9 Manfaat Seafood Bagi Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Kesuburan - Mengurangi Radang Sendi

Jum'at, 17 Juli 2020 09:11 Penulis: Dita Tamara
9 Manfaat Seafood Bagi Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Kesuburan - Mengurangi Radang Sendi
Manfaat makanan seafood (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Apakah kalian salah satu orang yang menyukai makanan seafood? Pasti kalian setuju jika makanan yang berasal dari laut memiliki cita rasa yang lezat. Tidak hanya sekedar memanjakan lidah, namun makanan seafood seperti ikan, cumi, udang, kerang, dan lain-lain juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3.

Hidangan seafood memang cocok dijadikan sebagai menu makanan sehat sehari-hari. Meskipun harganya lumayan mahal, tapi banyak manfaat yang bisa dirasakan. Nah, lalu apa saja sih manfaat seafood bagi kesehatan tubuh? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsi seafood tentunya baik dalam meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini karena seafood dapat meningkatkan perkembangan otak, terutama pada anak-anak dan remaja. Selain itu dengan mengonsumsi seafood, maka dapat meminimalisir dampak buruk seperti penuaan otak, mengurangi risiko Alzheimer, dan meningkatkan memori otak. Oleh sebabnya, sudah bukan jadi rahasia umum lagi ketika sejak dini sudah disarankan untuk mengonsumsi seafood terutama ikan salmon yang sangat tepat untuk membantu perkembangan sel otak.

2. Mengurangi Radang Sendi

Manfaat seafood selanjutnya yaitu mampu mengurangi radang sendi. Hal ini karena makanan laut, terutama ikan, kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meredakan nyeri sendi, dan secara bersamaan mengurangi kekakuan pada tubuh. selain itu, seafood juga merupakan sumber vitamin D yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan meningkatkan perkembangan tulang pada anak. Ada baiknya untuk mengurangi radang sendi kalian mengonsumsi ikan salmon dan tuna.

3. Meningkatkan Kesuburan

Kehadiran buah hati merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh beberapa pasangan. Nah, untuk itu kalian harus sering mengonsumsi seafood. Hal ini karena kandungan omega-3 dan protein yang tinggi pada makanan laut sangat baik untuk kesehatan khususnya organ reproduksi. Sehingga, hal tersebut dapat meningkatkan kesuburan seseorang.

4. Melindungi dari Jerawat

Tahukah kalian jika mengonsumsi seafood sama halnya kalian menjaga keindahan kulit lho. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Seafood salah satu makanan yang dapat membantu menjaga kulit tetap lembab sekaligus melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Selain itu, dengan mengonsumsi seafood, akan melindungi kulit dari munculnya jerawat. Selain itu, biasanya kondisi kulit yang tidak sehat seringkali disebabkan oleh pola makan kalian daripada produk perawatan yang kalian gunakan.

5. Mencegah Penuaan Dini

Selain melindungi diri munculnya jerawat, mengonsumsi seafood juga dapat mencegah penuaan dini. Seafood dan ikan juga memiliki kandungan kolagen yang sangat baik untuk membantu proses regenerasi kulit, sehingga kulit tetap sehat dan terlihat muda dari usia seharusnya. Dengan begitu, jika kalian sudah mulai merasakan kulit tidak kencang dan timbul keriput, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi seafood.

6. Menurunkan Hipertensi

Manfaat seafood selanjutnya yaitu dipercaya mampu untuk menurunkan hipertensi. Hipertensi sendiri salah satu kondisi dimana tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi, dan dapat menjadi penyakit yang mengancam nyawa seseorang.

Oleh sebabnya, mengonsumsi seafood dapat membantu menurunkan darah tinggi karena kandungan lemak di dalam seafood sangat rendah, sehingga tidak perlu khawatir jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jenis seafood seperti udang, kepiting, lobster memiliki protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat seafood selanjutnya yaitu mampu membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh. kandungan zat besi pada seafood inilah yang berperan penting sehingga tubuh terhindar dari beberapa penyakit yang mengancam. Karena itulah, konsumsi makanan laut seperti tiram, kepiting, udang, dan kerang akan menambah zat besi dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga.

8. Baik Untuk Kesehatan Mata

Tahukah kalian jika mengonsumsi seafood secara teratur, dipercaya dapat menyehatkan mata. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak omega 3 dari makanan laut akan membantu mengurangi risiko masalah penglihatan mata karena usia tua. Oleh sebabnya, kalian juga rutin untuk mengonsumsi jenis seafood kerang untuk tetap menjaga kesehatan mata.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung salah satu organ yang berperan penting bagi tubuh manusia. Oleh sebabnya, menjaga kesehatan jantung sangat perlu untuk dilakukan. Kandungan omega-3 dalam seafood inilah yang sangat baik, sebab omega-3 tersebut dapat memecah kandungan kolesterol jahat yang ada di aliran darah. Ada baiknya kalian mengonsumsi seafood satu porsi setiap minggunya untuk mengurangi risiko serangan jantung, dan stroke.

Itulah sederet manfaat seafood yang baik bagi tubuh. Oleh sebabnya, jangan lupa untuk memasukkan seafood ke dalam menu makanan kalian. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI