Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Ketahui Juga Hukum, Tata Cara, Keutamaan, dan Manfaatnya

Rabu, 20 Januari 2021 10:18 Penulis: Puput Saputro
Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Ketahui Juga Hukum, Tata Cara, Keutamaan, dan Manfaatnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat beragama Islam. Bahkan, puasa dipandang sebagai ibadah yang kedudukannya sangat penting, sebab puasa berada dalam urutan ketiga rukun Islam. Secara garis besar, berdasarkan pada hukumnya, puasa dibagi menjadi dua yaitu puasa wajib dan sunnah. Salah satu contoh dari puasa sunnah adalah puasa Senin Kamis.

Sesuai dengan namanya, puasa Senin Kamis dilakukan selama dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Sebagai puasa sunnah, puasa Senin Kamis bisa jadi salah satu jalan bagi umat Islam untuk mendapat pahala dan ridho dari Allah SWT. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami seluk beluk dari puasa Senin Kamis, agar kita dapat melaksanakannya dengan penuh berkah.

Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan mengenai puasa Senin Kamis berikut ini.

 

 

 

 

1. Hukum Puasa Senin Kamis

Seperti yang disinggung sebelumnya, puasa Senin Kamis tergolong sebagai salah satu puasa sunnah. Artinya, ibadah ini boleh dikerjakan, tapi boleh juga tidak. Tentunya, akan ada ganjaran pahala bagi yang mengerjakan. Namun, tidak ada tanggungan dosa bagi yang tidak mengerjakannya.

Hukum sunnah pada puasa Senin Kamis juga telah disepakati oleh para ulama. Dasarnya, sebuah hadis dari Aisyah Radhiyallahu Anhu yang berbunyi:

"Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin dan Kamis" (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).

 

 

 

 

 

2. Keutamaan Puasa Senin Kamis

Meskipun tergolong sebagai ibadah sunnah, ternyata terdapat sejumlah keutamaan dalam puasa Senin Kamis. Adapun keutamaan-keutamaan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Jadi Amalan yang Disukai Rasulullah
Puasa Senin Kamis ternyata menjadi salah satu amalan sunah, yang paling disukai oleh Rasullullah. Hal tersebut diketahui dari salah satu hadis.

Dari 'Aisyah Radhiallahu anha, ia mengatakan, "Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis" (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

2. Dibukakan Pintu Surga
Keutamaan lainnya dari puasa Senin Kamis adalah akan dibukakannya pintu surga. Pada hari Senin dan Kamis, disebut-sebut pintu surga akan dibuka. Sehingga, pada hari itu akan diampuni dosa-dosa manusia. Hal ini sebgaimana yang terkandung dalam hadis:

Dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda, "Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, 'Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai'." (HR. Muslim).

3. Surga Khusus bagi Orang Berpuasa
Bukan saja, dibukakan pintu surga. Amalan puasa Senin Kamis juga diyakini dapat membuat umat muslim mendapatkan pintu surga khusus, bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana yang terkandung dalam hadis berikut ini:

"Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya "Ar-Rayyan," yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi" (HR Bukhori dan Muslim).

 

 

 

 

 

3. Tata Cara Puasa Senin Kamis

Sama seperti ibadah lainnya di agama Islam, puasa Senin Kamis juga mempunyai tata cara khusus dalam pelaksanaannya. Pada dasarnya tata cara puasa Senin Kamis juga tak jauh berbeda dengan jenis puasa lainnya, dimulai dari membaca niat, kemudian sahur, lalu berpuasa hingga berbuka di waktu maghrib.

Sementara untuk hal-hal yang harus dilakukan selama berpuasa, sama seperti puasa lainnya, yaitu menahan lapar, haus, serta hawa nafsu lainnya sampai tenggelamnya matahari atau masuk waktu berbuka.

 

 

 

 

 

4. Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Seperti yang disinggung sebelumnya, tata cara puasa Senin Kamis diawali dengan membaca niat berpuasa. Tentu saja, niat puasa Senin Kamis berbeda dengan niat puasa yang lainnya. Adapun bacaan beserta niat dari puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut.

1. Bacaan Niat Puasa di Hari Senin:

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana'ala

Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala.

2. Bacaan Niat Puasa di Hari Kamis:

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana'ala

Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala.

 

 

 

 

 

5. Manfaat Puasa Senin Kamis

Melaksanakan ibadah puasa Senin Kamis tidak hanya akan memberikan pahala bagi umat Islam. Lebih dari itu, puasa Senin Kamis juga membawa sejumlah manfaat. Adapun beberapa manfaat dari mengerjakan puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut.

1. Menyehatkan tubuh

2. Menguatkan jiwa

3. Melatih kedisiplinan

4. Menghindari kebiasaan buruk

5. Melatih mengendalikan emosi dan hawa nafsu

Itulah di antaranya ulasan mengenai puasa Senin Kamis. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, khususnya seputar agama Islam.

 

 

 

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI