6 Tips Mencuci Baju Agar Tidak Bau Apek dan Cepat Kering Saat Musim Hujan

Rabu, 12 Agustus 2020 09:44 Penulis: Dhia Amira
6 Tips Mencuci Baju Agar Tidak Bau Apek dan Cepat Kering Saat Musim Hujan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Musim hujan menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, karena cuaca saat musim hujan menjadi sangat sejuk dan dapat menjadi teman beristirahat yang pas. Tetapi saat musim hujan, mencuci pakaian jadi lebih sulit untuk kering dan dapat membuat baju mudah bau apek.

Tentu saja bagi orang-orang yang tidak memiliki mesin cuci akan kesulitan untuk mengeringkan baju secara cepat dan juga instan di saat musim hujan. Tetapi ternyata ada loh beberapa tips mencuci baju agar tidak bau apek serta cepat kering. Dan tentu saja cara yang digunakan pun tidak terlalu sulit.

Kira-kira apa saja ya tips tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 tips mencuci baju agar tidak bau apek dan cepat kering yang mudah dan praktis saat musim hujan. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Mencuci dengan Air Mengalir

Tips mencuci baju yang pertama yaitu dengan menggunakan air yang mengalir. Baju merupakan salah satu pakaian yang banyak terdapat bakteri. Dan bakteri inilah yang dapat menyebabkan bau pada pakaian kita bila tidak dijemur dengan sinar matahari.

Saat musim hujan, tentu saja matahari akan sangat sulit untuk muncul. Maka dari itu cuci lah pakaian kalian dengan air yang mengalir, sehingga bakteri yang terdapat pada air cucian tersebut tidak berada di area wadah cuci kalian saja.

Dan jangan lupa untuk membilas pakaian cukup sering, karena untuk menghilangkan bakteri di pakaian yang masih menempel. Serta untuk menghilangkan busa yang terdapat pada pakaian, karena busa yang tersisa juga akan membuat pakaian sulit kering dan menimbulkan bau apek.

2. Jangan Terlalu Lama Rendam

Biasanya untuk memberikan aroma yang wangi, kita akan merendam pakaian dengan waktu yang lama dengan pewangi pakaian. Tetapi hal tersebut salah ya KLovers, karena pakaian yang direndam terlalu lama juga akan membuat pakaian menjadi semakin bau.

Bila saat musim hujan, tips mencuci baju yang baik yaitu dengan mengurangi waktu untuk merendam pakaian. Cukup rendam selama 15 hingga 20 menit saja, setelah itu langsung dikeringkan. Selain wangi pada pakaian bertahan, cara ini juga akan membuat baju yang kita kenakan tidak cepat pudar.

3. Menggunakan Pewangi Pakaian

Tips mencuci baju yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan pewangi. Selain menggunakan pewangi saat merendam, kalian juga bisa kok menggunakan pewangi saat menyetrika pakaian.

Tetapi perlu diingat untuk tidak terlalu lama merendam pakaian, agar pakaian tetap wangi dan tidak bau. Lalu jangan terlalu banyak menggunakan pewangi pakaian ketika akan di setrika. Hal ini akan membuat baju bau karena air pewangi yang di semprotkan.

4. Jemur di Ruangan Luas

Setelah mencuci, tentu saja menjemur pakaian juga harus diperhatikan. Dan menjemur yang baik yaitu dengan mencari tempat yang sesuai dengan kondisi pakaian saat itu. Ada baiknya menjemur di tempat yang luas dan juga banyak sirkulasi angin.

Walaupun tidak ada matahari, tetapi sirkulasi angin sangat dibutuhkan pakaian agar cepat kering dan mengurangi kelembapan. Bila ruangan lembab, dan kalian gunakan untuk menjemur, maka ruangan dan pakaian tersebut semakin lembab. Hal ini tentu dapat menyebabkan baju semakin bau apek ketika digunakan.

5. Jemur di Dekat Lampu

Selain di ruangan yang luas, kalian juga bisa loh menjemur pakaian di dekat penerangan yang lumayan hangat. Hal ini karena lampu mengeluarkan aura hangat yang membuat cucian kalian dapat cepat mudah kering.

Tetapi hal ini tidak untuk digunakan pada pakaian yang banyak ya KLovers. Cara ini hanya digunakan untuk pakaian yang jumlahnya sedikit. Karena panas lampu tidak cukup mengeringkan pakaian yang dijemur dengan jarak jauh.

6. Jangan Ditumpuk

Dan tips mencuci baju agar tidak mudah apek yang terakhir yaitu dengan cara memisahkan pakaian. Walaupun pakaian sudah kering, tetapi bila tidak terkena sinar matahari maka bakteri dalam pakaian tidak sepenuhnya menghilang.

Tentu saja bila kalian menumpuk pakaian tersebut maka akan membuat baju menjadi bau ketika akan di setrika. Apalagi bila kalian menumpuk pakaian yang tebal, tentu saja hal ini akan membuat pakaian tersebut mudah bau ketika dikenakan.

Jadi sebisa mungkin untuk tidak menumpuk pakaian dengan jenis dan ketebalan yang berbeda. Bila kalian ada gantungan baju, maka kalian bisa menggunakan gantungan baju tersebut untuk membuat pakaian tetap terkena udara selama belum di setrika.

Itulah 6 tips mencuci baju yang baik dilakukan agar tidak bau apek dan cepat kering saat musim hujan. Cara-cara di atas juga sangat baik dilakukan agar pakaian tetap awet dan tidak mudah rusak. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI