Arti Self Healing dan Cara Menerapkannya, Terapi Penyembuhan Luka Batin

Minggu, 21 November 2021 13:22 Penulis: Nurul Wahida
Arti Self Healing dan Cara Menerapkannya, Terapi Penyembuhan Luka Batin
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Arti self healing juga bisa disebut dengan terapi penyembuhan luka batin. Artinya seseorang berusaha memulihkan kesehatan mentalnya dari segala peristiwa buruk di masa lalu atau ketakutan yang tengah dirasakan.

Istilah self healing kini cukup trend atau populer di sosial media. Pasalnya banyak pengguna sosial media menggunakan istilah self healing untuk menggambarkan perasaan mereka. Misalnya saja liburan untuk self healing yang cukup sering muncul pada konten-konten kreatif di sosial media.

Karena itulah, kesehatan mental memang sangatlah penting. Sebab, ketika memiliki pikiran yang sehat maka juga bisa mendukung kesehatan fisik tubuh juga sehat. Lalu sudah tahukah apa arti self healing?

Jika belum memahami makna dan arti self healing sebenarnya, berikut ini penjelasan singkat tentang arti self healing. Langsung saja telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang arti self healing.

1. Arti Self Healing di Kamus

Pernah mendengar istilah self healing? Bagi pengguna sosial media tentu sangat familiar dengan istilah trend ini. Namun apa sebenarnya arti self healing? Arti self healing sebenarnya berkaitan dengan proses penyembuhan diri dari luka batin. Sedangkan secara bahasa arti self healing berasal dari bahasa Inggris.

Arti self healing tersebut yakni self berarti diri sendiri sementara healing adalah penyembuhan. Maka dapat disimpulkan bahwa arti self healing adalah penyembuhan diri sendiri. Penyembuhan yang dimaksudkan di sini adalah penyembuhan dari luka batin terhadap kejadian buruk di masa lalu. Itulah arti self healing di kamus jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

 

2. Arti Self Healing Populer di Sosial Media

Sudah bukan hal baru lagi kalian menjumpai dan mendengar istilah self healing. Ya, di sosial media istilah self healing sangatlah populer. Karena itulah arti self healing perlu kalian ketahui karena sekarang tergolong jadi bahasa gaul dan kekinian. Berkaitan dengan arti self healing di sosial media, arti kata ini sebenarnya juga berkaitan dengan diri sendiri dalam mengobati luka batin.

Luka batin ini bisa disebabkan karena kejadian atau peristiwa di masa lalu yang menimbulkan rasa sakit, marah, benci, sedih, atau emosi lainnya. Akibatnya diri sendiri membutuhkan sebuah terapi penyembuhan luka batin. Ya, arti self healing memang erat kaitannya dengan kesehatan mental pikiran, jiwa, dan hati.

Di sosial media istilah populer ini seringkali digunakan dalam caption postingan. Misalnya saja ketika seseorang memposting self healing mereka dengan liburan atau kegiatan lainnya yang cocok dilakukan untuk proses penyembuhan diri dari luka batin. Meski begitu setiap orang tentu memiliki cara penyembuhan diri yang berbeda tergantung pada apa penyebab kalian memerlukan self healing. Itulah arti self healing yang populer di sosial media.

3. Tips Menerapkan Self Healing

Penyebab rasa sakit, kelelahan emosi, cemas, takut, dan lainnya berkaitan dengan kesehatan mental seseorang tentu berbeda-beda. Hal ini pula yang bisa dijadikan salah satu cara menentukan metode untuk menerapkan self healing. Meski begitu, ada beberapa tips menerapkan self healing yang perlu kalian ketahui. Tips menerapkan self healing berikut ini bisa kalian coba buat dijadikan referensi dalam proses penyembuhan diri dari luka batin.  Sehingga dapat membantu kalian mendapatkan ketenangan batin serta proses penyembuhan luka diri. Berikut ulasannya tentang tips menerapkan self healing.

1. Menerima Diri Sendiri Sepenuhnya

Tips menerapkan self healing yang pertama adalah dengan menerima diri sendiri sepenuhnya dan seutuhnya. Artinya berusahalah untuk berdamai dengan diri sendiri. Misalnya saja berusaha untuk tidak menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi. Jadikan peristiwa di masa lalu sebagai pelajaran serta kekuatan. Hindari perasaan menyesal dan menyalahkan diri sendiri. Meskipun memang hal ini juga memerlukan waktu untuk berada di titik bisa menerima diri sendiri sepenuhnya.

2. Beri Waktu Buat Diri Sendiri

Tips menerapkan self healing berikutnya adalah dengan memberikan waktu untuk diri sendiri. Istilah populernya adalah me time. Ya, cara menerapkan self healing ini bisa dicoba untuk proses penyembuhan diri. Di mana kalian bisa memiliki waktu untuk diri sendiri dan memikirkan perasaan diri sendiri. Tips ini setidaknya dapat membuat perasaanmu jadi lebih tenang serta bermakna.

3. Lepaskan Emosi

Melepaskan emosi  bisa jadi salah satu tips menerapkan self healing. Perasaan sedih, kecewa, marah, takut, cemas, memang tidak bisa dihindari saat hati dan pikiran tengah kacau. Namun jangan menahannya, karena itulah biarkan emosi negatif tersebut mengalir dan lepas begitu saja. Berusaha untuk tidak menahan atau justru melawan emosi negatif tersebut untuk benar-benar bisa berdamai dengan keadaan.

4. Berikan Sugesti Positif Pada Diri Sendiri

Tips menerapkan self healing berikutnya adalah dengan memberi sugesti positif pada diri sendiri. Artinya cobalah untuk memberi sugesti positif pada diri sendiri agar dapat mengubah emosi negatif menjadi lebih positif serta kekuatan. Contohnya saja sugesti positif tersebut yakni "Saya beruntung menemukan jalan baru dalam hidup yang lebih baik."

5. Self Compassion

Tips menerapkan self healing berikutnya adalah dengan self compassion yakni memahami keadaan emosi diri sendiri. Sehingga dapat membantu seseorang berpikir lebih positif, menerima segala sesuatu secara ikhlas dan bisa menghindari kesedihan yang terlalu dalam.

6. Ekspresikan Lewat Tulisan

Tips menerapkan self healing berikutnya adalah mengekspresikan emosi kalian melalui tulisan. Hal ini sangat membantu proses penyembuhan diri dengan meluapkan emosi dalam sebuah tulisan. Di mana kalian bisa meluapkan rasa sedih, marah, kesal, dalam tulisan untuk meredakan rasa stres dan emosi.

7. Ubah Penyesalan Jadi Kekuatan

Mengubah penyesalan menjadi kekuatan juga bisa dijadikan tips buat menerapkan self healing. Kejadian buruk di masa lalu mungkin saja tidak terlupakan begitu saja. Namun jangan jadikan peristiwa tersebut sebagai sebuah penyesalan. Melainkan cobalah untuk mengubah penyesalan jadi kekuatan dan pelajaran agar bisa menerima keadaan yang telah terjadi. Pada dasarnya adalah tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu bisa jadi proses penyembuhan untuk menjadikan penyesalan jadi kekuatan.

Itulah beberapa tips menerapkan self healing. Meski begitu bisa juga meminta bantuan seorang psikolog untuk membantu proses penyembuhan diri dari luka batin. Sehingga dapat mengetahui penanganan yang tepat dalam mengatasi segala ketakutan, kecemasan, kesedihan, kekhawatiran yang ada.

4. Perbedaan Self Healing dan Self Love

Setelah tahu arti self healing, kalian mungkin saja pernah mendengar istilah lain yang hampir mirip dengan proses penyembuhan diri. Misalnya saja mencintai diri sendiri atau memberikan reward pada diri sendiri. Ya, sebutan mencintai diri sendiri juga dikenal dengan self love. Lalu apa perbedaan antara self healing dan self love?

Terlihat serupa namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat tipis. Meski begitu perlu tahu juga arti self healing dan self love beserta perbedaannya. Nah, berikut ini perbedaan self healing dan self love.

Self healing adalah proses penyembuhan luka batin atau berkaitan dengan kesehatan mental. Biasanya hal ini dilakukan saat seseorang tengah berada pada masa sulit merasakan dirinya takut, cemas, khawatir, stres, depresi, dan seterusnya. Sehingga membutuhkan penyembuhan untuk keluar dari emosi negatif tersebut. Dengan begitu dapat menerima segala kekurangan diri sendiri, memahami diri sendiri dan berdamai dengan keadaan.

Sedangkan self love diartikan dengan mencintai diri sendiri. Self love tersebut membuat kalian dapat mengenal diri sendiri secara lebih baik. Sehingga mengetahui segala hal yang ada pada diri sendiri termasuk kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Misalnya saja mengetahui apa yang terbaik untuk diri sendiri, memaafkan diri sendiri, menentukan lingkungan positif untuk diri sendiri demi kesehatan mental tetap baik.

Itulah penjelasan tentang arti self healing dan tips menerapkannya. Semoga dengan ulasan di atas dapat dijadikan referensi untuk memahami arti self healing.

Sumber: merdeka.com dan sumber lainnya

 

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI