggak heran banyak dari mereka melakukan berbagai perawatan agar kulit terbebas dari jerawat meski dengan perawatan mahal.

Namun rupanya, manfaat minyak akar wangi ini bisa membantu mencegah jerawat muncul pada tubuh. Sebab minyak akar wangi termasuk salah satu minyak yang cukup lembut saat digunakan dan bisa menenangkan kulit. Caranya menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak akar wangi yang dicampur minyak pohon teh lalu menggunakannya sebagai obat jerawat.

4. Redakan Radang Tubuh

Manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan selanjutnya juga dapat digunakan sebagai minyak pereda radang. Terutama peradangan pada kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari langsung. Efek menenangkan minyak akar wangi ini diyakini bisa meringankan peradangan dan meredakannya. Namun penggunaan sekali lagi penggunaan minyak akar wangi tersebut harus dilakukan dalam batas wajar agar tak memberikan dampak lain bagi tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan juga memberikan khasiat bagi rambut. Rambut sendiri merupakan mahkota yang cukup banyak diperhatikan oleh setiap orang. Namun rupanya manfaat minyak akar wangi ini bisa membuat rambut lebih sehat dan tercegah dari beberapa masalah yang muncul seperti ketombe.

Sifat anti mikroba dalam minyak akar wangi dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah di folikel rambut serta dapat meningkatkan pembentukan kolagen. Bukan hanya itu minyak akar wangi juga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

6. Baik untuk Kulit

Kulit yang sehat bukan saja bisa menunjang penampilan namun juga dapat membuat kesehatan tubuh tetap terjaga. Untuk menjaga kesehatan kulit tersebut perawatan dari dalam dan luar diperlukan agar kulit bisa mendapat nutrisi yang sempurna.

Mengutip dari netmeds.com, minyak akar wangi memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang bisa mengurangi peradangan kulit termasuk membersihkan kulit dari dalam. Tak hanya itu saja minyak akar wangi juga bisa menjaga kelembapan kulit. Mengoleskan 2 tetes minyak akar wangi dengan campuran air mawar dan jus lemon bisa dilakukan untuk menjaga kelembabannya.

7. Mencegah Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri tentunya bisa sebabkan sejumlah masalah pada tubuh yang dapat berdampak pada kondisi kesehatan. Namun ternyata manfaat minyak akar wangi bisa mencegah bakteri yang menyerang tubuh salah satunya seperti bakteri Staphylococcus aereus. Dimana mengutip dari liputan6.com bersumber dari Journal of Pharmaceutical Studies menyebutkan bahwa minyak akar wangi dapat menghentikan pertumbuhan bakteri.

8. Meringankan Gangguan Saraf

Kandungan tonic nervine dalam minyak akar wangi berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf pada tubuh yang dapat bermanfaat bagi kondisi kesehatan. diantaranya minyak akar wangi rupanya bisa meringankan gangguan saraf seperti karena stres, ketakutan dan lain sebagainya.

Nah itulah 8 manfaat minyak akar wangi untuk kesehatan, salah satunya bisa menghilangkan bekas luka. Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan minyak akar wangi sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. hentikan pemakaian jika mengalami iritasi ataupun masalah pada tubuh yang kunjung membaik.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI