Arti Surah Al Ikhlas dan Keutamaannya yang Menakjubkan, Amalkan Setiap Hari

Sabtu, 20 November 2021 13:22 Penulis: Nurul Wahida
Arti Surah Al Ikhlas dan Keutamaannya yang Menakjubkan, Amalkan Setiap Hari
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Memahami arti surah Al Ikhlas penting umat muslim ketahui. Sebab arti surah Al Ikhlas sebenarnya mengandung makna dan ajaran tentang ketauhidan. Artinya, mengandung makna tentang Keesaan Allah.

Surah Al Ikhlas menjadi salah satu surah terpendek dalam Al-Quran yang sangat familiar umat muslim ketahui. Pasalnya bacaan surah Al Ikhlas seringkali diamalkan dalam bacaan sholat ataupun doa-doa harian. Namun sudah tahukah kalian tentang arti surah Al Ikhlas sebenarnya?

Arti surah Al Ikhlas dalam setiap ayatnya mengandung makna dan pesan tentang Keesaan Allah. Artinya bahwa Allah itu Esa. Esa berarti satu, yakni satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Selain itu arti surah Al Ikhlas juga mengandung beberapa makna dan tafsiran lainnya menunjukkan tentang ajaran tauhid.

Adapun penjelasan lengkapnya tentang arti surah Al Ikhlas dan keutamaannya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut arti surah Al Ikhlas dan keutamaannya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Bacaan Surah Al Ikhlas

Surah Al Ikhlas termasuk surah pendek yang diturunkan di kota Makkah. Karena itulah surah Al Ikhlas disebut sebagai surah Makkiyah. Surah Al Ikhlas memiliki empat ayat yang merupakan surah ke 112 dalam Al-Quran. Bacaan surah Al Ikhlas sangatlah mudah dihafal bahkan diamalkan. Sementara keutamaan surah Al Ikhlas jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari begitu luar biasa dan menakjubkan. Sebelum tahu arti surah al ikhlas, ketahui dulu bagaimana bacaan latin surah Al Ikhlas. Adapun bacaan surah Al Ikhlas dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1) Qul huwallaahu ahad.

2) Allahhus-samad

3) Lam yalid wa lam yuulad

4) Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

Itulah bacaan surah Al Ikhlas yang perlu kalian ketahui. Dalam setiap ayat tersebut mengandung arti surah Al Ikhlas yang menggambarkan tentang Keesaan Allah.

2. Arti Surah Al Ikhlas

Setelah tahu bacaan surah Al Ikhlas, berikut ini arti surah Al Ikhlas. Surah Al Ikhlas memiliki arti tentang Keesaan Allah SWT. Sebab arti surah Al Ikhlas juga bisa menggambarkan tentang ketauhidan yakni ajaran bahwa Tuhan yakni Allah itu Esa. Esa yang dimaksudkan berarti bahwa Allah itu satu. Adapun tentang arti surah Al Ikhlas dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1) Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa.

2) Allah tempat meminta segala sesuatu.

3) (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

4) Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

Dari arti surah Al Ikhlas tersebut dapat dilihat bahwa setiap ayatnya mengandung makna tentang Keesaan Allah SWT sebagai Tuhan yang satu dan satu-satunya yang berhak disembah. Sehingga dengan memahami apa arti surah Al Ikhlas tersebut bisa meningkatkan keimanan serta memperkuatnya. Berkaitan dengan arti surah Al Ikhlas dan sebab diturunkannya surah ini dalam sebuah riwayat disebutkan tentang peristiwa yang menimpa Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah riwayat Imam Ahmad dari Ubay bin Ka'ab Rasulullah SAW berkata,

"Hai Muhammad, gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." maka Allah menurunkan (Katakanlah: Dialah Allah yang Maha Esa).

Itulah tentang arti surah Al Ikhlas dan sedikit ulasan singkat tentang sebab diturunkannya surah Al Ikhlas. Selain itu dalam surah Al Ikhlas juga mengandung keutamaan dan keistimewaan begitu luar biasa.

3. Arti Surah Al Ikhlas dan Keutamaannya

Arti surah Al Ikhlas berkaitan dengan ajaran tauhid. Ajaran tauhid ini berkaitan dengan Keesaan Allah yakni Tuhan yang Esa. Artinya Esa berarti satu-satunya yang berhak disembah manusia. Sedangkan ada beberapa keutamaan surah Al Ikhlas yang perlu umat muslim ketahui. Keutamaan surah Al Ikhlas ini begitu luar biasa dan menakjubkan. Langsung saja simak referensinya tentang keutamaan surah Al Ikhlas sebagai berikut.

1. Keutamaan Surah Al Ikhlas Bisa Menghapus Dosa Yang Telah Lalu

Keutamaan surah Al Ikhlas yang pertama adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebab itulah surah Al Ikhlas bisa jadi salah satu amalan untuk pengampunan dosa. Dalam sebuah riwayat dijelaskan tentang keutamaan surah Al Ikhlas untuk menghapus dosa-dosa. Berikut ini arti hadis tentang keutamaan surah Al Ikhlas.

"Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam masuk ke dalam masjid, tiba-tiba (ada) seseorang yang telah selesai dari shalatnya, dan ia sedang bertasyahhud, lalu ia berkata: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta (kepadamu) bahwa sesungguhnya Engkau (adalah) Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepadamu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengannya, ampunilah dosa-dosaku, (karena) sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," kemudian Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sungguh ia telah diampuni (dosa-dosanya)," beliau mengatakannya sebanyak tiga kali."

2. Keutamaannnya untuk Perlindungan Diri

Keutamaan surah Al Ikhlas berikutnya adalah bisa melindngi diri dari segala hal buruk. Arti surah Al Ikhlas yang mengandung makna tentang Keesaan Allah ini juga bisa dijadikan amalan untuk melindungi diri dari keburukan. Dalam sebuah riwayat dijelaskan tentang keutamaan surah Al Ikhlas sebagai perlindungan diri sebagai berikut dalam hadis Uqbah bin 'Amir al Juhaini r.a,

"Tatkala aku menuntun kendaraan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah peperangan, tiba-tiba beliau berkata: "Wahai Uqbah, katakana," aku pun mendengarkan, kemudian beliau berkata (lagi): "Wahai Uqbah, katakana," aku pun mendengarkan. Dan beliau mengatakannya sampai tiga kali, lalu aku bertanya: "Apa yang aku katakan?" Beliau pun bersabda: "Katakan 'qul huwallaahu ahad', lalu beliau membacanya sampai selesai. Kemudian beliau membaca 'qul a'udzu birabbil falaq', aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau membaca 'qul a'uudzu birobbinnaas', aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau bersabda: 'Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut.'"

4. Keutamaan Surah Al Ikhlas Lainnya

Selain arti surah Al Ikhlas yang perlu dipahami setiap umat muslim, ada pula beberapa keutaamaan surah Al Ikhlas yang perlu kalian ketahui. Adapun keutamaan surah Al Ikhlas tersebut sebagai berikut.

3. Keutamannya Jalan Menuju Surga

Keutamaan surah Al Ikhlas selanjutnya adalah bisa jadi jalan menuju surga. Artinya apabila seorang muslim mengamalkan surah Al Ikhlas maka bisa jadi salah satu amalan untuk menuju surga. Dalam sebuah hadis telah dijelaskan tentang keutamaan surah Al Ikhlas sebagai jlan menuju surga sebagai berikut dari hadis riwayat Abu Hurairah r.a,

"Aku datang bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlas. Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Telah wajib," aku bertanya: "Apa yang wajib?" Beliau bersabda, "(Telah wajib baginya) surga."

4. Keutamaannya Setara Sepertiga Bacaan Al-Quran

Hal menakjubkan lainnya dari keutamaan surah Al Ikhlas adalah setara sepertiga bacaan Al-Quran. Sungguh menakjubkan dan luar biasa keutamaan surah Al Ikhlas tersebut bagi seseorang yang mengamalkannya. Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Sa'id al Khudri r.a,

Sesungguhnya seseorang mendengar orang lain membaca surat Al Ikhlas dengan mengulang-ulangnya, maka tatkala pagi harinya, ia mendatangi Rasulullah dan menceritakan hal itu kepadanya, dan seolah-olah orang itu menganggap remeh surat itu, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam : "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, sesungguhnya surat itu sebanding dengan sepertiga al Qur'an."

Itulah beberapa keutamaan surah Al Ikhlas yang perlu kalian ketahui. Sehingga meningkatkan keimanan untuk mengamalkan arti surah Al Ikhlas beserta maknanya dalam kehidupan.

5. Arti Surah Al Ikhlas dan Cara Mengamalkannya

Setelah tahu arti surah Al Ikhlas beserta keutamaannya, tentunya kalian bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengamalkan surah Al Ikhlas. Padahal cara mengamalkan surah Al Ikhlas sangat penting kalian ketahui. Ya, arti surah Al Ikhlas dan cara mengamalkannya bisa dipraktikkan sehari-hari serta dalam doa harian. Nah, berikut ini cara mengamalkan surah Al Ikhlas.

1. Membaca sebanyak tiga kali sebelum tidur.

2. Membaca dalam bacaan sholat witir tiga rakaat.

3. Mengamalkan sehabis sholat Maghrib di malam Jum'at.

4. Bacaan dzikir untuk pagi dan sore.

5. Bacaan untuk ruqyah.

6. Bacaan ketika melakukan Qobliyah Subuh.

Itulah penjelasan tentang arti surah Al Ikhlas dan keutamaannya yang luar biasa. Semoga dengan memahami apa arti surah Al Ikhlas di atas bisa memudahkan kalian mengetahui makna dan amalan surah Al Ikhlas.

Sumber: liputan6.com dan sumber lainnya

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI