Arti Marketing Digital Beserta Jenis, Kelebihan, dan Cara Memulainya

Rabu, 07 Desember 2022 13:11
Arti Marketing Digital Beserta Jenis, Kelebihan, dan Cara Memulainya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Tak hanya di dunia bisnis, marketing sudah semakin akrab di telinga masyarakat secara umum. Meski begitu, mungkin masih ada yang belum memahami arti marketing, tapi mulai tertarik untuk mempelajarinya lebih serius.

Arti marketing atau pemasaran bisa dipahami sebagai proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Bisa juga dipahami sebagai perihal menyebarluaskan produk atau jasa ke tengah-tengah masyarakat. Bagi pemilik perusahaan, strategi marketing jelas perlu dipikirkan secara matang.

Nah, berikut ini terdapat penjelasan mengenai arti marketing digital beserta jenis, kelebihan, dan cara memulainya yang perlu kalian pelajari.

 

1. Arti Marketing

Arti marketing atau pemasaran bisa dipahami sebagai proses, cara, dan perbuatan menyebarluaskan produk atau jasa kepada masyarakat. Jenis marketing sendiri ada banyak, mulai dari telemarketing atau sales, iklan melalui media, hingga digital marketing.

Digital marketing muncul karena perkembangan teknologi. Hal ini juga membuat definisi marketing jadi lebih luas, yakni secara online dan offline. Pemasaran online dilakukan melalui internet, sementara offline tidak.

Pengetahuan mengenai marketing jelas sangat diperlukan dalam bisnis. Tak hanya sampai mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat, tapi juga harus punya target dalam meningkatkan penjualan. Peningkatan tersebut berdampak pada pertumbuhan bisnis yang sedang dijalankan.

Dalam persaingan bisnis, marketing menjadi salah satu hal yang menentukan apakah produk atau jasa yang kalian miliki tetap bisa diminati. Meski memiliki produk sama, cara marketing dengan materi yang lebih menarik bisa membuat konsumen tetap bertahan.

 

2. Jenis Marketing Digital

Seperti yang dijelaskan, arti marketing adalah proses atau cara memasarkan suatu produk kepada calon pelanggan. Dalam marketing digital, ada beberapa jenis cara yang bisa kalian tempuh, antara lain:

1. Website

Pada era serba digital seperti sekarang, website menjadi salah satu jenis marketing yang bisa dijadikan tolok ukur profesionalisme perusahaan. Selain dianggap lebih terpercaya, perusahaan yang memiliki website juga jadi punya tempat promosi yang hemat.

2. Search Engine Marketing

Website perusahaan bisa dimaksimalkan dengan Search Engine Marketing (SEM) agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Dalam hal ini, terdapat Search Engine Optimization (SEO) yang lebih murah tapi butuh waktu lama. Sementara dengan SEM, biaya yang dibutuhkan lebih mahal tapi lebih cepat.

3. Social Media Marketing

Social Media Marketing menjadi jenis pemasaran yang bisa disebut minim biaya, bahkan gratis. Dengan mengedarkan iklan di media sosial, brand produk atau perusahaan kalian pun akan meningkat.

4. Online Advertising

Selanjutnya, ada jenis marketing yang dinamakan online advertising. Jenis ini memungkinkan kalian dalam mendapatkan konsumen dengan lebih cepat dan memuaskan, tapi diperlukan biaya yang lebih mahal dari jenis yang disebutkan sebelumnya.

5. Email Marketing

Email juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Misalnya, jika punya informasi atau produk terbaru, kalian bisa memberitahu konsumen melalui email.

 

3. Kelebihan Marketing Digital

Mengapa kalian perlu memahami arti marketing digital? Karena cara ini memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan. Beberapa kelebihan marketing digital antara lain,

1. Lebih efektif dan efisien dari segi biaya karena promosi tak harus berbayar, melainkan bisa secara organik. Namun, perlu diingat bahwa ada kompetitor yang juga menjalankan cara ini. Jadi, usahakan untuk mengungguli perusahaan kompetitor dari segi promosi.

2. Hubungan komunikasi dengan target pasar bisa lebih terjaga karena marketing digital bisa dilakukan secara halus dan akrab.

3. Target pasar bisa ditentukan secara spesifik dan bisa terukur efektivitasnya. Selain itu, jangkauannya juga bisa lebih luas dan cepat dibandingkan dengan iklan reklame konvensional.

4. Proses menganalisis pasar sekaligus pesaing jadi lebih mudah karena internet sudah memiliki banyak informasi. Kalian bisa melihat strategi yang diterapkan kompetitor untuk menentukan Brand Positioning di pasar.

5. Minim sumber daya manusia pun tetap bisa jalan karena marketing digital sudah mampu mengurangi peran manusia di beberapa bagian. Biaya operasional bisa diminimalkan dan dialihkan pada bidang yang lebih krusial.

6. Potensi pertumbuhan bisnis lebih signifikan jika berbagai kelebihan di atas bisa dimaksimalkan. Bahkan, bisa jadi lebih cepat menyaingi perusahaan yang masih bertahan dengan cara marketing konvensional.

 

4. Cara Memulai Marketing Digital

Melalui penjelasan tentang arti marketing di atas, mungkin kalian sudah mulai bertanya-tanya bagaimana cara memulai marketing digital? Kira-kira, apa saja yang perlu disiapkan untuk pertama kali setelah mantap dengan produk yang dimiliki?

1. Siapkan alat yang diperlukan dalam marketing digital, seperti, website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Alat ini menjadi aset yang perlu dipersiapkan dan diurus dengan baik.

2. Rencanakan materi yang bagus untuk membuat konten yang menarik dan shareable. Konten yang dimaksud bisa berupa foto, video, tulisan, dan lain sebagainya. Materi ini perlu disesuaikan dengan tujuan dan target pemasaran.

3. Unggah konten tersebut dan lakukan evaluasi terhadap setiap kiriman secara konsisten. Analisis konten seperti apa yang bisa memberikan feedback bagus.

4. Bergabunglah dengan forum marketplace public dengan persiapan profil perusahaan yang bagus. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh terhadap citra brand.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti marketing digital beserta jenis, kelebihan, dan cara memulai yang perlu kalian pelajari.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI