Arti Kepo dan Contoh Penggunaannya di Keseharian, Ketahui Juga Makna Berbagai Kata Gaul Lainnya

Kamis, 16 Juni 2022 15:11 Penulis: Puput Saputro
Arti Kepo dan Contoh Penggunaannya di Keseharian, Ketahui Juga Makna Berbagai Kata Gaul Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Penggunaan bahasa gaul sudah jadi hal yang sangat lumrah di kalangan anak muda. Bahkan tak saja anak muda, banyak anak-anak dan orang dewasa yang turut menggunakan bahasa gaul di kesehariannya. Pasalnya, ada banyak kosakata bahasa gaul yang populer di masyarakat. Kepo adalah salah satunya. Lantas, apa arti kepo yang sebenarnya?

Dibandingkan kosakata bahasa gaul lainnya, kata kepo terbilang jadi salah satu yang paling populer. Kata ini sering kali digunakan sehari-hari dalam berbagai situasi, khususnya dalam obrolan santai dengan teman seumuran. Oleh karena itu, rasanya saat ini penting untuk tahu apa arti kepo, agar kalian bisa menggunakan kata gaul tersebut secara benar dan tepat.

Selain kepo, masih ada banyak kosakata bahasa gaul yang juga perlu diketahui artinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti kepo dan kata gaul lainnya yang sedang populer di kalangan anak muda.

 

1. Arti Kepo

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kepo menjadi salah satu kosakata gaul yang populer di kalangan anak muda masa kini. Namun nyatanya, kata kepo sudah mulai muncul pada tahun 2005. Pada saat itu, kata kepo muncul di salah satu sinetron remaja yang tengah hits, berjudul INIKAH RASANYA. Sejak saat itu, kata kepo menjadi bahasa gaul yang populer dan tetap digunakan hingga sekarang.

Arti kepo disinyalir berasal dari bahasa Inggris. Lebih tepatnya banyak yang menyebut, kepo sebenarnya merupakan sebuah bentuk singkatan dari Knowing Everything Partical Object. Berdasarkan penjabaran tersebut, secara lebih singkat kata kepo bisa diartikan sebagai sikap yang selalu ingin tahu urusan orang lain.

Menariknya, meski tergolong sebagai salah satu kosakata gaul populer, kata kepo ternyata sekarang sudah masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dalam KBBI, arti kepo adalah rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Jika ditelisik, arti dalam KBBI tersebut sesuai dengan penjabaran arti kepo sebagai singkatan dari Knowing Everything Partical Object.

 

2. Contoh Penggunaan Kata Kepo dalam Kalimat

Kata kepo sudah jadi bagian dari bahasa komunikasi sehari-hari. Menariknya, meski disinyalir berasal dari bahasa Inggris, kata kepo sudah biasa digunakan secara melebur dalam kalimat bahasa Indonesia.

Maka dari itu, rasanya tidak akan lengkap bila mengetahui arti kepo tanpa mempelajari cara penggunaannya di keseharian. Berikut beberapa contoh penggunaan kata kepo di keseharian, baik dalam bahasa lisan maupun bahasa tulis.

- "Jangan kepo hidupku bukan urusanmu."

- "Pengin banget dianggap banyak teman, sampai-sampai kepo urusan orang."

- "Ada ya orang kayak gitu. Pinjam Hp orang sampai ngecek isi chat-chatnya. Kepo banget!"

- "Kurang-kurangin kepo sama privasi orang lain dengan dalih perhatian dan peduli."

- "Orang pada kenapa sih, kok suka kepo sama urusan orang lain? Coba deh cari kegiatan yang lebih bermanfaat gitu."

"Katanya nggak kepo, tapi kok nanya mulu."

 

3. Arti Kata Gaul Lainnya

Selain kata kepo, masih ada banyak sekali kosakata gaul yang merupakan singkatan bahasa Inggris. Tentu penting untuk juga mengetahui arti setiap kata gaul tersebut. Sebab sama seperti kata kepo, beberapa kosakata gaul juga telah lumrah digunakan di keseharian. Oleh karena itu, berikut beberapa arti kata gaul selain kepo.

1) Anw

Anw merupakan singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

2) AKA

AKA merupakan singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

3) BTW

BTW merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

4) CMIIW

CMIIW merupakan singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I'm Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

5) FYI

FYI merupakan singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

6) OOTD

OOTD merupakan singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

7) OTW

OTW merupakan singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

8) PAP

PAP merupakan singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

Itulah di antaranya ulasan penjelasan arti kepo dan beberapa kosakata gaul lainnya yang sedang populer di kalangan anak muda. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI