Apa Arti Musyrik Jelaskan Pula Contohnya Sesuai Ajaran Islam

Diterbitkan:

Apa Arti Musyrik Jelaskan Pula Contohnya Sesuai Ajaran Islam
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Dalam menjalani kehidupan, manusia diperintahkan untuk mampu mengendalikan hawa nafsu dan mempergunakan akal dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, penting bagi kalian, sebagai umat Islam untuk terus belajar. Salah satu hal yang perlu kalian pelajari adalah jawaban dari pertanyaan apa arti musyrik jelaskan pula contohnya.

Mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut berguna bagi kalian untuk menghindari dosa besar, yaitu perilaku syirik. Lalu, dari mana kalian akan menelusuri jawaban dari pertanyaan apa arti musyrik jelaskan contohnya tersebut?

Jika membahas contoh, orang musyrik pun banyak macamnya. Bahkan, jika tak berhati-hati manusia bisa terjerumus ke dalam perilaku musyrik tanpa disadari. Nah, agar kalian tak masuk golongan semacam itu, silakan simak beberapa jawaban dari pertanyaan apa arti musyrik jelaskan contohnya sesuai ajaran Islam berikut ini.

1. Apa Arti Musyrik?

Kalian tak perlu bingung jika mendapat pertanyaan mengenai apa arti musyrik jelaskan pula contohnya. Justru, sebagai umat islam sudah seharusnya kalian merasa senang karena dapat kesempatan untuk belajar.

Jika kalian belum mendapatkan jawaban, silakan simak penjelasan mengenai arti musyrik dalam pembahasan berikut ini. Pertama, arti musyrik menurut KBBI adalah orang yang menyekutukan atau menyerikatkan Allah SWT. Artinya, orang musyrik masuk dalam golongan kafir karena menyembunyikan kekufuran dan berpura-pura menjadi orang islam.

Penjelasan lain mengenai orang kafir bisa kalian lihat firman Allah dalam penggalan surat Al-Baqarah 217 berikut ini:

"Barang siapa murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya."

Orang-orang yang juga masuk golongan musyrik adalah orang yang menyembah banyak Tuhan (politeis) dan orang yang tidak percaya keberadaan Tuhan (ateis). Dalam hal ini, orang kafir juga menjadi bagian dari kemusyrikan karena menyembah sesuatu selain Allah SWT.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ciri-Ciri Musyrik

Setelah menyimak informasi di atas, mungkin kalian sudah mendapatkan jawaban dari pertanyaan apa arti musyrik jelaskan pula contohnya. Meski begitu, informasi di atas masih kurang lengkap karena tak ada penjelasan mengenai ciri-ciri musyrik. Untuk mengetahuinya, kalian bisa menyimak penjelasan berikut ini.

- Melakukan ibadah kepada sesembahan selain Allah SWT

- Tujuan beribadah adalah untuk selain Allah SWT

- Menaati selain Allah subhanahu wa ta'ala dalam hal kemaksiatan kepada Allah SWT

- Menyamakan dengan selain Allah SWT dalam hal kecintaan.

3. Contoh Perilaku Musyrik

Selanjutnya, kalian juga perlu menyimak informasi mengenai contoh perilaku musyrik yang mungkin dilakukan manusia. Dengan ini, jawaban atas pertanyaan apa arti musyrik jelaskan contohnya, tentu akan lebih lengkap.

- Menyembah Sesuatu Selain Allah

Contoh perilaku orang musyrik atau syirik yang paling berat adalah menyembah sesuatu selan Allah. Misalnya, penyembahan terhadap patung, batu, kayu, makam, atau benda lain, termasuk manusia.

Orang musyrik pun memiliki kepercayaan bahwa benda-benda tersebut merupakan tuhan yang mampu menciptakan kebaikan dan keburukan.

- Mempersekutukan Allah

Percaya bahwa ada makhluk selain Allah yang memiliki sifat-sifat seperti Allah merupakan sebuah perilaku musyrik.

- Mempertuhankan Manusia

Perilaku mempertuhankan manusia merupakan contoh dari perilaku musyrik. Misalnya, ada orang yang menjadikan para pemuka agama sebagai Tuhan. Dalam ilmu Tauhid perilaku menuhankan atau mendewakan manusia disebut Ghuluwwun.

Istilah tersebut digunakan untuk menyebut orang-orang yang terlalu mengagungkan atau meninggikan derajat manusia hingga menganggapnya sama dengan kedudukan Tuhan.

4. Ayat Al-Quran Tentang Perilaku Musyrik

Setelah mendapat jawaban dari pertanyaan apa arti musyrik jelaskan contohnya dari informasi di atas, mungkin kalian penasaran dengan ayat-ayat Al-Quran mengenai orang musyrik. Oleh karena itu, silakan simak sejumlah ayat Al-Quran berikut ini.

1. Firman Allah mengenai perbuatan musyrik yang sangat berdosa.

"Ingatlah Luqman berkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: 'Hai anakku! janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang besar," (Qs. Luqman: 13).

2. Allah mengampuni segala dosa, kecuali dosa syirik.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (An-Nisaa': 48).

3. Surga haram bagi orang yang meninggal sebagai musyrik.

"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan Surga kepadanya, dan tempatnya ialah Neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zhalim itu seorang penolong pun."( Al-Maa'idah: 72).

4. Neraka jahanam merupakan tempat yang disediakan Allah untuk orang musyrik.

"Maka apakah orang kafir (musyrik) menyangka bahawa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka jahanam tempat tinggal bagi orang-orang kafir(musyrik)." (Qs. Al-Kahfi: 102).

Nah, KLovers, itulah informasi mengenai apa arti musyrik jelaskan beserta contohnya yang memang perlu kalian pahami. Pengetahuan ini akan membuat iman kepada Allah lebih besar dan semakin percaya bahwa satu-satunya zat yang tinggi, agung, dan harus disembah hanyalah Allah SWT.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending