Arti Auto Menurut Kamus dan Sebagai Bahasa Gaul, Ketahui Juga Makna Beberapa Kata Populer Lainnya

Kamis, 05 Mei 2022 13:22
Arti Auto Menurut Kamus dan Sebagai Bahasa Gaul, Ketahui Juga Makna Beberapa Kata Populer Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Belakangan, ada beberapa kata dalam bahasa Inggris yang jadi populer di kalangan masyarakat. Kata auto adalah salah satunya. Dengan mudahnya, penggunaan kata auto bisa kita jumpai di percakapan anak muda sehari-hari. Ya, bukan sebagai kosakata bahasa Inggris biasa, oleh anak muda auto menjadi salah satu kata gaul mereka. Lantas, apa arti auto dalam bahasa gaul?

Dibanding dalam percakapan sehari-hari, penggunaan kata auto sebagai bahasa gaul banyak di media sosial. Biasanya, kata auto muncul dalam kolom caption atau komentar dari suatu postingan foto atau video.

Kendati sudah cukup marak digunakan, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu apa arti auto sebagai kata gaul di media sosial. Padahal tentu penting untuk menguasai kosakata gaul masa kini agar tidak ketinggalan zaman dan terhindar dari salah paham.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti auto yang belakangan jadi kata gaul anak muda masa kini.

 

 

1. Arti Auto Menurut Kamus

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebelum jadi kata gaul auto merupakan bagian dari kosakata bahasa Inggris. Sehingga, untuk mengetahui makna atau arti auto yang asli kita bisa mengeceknya dalam kamus.

Menurut dictionary.cambridge.org, arti auto dalam bahasa Indonesia adalah mobil. Namun, auto juga bisa diterjemahkan untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang otomotif, seperti industri otomotif, mekanik, mesin, transportasi dan sebagainya.

Contoh dalam bentuk kalimat:

- Insurance shares recovered, while a softer euro boosted autos. (Saham asuransi pulih, sementara euro yang lebih lemah mendorong otomotif.)

- Most dealerships sell both new and used autos. (Sebagian besar dealer menjual mobil baru dan bekas.)

Namun dalam bahasa Inggris, kata auto ternyata juga bisa menjadi sebuah awalan. Sebagai awalan, kata auto biasa ditulis serangkai dengan kata selanjutnya atau bisa juga dengan tanda hubung (auto-). Penggunaan awalan auto-, arti auto bisa berarti bekerja sendiri atau secara otomatis. Misalnya: autofocus, auto-immune, auto-regulation, auto-recovery, auto-pilot.

Beberapa contoh kalimat:

- The aircraft is fitted with an auto-recovery system. (Pesawat ini dilengkapi dengan sistem pemulihan otomatis.)

- The plane was on autopilot when it crashed. (Pesawat itu dalam mode autopilot ketika jatuh.)

 

 

2. Arti Auto dalam bahasa Indonesia

Kata auto dari bahasa Inggris ternyata juga sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga, kita juga bisa melacak arti auto dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun sebagai kata serapan dari bahasa asing, kata auto ternyata telah disesuaikan ejaannya menjadi oto.

Dalam KBBI arti oto adalah kendaraan (kereta) yang dijalankan dengan motor; mobil; otomobil. Kendati demikian, kata auto dengan ejaan sesuai bahasa Inggris ternyata tetap terdaftar dalam KBBI sebagai bentuk kata tidak baku dari oto. Sehingga, tak heran jika mungkin di keseharian kita sering menemukan penggunaan kata auto dalam bidang otomotif, transportasi, dan sebagainya.

 

 

3. Arti Auto Sebagai Bahasa Gaul

Belakangan, penggunaan kata auto semakin meluas setelah kata ini menjelma jadi salah satu kata gaul anak muda. Sebagai kata gaul, ternyata arti auto bukan merujuk pada arti oto pada KBBI sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, yaitu berkaitan dengan otomotif, transportasi, dan sebagainya.

Arti auto dalam bahasa gaul ternyata justru diilhami dari arti atau makna auto yang kedua dalam bahasa Inggris, yaitu sebagai awalan. Ya, pada penggunaan bahasa gaul anak muda, arti auto bisa bermakna sesuatu yang bersifat otomatis. Kata ini biasa diikuti dengan kata sifat atau kata benda yang mempunyai fungsi seperti adjektiva (kata sifat).

Namun dalam konteks sebagai kata gaul, penulisan kata auto juga tidak ada aturan mengikat. Sehingga, penulisannya bisa ditulis serangkai dengan kata yang mengikuti, ataupun bisa juga secara terpisah sesuka hati. Misalnya:

- Auto gagal : otomatis gagal

- Auto-menang : otomatis menang

- Autosultan : otomatis jadi sultan (jadi kaya)

- Auto ngakak : otomatis (tertawa) ngakak

 

 

4. Arti Kata Gaul Lainnya

Selain auto masih ada banyak kata gaul yang bermunculan di kalangan anak muda. Nah, mengetahui arti setiap kata gaul tersebut sama pentingnya dengan memahami arti auto. Sebab, mengetahui arti setiap kata gaul bisa membantu kita terhindar dari salah prasangka. Berikut beberapa daftar kata gaul masa kini dan artinya:

1) Cans: Cantik

2) Gils: Gila

3) Goks: Gokil

4) Gans: Ganteng

5) Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

6) Ntaps: Mantap

7) Leh uga: Boleh juga

8) Sabi: Bisa.

9) Takis: Sikat.

10) Ngab: Bang.

11) Kuy: Yuk. Kata ajakan kebalikan membaca dari yuk.

12) Tubir: Ribut

13) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Dipakai untuk menyebut pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, sampai-sampai mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

14) Gaje: Gaje adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas.

15) Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

16) Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

17) Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

18) Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

19) Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

20) Pansos: Panjat sosial. Kata ini digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

Itulah di antaranya penjelasan arti auto menurut kamus dan sebagai bahasa gaul masa kini. Semoga menambah wawasan dan menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI