7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Stres Dalam Tubuh, Ketahui dan Hindari!

Jum'at, 17 Juli 2020 08:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Stres Dalam Tubuh, Ketahui dan Hindari!
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Stres menjadi salah satu faktor utama pemicu sejumlah masalah kesehatan tubuh. Sejumlah orang bahkan tak menyadari kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres tersebut. Apabila kondisi tersebut berlangsung hingga waktu lama, bisa jadi akan membuat kondisi kesehatan semakin turun.

Stres sendiri merupakan salah satu kondisi tubuh yang melibatkan psikis atau kejiwaan hingga fisik. Dimana stres ini erat kaitannya dengan kecemasan dan kesehatan mental seseorang hingga dapat memicu sejumlah masalah kesehatan tubuh.

Sebab, saat tubuh mengalami stres, beberapa bagian tubuh termasuk fisik dan mental akan merespon hingga menimbulkan rasa tertekan, gugup, marah, detak jantung cepat serta dapat berpengaruh pada tekanan darah.

Meski terbilang biasa terjadi, namun stres tidak dapat dianggap remeh begitu saja. Sebab dampaknya dapat mengganggu sederet aktivitas harian, psikis, dan juga fisik dalam tubuh. Sejumlah penyebab stres sendiri dapat berasal dari gaya hidup ataupun kebiasaan sederhana lainnya yang tak banyak disadari masyarakat.

Lalu apa saja kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres dalam tubuh?

Adapun kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres dalam tubuh terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres dalam tubuh ini dapat segera dihindari agar tak memicu stres yang berdampak pada kondisi kesehatan mental dan fisik. Berikut 7 kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres dalam tubuh bersumber dari hellosehat.com dan theactivetimes.com.

 

1. Konsumsi Kopi Berlebihan

Minum kopi memang begitu nikmat kala dikonsumsi saat pagi, namun siapa sangka kebiasaan minum kopi berlebihan justru dapat tingkatkan stres dalam tubuh. Meski ada sejumlah manfaat kopi bagi kesehatan, namun konsumsi berlebihan akan memicu masalah kesehatan hingga dapat tingkatkan stres.

Sebab, kandungan kafein tinggi dalam kopi diketahui dapat menimbulkan kecemasan hingga rasa gelisah yang menjadi gejala stres tubuh. Sehingga untuk menghindari stres dalam tubuh sebaiknya mencoba untuk membatasi konsumsi kopi.

2. Bermain Ponsel Berlebihan

Kebiasaan sederhana bisa tingkatkan stres selanjutnya adalah seringnya bermain ponsel. Dimana ponsel memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tak bisa ditinggalkan hingga mendukung sejumlah aktivitas harian. Namun seringnya membuka ponsel justru dapat memicu tubuh mengalami stres.

Sebab mengutip dari theactivetimes.com berdasarkan laporan penelitian American Psychological Association tahun 2017 menyebutkan bahwa seringnya memeriksa ponsel atau email dapat memicu meningkatkan stres dalam tubuh. Hal ini juga termasuk penggunaan sosial media yang diklaim dapat tingkatkan gejala kecemasan hingga depresi penggunanya.

3. Selalu Berpikir Negatif

Kebiasaan sederhana bisa tingkatkan stres lainnya juga bisa dipicu oleh pikiran yang selalu negatif terhadap setiap hal. Dalam artian kondisi ini bisa memicu kecemasan hingga menimbulkan stres pada tubuh yang dapat berdampak terhadap kondisi kesehatan fisik.

Mengutip dari theactivetimes.com berdasarkan Mayo clinic menyebutkan bahwa mengurangi pikiran negatif dengan selalu berpikiran positif penting dilakukan agar stres dapat terkendali. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni selalu mensyukuri apa yang telah didapat serta hal-hal baik yang sudah terjadi dalam hidup. Termasuk berterima kasih pada diri sendiri atas semua hal baik yang sudah terlewati selama ini.

4. Tidak Cukup Minum Air

Air putih memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sehingga apabila tidak cukup minum air bisa jadi sejumlah masalah kesehatan dapat ditimbulkan akibat hal sederhana tersebut. Salah satunya bisa tingkatkan stres dalam tubuh.

Hal ini pun banyak tak disadari oleh setiap orang hingga ada sebagian dari mereka menganggap hal remeh terkait cukupnya minum air. Sebab, saat tubuh kekurangan air kondisi tersebut dapat menimbulkan dehidrasi hingga memicu detak jantung meningkat yang merupakan gejala dari kecemasan. Untuk itu menjaga asupan cukup air dalam tubuh penting dilakukan agar tak memicu stres yang berdampak pada masalah kesehatan.

5. Jarang Olahraga

Kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres selanjutnya adalah jarang melakukan olahraga atau tak pernah berolahraga. Dimana kebiasaan seringnya berdiam diri atau duduk dapat memicu stres dalam tubuh. Sebuah penelitian pun mengungkapkan bahwa kurangnya aktivitas fisik dapat menjadi penyebab meningkatkan perasaan cemas.

Sehingga melakukan olahraga rutin setiap hari meski dalam waktu yang sebentar dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat sekaligus mengendalikan emosi dalam tubuh.

6. Tak Cukup Asupan Protein

Asupan protein dalam tubuh yang tak tercukupi secara baik juga menjadi kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres. Dimana protein ini berhubungan erat dengan kesehatan tubuh seperti pengendalian gula darah yang memiliki kaitan dengan gejala kecemasan.

Sebab sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa gula darah berpengaruh terhadap tingkat kecemasan. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk mencukupi asupan protein tubuh agar tidak memicu stres yang berpengaruh pada kondisi kesehatan.

7. Terlalu Sibuk Kerja

Kebiasaan lainnya yang juga bisa tingkatkan stres dalam tubuh adalah terlalu sibuk kerja hingga jarang meluangkan waktu untuk beristirahat. Kondisi ini dapat memicu kecemasan tubuh yang merupakan gejala stres hingga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan fisik.

Atur kembali jadwal dan cobalah untuk sesekali beristirahat atau berkumpul dengan teman untuk mendapatkan penyegaran Kembali sehingga dapat mencegah stres.

Nah itulah 7 kebiasaan sederhana yang bisa tingkatkan stres dalam tubuh yang perlu diketahui dan dihindari. Sehingga dapat mencegah stres yang bisa muncul hingga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan fisik.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI