Hindari Makan Seafood Terlalu Sering, Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Agar Kolesterol Turun

Jum'at, 17 Juli 2020 12:44 Penulis: Dhia Amira
Hindari Makan Seafood Terlalu Sering, Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Agar Kolesterol Turun
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Seafood merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari karena memiliki berbagai macam jenis, seperti ikan, udang, cumi, kerang, kepiting, dan masih banyak lagi. Tapi ternyata seafood juga dapat meningkatkan kolesterol di dalam tubuh loh. Itulah mengapa mengonsumsi sesuatu yang alami bersama dengan seafood sangat baik agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak meningkat.

Bila kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat maka akan membahayakan tubuh dan bisa terserang berbagai macam penyakit berbahaya, seperti darah tinggi, stroke, hingga jantung. Itulah mengapa ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi ketika kalian menyantap seafood, hal ini untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Makan apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber inilah 5 makanan yang baik dikonsumsi agar kolesterol tidak naik setelah makan seafood. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Lemon

Makanan pertama yang baik dikonsumsi bersamaan dengan seafood yaitu ada lemon. Hal ini karena di dalam lemon terdapat kandungan vitamin C dan flavonoid berupa eriocitrin dan limolnin yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh setelah mengonsumsi seafood.

Selain itu lemon juga dapat mengatur kadar kolesterol baik, sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol jahat. Kalian bisa memberikan perasan air lemon pada seafood yang akan kalian makan, atau membuat saus pada seafood dengan menggunakan banyak air lemon.

2. Sayuran

Makanan kedua yang baik dikonsumsi bersamaan dengan seafood yaitu ada sayuran. Mengapa sayuran? Hal ini karena serat yang tinggi akan dapat menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu, itulah mengapa sayuran yang tinggi serta sangat bagus disandingkan dengan seafood.

Dan serat juga bagus untuk melancarkan pencernaan serta membuang sisa-sisa makanan dengan baik setelah kita mengonsumsi seafood. Kalian bisa mengonsumsi brokoli, bayam, atau buncis untuk menjadi makanan pendamping saat mengonsumsi seafood.

3. Tempe dan Tahu

Ternyata tahu dan juga tempe bisa menjadi makanan pendamping seafood yang baik loh, agar kolesterol di dalam tubuh tidak naik. Hal itu karena kandungan protein yang tinggi di dalam tempe serta tahu. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dapat mencegah naiknya kolesterol hingga mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Itulah mengapa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti tahu dan juga tempe sangat baik ketika sedang menikmati olahan seafood. Kalian bisa menjadikan tempe serta tahun sebagai makanan pengganti nasi ketika mengonsumsi seafood.

4. Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi menjadi pendamping seafood yaitu ada kacang-kacangan. Hal ini karena di dalam kacang terdapat kandungan berupa serat dan juga protein yang baik untuk tubuh ketika mengonsumsi seafood. Lalu serat dan juga protein dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sama seperti sayuran dan juga tempe tahu.

Memiliki kandungan yang sama, tentu saja berbagai jenis kacang dapat dikonsumsi bersamaan dengan seafood, seperti kacang polong, kacang panjang, petai cina, hingga jagung. Tentu saja jenis-jenis kacangan ini sangat enak bila dicampurkan dengan seafood.

5. Minuman Hangat

Dan makanan terakhir yang baik dikonsumsi saat sedang makan seafood yaitu ada air hangat. Bila kalian mengonsumsi seafood ada baiknya untuk menjadikan air hangat sebagai minuman pendamping. Hal ini karena air hangat dapat menghancurkan lemak-lemak jahat pada seafood yang menjadi penyebab kolesterol.

Selain itu, tidak disarankan untuk kalian mengonsumsi air dingin yang tawar ataupun air dingin yang memiliki rasa manis. Karena itu akan membuat lemak jahat penyebab kolesterol bersarang di tubuh. Kalian bisa mengonsumsi air putih hangat atau bisa juga dengan memberi sedikit perasan air lemon.

Itulah 5 makanan yang baik dikonsumsi saat kita sedang menikmati seafood. Selain dapat dikonsumsi bersamaan dengan seafood, nyatanya makanan di atas juga baik untuk tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI