Awas Bisa Bikin Terpeleset! Ini 6 Cara Mengatasi Lumut di Kamar Mandi

Selasa, 15 September 2020 18:22 Penulis: Puput Saputro
Awas Bisa Bikin Terpeleset! Ini 6 Cara Mengatasi Lumut di Kamar Mandi
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Munculnya lumut memang sangat merugikan. Tak hanya membuat tempat jadi terkesan kotor, lumut juga bisa membahayakan. Pasalnya, permukaan lumut yang licin bisa membuat orang mudah terpeleset. Lumut biasa tumbuh di tempat-tempat lembap, seperti di lantai kamar mandi. Agar aman dan tidak terpeleset, ada beberapa cara mengatasi lumut yang bisa dilakukan.

Membersihkan lumut di kamar mandi bisa dibilang susah-susah gampang. Sebab, tempat yang lembap memang merupakan habitat asli lumut. Sehingga, lumut akan dengan mudahnya tumbuh kembali di tempat tersebut, meskipun sudah dibersihkan. Tapi jangan khawatir, dengan mengikuti beberapa cara ini lumut bisa jadi lebih mudah diatasi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengatasi lumut di kamar mandi.

 

 

1. Baking Soda

Baking soda selama ini sering digunakan untuk membersihkan noda membandel, dipakaian maupun permukaan benda lainnya. Ternyata kalian juga bisa menggunakan baking soda untuk mengatasi lumut yang hidup di lantai kamar mandi.

Cara mengatasi lumut di kamar mandi dengan baking soda sangat mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air panas. Jika sudah, semprotkan pada permukaan lantai yang berlumut. Kemudian gosok agar bersih maksimal, kalian bisa menggunakan bantuan sikat khusus.

Namun, kalian harus berhati-hati dan jangan terlalu sering menggunakan cara ini. Sebab, baking soda yang asam dikhawatirkan bisa berakibat pada mengelupasnya permukaan lantai, terlebih jika lantai terbuat dari keramik atau marmer.

2. Air Garam

Selain baking soda, kalian juga bisa membasmi lumut di kamar mandi dengan memakai air garam. Membersihkan lumut dengan air garam mungkin tidak seefektif baking soda. Sebab seperti yang kita tahu garam tidak mempunyai sifat asam seperti baking soda. Namun, jangan khawatir cara ini tetap bisa efektif asalkan dilakukan secara berulang dan bertahap.

Selain itu, cara mengatasi lumut dengan air garam juga patut kalian coba karena sangat praktis dilakukan. Kalian hanya perlu melarutkan 3 sendok makan garam pada air. Setelah itu, siramkan pada permukaan lumut yang membandel. Kemudian, sikat sampai bersih.

3. Cuka Putih

Salah satu cara untuk mengatasi lumut kamar mandi juga bisa dilakukan dengan cuka putih. Tak jauh beda dengan dua cara sebelumnya, kalian cukup perlu mencampurkan 3 sendok teh cuka putih pada sebotol air panas. Setelah itu, semprotkan campuran air dengan cuka putih ke permukaan lantai yang berlumut. Kemudian gosok sampai bersih.

4. Pecahan Batu Bata

Pecahan batu bata merah juga bisa jadi salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi lumut di kamar mandi. Untuk melakukannya, pertama-tama kalian harus menumbuk halus pecahan batu bata hingga menjadi bubuk. Selanjutnya, aplikasikan bubuk batu bata tersebut ke permukaan lantai yang berlumut. Gosok secara beraturan hingga lumut ikut mengelupas.

Cara mengatasi lumut ini akan efektif untuk lantai kamar mandi yang masih berupa semen dan dalam keadaan kering.

5. Pemutih Pakaian

Cairan pemutih pakaian yang mengandung klorin juga baik untuk membasmi lumut di kamar mandi. Bahkan, tak hanya lumut pemutih juga dipercaya efektif atasi jamur atau kerak membandel. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyemprotkan pemutih langsung ke permukaan lantai yang berlumut atau berjamur.

Setelah itu diamkan kurang lebih 30 menit, kemudian gosok dengan sikat kaku. Jika sudah, terakhir bilas dengan air hangat.

6. Mencegah Agar Lumut Tidak Tumbuh Lagi

Lumut jadi salah satu jenis tumbuhan yang sangat mudah tumbuh dan berkembang biak. Oleh karena itu, untuk mengatasinya tak cukup dengan membasminya saja. Kita juga perlu mencegah agar lumut tidak tumbuh kembali. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah tumbuhnya lumut di kamar mandi.

Salah satu cara mencegah agar lumut tidak tumbuh, kalian bisa menyemprotkan cairan baking soda, air garam, atau cuka putih tanpa harus menggosoknya. Agar tak bau menyengat, kalian bisa menambahkan aroma esensial pada cairan tersebut. Selain itu, mengeringkan kamar mandi setelah digunakan juga akan sangat efektif dalam mencegah tumbuhnya lumut.

Itulah di antaranya sederet cara mengatasi lumut di lantai kamar mandi. Kalian bisa memakai cara di atas agar kamar mandi tetap bersih, bebas lumut. Serta, agar keluarga lebih aman tentunya!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI